Sukses

9 Penyebab Batuk Kering dan Cara Mengobatinya

Pahami penyebab batuk kering untuk bisa mengatasinya dengan tepat.

Liputan6.com, Jakarta Batuk adalah reflek tubuh membersihkan saluran napas dari iritasi dan lendir. Kondisi batuk kering ditandai dengan batuk yang tidak menghasilkan dahak atau lendir. Apa penyebab batuk kering itu?

Melansir dari Health Line, pada Minggu (13/3/2022) penyebab batuk kering adalah asma, GERD, tetes postnasal, infeksi virus, iritasi lingkungan, batuk rejan, paru-paru kolaps, kanker paru-paru, dan gagal jantung.

“Dalam beberapa kasus, tidak ada penyebab yang jelas,” dijelaskan.

Cara mengobati bisa dilakukan sesuai penyebab batuk kering. Cari pertolongan medis atau mencoba berbagai pengobatan rumahan sederhana. Batuk dapat berdampak serius bagi kehidupan penderitanya apabila tidak segera diobati.

Berikut Liputan6.com ulas sembilan penyebab batuk kering dan cara mengobatinya, Minggu (13/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Batuk Kering dan Cara Mengobatinya

1. Asma

Asma adalah penyebab batuk kering yang ditandai dengan saluran udara membengkak dan menyempit. Batuk terkait asma bisa produktif dan tidak produktif, tetapi seringkali tidak produktif.

Ada jenis asma yang disebut asma varian batuk (CVA) yang menyertakan batuk kering kronis sebagai gejala utamanya. Inilah mengapa penyebab batuk kering bisa karena asma.

Gejala asma lainnya selain batuk kering dapat meliputi:

- mengi

- sesak napas

- sesak atau nyeri di dada

- sulit tidur karena mengi atau batuk

- serangan batuk atau mengi

- suara siulan saat menghembuskan napas

Penyebab batuk kering karena asma bisa diobati dengan perawatan asma jangka panjang dengan konsumsi kortikosteroid inhalasi, seperti:

- flutikason (Flovent)

- triamsinolon (Azmacort)

- budesonida (Pulmicort)

Obat short-acting yang digunakan untuk pengobatan serangan asma sesekali termasuk inhaler bronkodilator seperti albuterol (Proventil, Ventoline). Ini dapat menjadi bagian dari rencana perawatan jangka panjang.

2. Penyakit Refluks Gastroesofagus

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah jenis refluks asam kronis. GERD merupakan penyebab batuk kering. Kondisi ini terjadi ketika asam lambung secara teratur mengalir kembali ke kerongkongan, yang menghubungkan mulut ke perut.

Asam lambung dapat mengiritasi kerongkongan dan memicu refleks batuk atau penyebab batuk kering.

Gejala GERD lainnya:

- maag

- sakit dada

- regurgitasi makanan atau cairan asam

- perasaan ada benjolan di belakang tenggorokan

- batuk kronis

- sakit tenggorokan kronis

- suara serak ringan

- kesulitan menelan

Penyebab batuk kering seperti GERD bisa diatasi dengan kombinasi perubahan gaya hidup dan konsumsi obat pengurang asam over-the-counter (OTC) seperti omeprazole (Prilosec) dan lansoprazole (Prevacid). Pengobatan ala rumahan juga bisa dicoba.

3. Tetes Postnasal

Postnasal drip mengacu pada lendir ekstra yang menetes ke tenggorokan, ini penyebab batuk kering. Saat seseorang menderita pilek atau alergi musiman, selaput di hidung akan merespons dengan memproduksi lebih banyak lendir dari biasanya.

Tidak seperti lendir (sehat) normal, lendir ini berair, sehingga mudah menetes ke bagian belakang tenggorokan. Postnasal drip penyebab batuk kering dapat menggelitik saraf di bagian belakang tenggorokan, hingga memicu batuk.

Gejala lain dari postnasal drip meliputi:

- sakit tenggorokan

- perasaan ada benjolan di belakang tenggorokan

- kesulitan menelan

- pilek

- batuk di malam hari

Penyebab batuk kering seperti postnal drip dapat diatasi dengan perawatan sesuai penyebabnya. Perawatan untuk postnasal drip akan tergantung pada penyebabnya, seperti alergi, infeksi bakteri, atau virus.

Terlepas dari penyebab yang mendasarinya, uap dari pancuran air panas atau teko teh dapat membantu membersihkan sinus. Semprotan hidung saline atau neti pot juga dapat membantu mengeluarkan lendir ekstra, bisa dicoba.

4. Infeksi Virus

Ketika terinfeksi salah satu dari banyak virus yang menyebabkan flu biasa, gejala jangka pendek biasanya berlangsung kurang dari seminggu. Namun, tidak jarang batuk bertahan lama setelah gejala yang lain membaik.

Infeksi virus adalah penyebab batuk kering. Batuk pasca pilek ini biasanya kering dan bisa bertahan hingga dua bulan. Mereka biasanya akibat iritasi pada saluran napas, yang seringkali terlalu sensitif setelah penyakit virus.

Batuk jenis ini sulit diobati dan seringkali membutuhkan waktu dan kesabaran. Batuk hanya meningkatkan iritasi pada saluran napas, jadi cobalah menggunakan pelega tenggorokan dan cairan hangat untuk menenangkan tenggorokan. Ini dapat membantu mengurangi batuk, memberi jalan napas kesempatan untuk sembuh.

5. Iritasi Lingkungan

Ada banyak hal di udara yang dapat mengiritasi saluran udara, termasuk asap, polusi, debu, jamur, dan serbuk sari. Partikel kimia, seperti sulfur dioksida atau oksida nitrat, juga dapat menyebabkan masalah.

Termasuk udara bersih yang terlalu kering atau terlalu dingin dapat menjadi penyebab batuk kering bagi sebagian orang. Jika tinggal di iklim yang kering, coba gunakan pelembab udara untuk menambah kelembapan udara di rumah.

3 dari 3 halaman

Penyebab Batuk Kering dan Cara Mengobatinya

6. Batuk Rejan

Batuk rejan disebut pertusis, adalah kondisi yang sangat menular yang menyebabkan batuk kering yang parah. Penyebab batuk kering rejan biasanya diikuti oleh suara "teriakan" bernada tinggi saat penderitanya menarik napas.

Ini dapat dengan mudah disalahartikan sebagai flu biasa pada tahap awal, tetapi pada akhirnya menyebabkan batuk yang tidak terkendali.

Batuk rejan dulunya penyakit anak-anak yang umum, tetapi sekarang sebagian besar anak-anak divaksinasi untuk melawannya. Saat ini, lebih sering terjadi pada anak-anak yang terlalu muda untuk menyelesaikan vaksinasi mereka atau pada remaja dan orang dewasa yang kekebalannya menurun seiring waktu.

7. Paru-Paru kolaps

Paru-paru yang kolaps adalah penyebab batuk kering. Kondisi ini dikenal sebagai pneumotoraks, terjadi ketika paru-paru tiba-tiba mengempis. Ini bisa terjadi dengan sendirinya atau sebagai respons terhadap cedera dada.

Penyebab batuk kering seperti paru-paru kolaps lebih sering terjadi pada orang dengan penyakit paru-paru yang mendasarinya. Selain batuk kering, paru-paru yang kolaps juga bisa menyebabkan nyeri dada mendadak dan sesak napas.

8. Kanker Paru-Paru

Meskipun tidak mungkin, terkadang penyebab batuk kering atau batuk kering yang berkelanjutan bisa menjadi tanda kanker paru-paru. Batuk yang berhubungan dengan kanker paru-paru biasanya tidak hilang, dan mungkin berubah seiring waktu.

Misalnya, batuk mungkin menjadi lebih menyakitkan atau memiliki suara yang berbeda. Gejala lain yang mungkin dari kanker paru-paru meliputi:

- batuk darah, bahkan dalam jumlah kecil

- sesak napas

- sakit dada

- mengi

- suara serak

- penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Jika batuk kering disertai dengan gejala-gejala ini, hubungi dokter. Terutama jika penderita merokok atau memiliki riwayat keluarga kanker paru-paru.

9. Gagal Jantung

Gagal jantung adalah penyebab batuk kering yan kondisinya terjadi ketika otot jantung tidak memompa darah sebaik yang seharusnya.

Ini lebih sering terjadi pada orang dengan kondisi seperti penyakit arteri koroner dan tekanan darah tinggi, yang dapat menurunkan kemampuan jantung untuk memompa darah secara efektif.

Batuk kering yang persisten adalah salah satu gejala gagal jantung. Namun, itu dapat menyebabkan batuk yang menghasilkan lendir berwarna putih atau merah muda berbusa.

Gejala lain dari gagal jantung meliputi:

- sesak napas yang mungkin tiba-tiba atau parah

- kelelahan dan kelemahan

- detak jantung yang cepat atau tidak teratur

- pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, dan kaki Anda

- kurang nafsu makan atau mual

- pembengkakan perut

- retensi cairan

- kesulitan berkonsentrasi

Batuk kering bisa jadi sulit diobati. Begitu saluran udara menjadi terlalu sensitif, mereka mudah teriritasi oleh batuk, menciptakan lingkaran setan. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakannya, terlepas dari apa yang menyebabkan batuk.

Cara mengatasi batuk kering:

- mengisap pelega tenggorokan untuk melembabkan dan menenangkan jaringan tenggorokan yang teriritasi

- mengonsumsi OTC, seperti dekstrometorfan (Robitussin), untuk menekan refleks batuk

- menambahkan madu ke minuman panas untuk menenangkan jaringan tenggorokan yang teriritasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.