Sukses

12 Wisata Lamongan Paling Hits, dari Keindahan Alam, Rekreasi, dan Destinasi Religi

Liputan6.com, Jakarta Wisata Lamongan mungkin tidak seterkenal kulinernya yang sudah ada di mana-mana. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan warung Lamongan ataupun soto Lamongan. Kedua kuliner ini bisa kamu temukan di mana saja di pulau Jawa, bahkan di seluruh Indonesia.

Namun, wisata Lamongan ternyata tidak kalah menarik dengan kulinernya. Lamongan menawarkan destinasi wisata seperti wisata alam, religi, dan sejarah yang sangat sayang untuk dilewatkan. Destinasi wisata alam Lamongan cukup beragam mulai dari pantai, gua, hingga waduk.

Wisata Lamongan terdiri dari berbagai keindahan alam, tempat rekreasi, dan bangunan-bangunan bersejarah. Wisata bersama keluarga pun bisa dilakukan dengan berbagai tujuan dan fasilitas yang sudah menunjang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/3/2022) tentang wisata Lamongan.

2 dari 5 halaman

Wisata Lamongan

Wisata Bahari Lamongan

Dari semua wisata lamongan yang pernah kamu dengar, mungkin Wisata Bahari Lamongan ini merupakan yang paling terkenal di Kota Lamongan. Hal ini tidak lepas dari beragam wahana dan fasilitasnya, sehingga menjadikan tempat ini menjadi favorit wisatawan. Wisata Lamongan ini lokasinya dikelilingi oleh pantai dengan panorama yang begitu indah.

Tempat ini sangat cocok menjadi destinasi untuk piknik bersama keluarga. Ketika musim liburan wisata lamongan satu ini selalu ramai pengunjung. Wahana permainan air, rumah kaca, istana bawah laut, serta tembak ikan akan membuat wisata bersama keluarga makin menyenangkan.

Goa Maharani Zoo

Tidak jauh dari wisata bahari lamongan bahkan snagat berdekatan, terdapat satu lagi wisata lamongan yang tak kalah terkenal, yaitu Goa Maharani Zoo. Dari Wisata Bahari Lamongan, kamu bisa langsung singgah ke Goa Maharani Zoo melalui jembatan penghubung. Di dalam gua ini kamu bisa menemukan berbagai macam binatang.

Hal ini disebabkan karena memang gua ini dijadikan sebagai kebun binatang mini. Binatang binatang seperti, ular, singa, macan, monyet, ayam hutan, hingga buaya bisa kamu temui disini. Menambah keindahan alami dari bebatuan goa.

Monumen Van Der Wijck

Monumen ini tentunya terinspirasi dari kisah tenggelamnya kapal Van Der Wijck yang ditulis oleh Buya Hamka. Kisah ini ternyata terjadi di wilayah perairan Brondong di pesisir pulau jawa. Monumen Van Der Wijck ini menjadi salah satu wisata lamongan yang cukup unik untuk dikunjungi.

Oleh karena itu, dibuatlah monumen yang terinspirasi dari cerita tenggelamnya kapal Van De Wijck ini. Apalagi dengan diangkatnya tulisan Buya Hamka ini menjadi sebuah film, membuat cerita ini semakin terkenal. Tentunya karena hal itu pula lah banyak orang yang penasaran seperti apa bentuknya tempat ini dan ingin mengunjunginya.

3 dari 5 halaman

Wisata Lamongan Pantai

Pantai Kutang

Pantai Kutang merupakan wisata Lamongan yang menawarkan keindahan alam yang memesona. Kamu bisa menikmati sunset yang mengagumkan di pantai ini. Pantai yang berada di Desa Labuhan Kecamatan Brondong ini harus kamu tempuh dengan menempuh jalan setapak yang cukup terjal selama 30 – 45 menit dari desa Labuhan. Tapi perjalanan tersebut akan terbayar tuntas dengan pesona keindahan alamnya yang menawan.

Pantai Lorena

Pantai Lorena berada di Jalan Raya Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Nama Lorena diambil dari singkatan bahasa Jawa, yaitu “LORE Nanjan” yang mempunyai arti sebelah utara dari desa Penanjan. Pantai Lorena memiliki bentuk pantai seperti laguna. Saat air sedang surut, kamu bisa menyaksikan indahnya hamparan terumbu karang yang sudah berusia ratusan tahun.

Pantai Maldives Kemantren

Pantai Maldives Kemantren berada di pesisir utara Pulau Jawa, yaitu di Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Ciri khas dari wisata Lamongan ini yaitu adanya gubuk yang beratapkan dedaunan kering. Gubuk-gubuk ini dibangun di sepanjang pesisir pantai hingga di atas air. Di pantai ini juga terdapat jembatan yang dibuat untuk menghubungkan antara satu gubug dengan gubug-gubug lainnya. Di pantai ini pengunjung bisa merasakan liburan seperti di Maldives.

4 dari 5 halaman

Wisata Lamongan

Waduk Gondang

Waduk Gondang merupakan salah satu wisata lamongan yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Lamongan. Panorama keindahan alam waduk ini merupakan pesona utama dari waduk Gondang. Wisata Lamongan ini hanya berjarak sekitar 19 kilometer dari pusat Kota Lamongan.

Keindahan waduk dan adanya beberapa tempat wisata lainnya di sekitar waduk, menjadi nilai tersendiri yang menarik pengunjung. Wisata lamongan satu ini berdekatan dengan situs bersejarah makam Dewi Sekardadu yang juga tak kalah ramai pengunjung.

Pemandian Air Panas Brumbung

Pemandian Air Panas Brumbung berlokasi di Sidodadi, Kranji, Paciran, Lamongan. Konon, pemandian ini sudah ada sejak zaman para wali. Masyarakat percaya bahwa pemandian ini dulunya digunakan oleh Sunan Drajat untuk berdiam diri. Masyarakat juga percaya air dari pemandian ini bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Lokasinya juga masih tergolong asri. Dari Pemandian Air Panas Brumbung kamu bisa bersantai dan menikmati hangat dan asrinya alam sekitar.

Bukit Kapur Tlogo Sadang

Bukit Kapur Tlogo Sadang dulunya merupakan tempat penggalian batu kapur. Seiring berjalannya waktu, bukit ini menjadi tempat yang indah dengan telaga di tengah-tengahnya. Bukit Kapur Tlogo Sadang menjadi salah satu destinasi wisata Lamongan yang cukup populer belakangan ini. Batuan kapur yang menjulang membuat lokasi ini sangat eksotis dan memanjakan mata.

5 dari 5 halaman

Wisata Lamongan Religi

Makam Sunan Drajat

Wisata lamongan religi yang pertama adalah makam Sunan Drajat. Salah satu wisata religi ini cukup terkenal dikunjungi banyak wisatawan karena reputasi Sunan Drajat sebagai salah satu Wali Songo yang menyebarkan agama islam di Nusantara. Makan Sunan Drajat selalu ramai dikunjungi oleh peziarah.

Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Lamongan, yaitu hanya memerlukan waktu tempuh 30 menit juga membuat banyak yang berkunjung ke sini. Ada pula museum sunan drajat di sekitar makam, jadi kamu bisa sekalian mampir ke museum setelah berziarah. Membuat wisata lamongan satu ini memiliki banyak opsi yang menarik.

Makam Sunan Sendang Duwur

Komplek pemakanan Sunan Sendang Duwur atau Sunan Annurrahmat ini berada di dataran paling tinggi di pesisir Lamongan. Lokasinya di perbukitan kapur, menjanjikan panorama eksotik gunung kapur, di sepanjang jalan menuju Desa Sendang Duwur. Wisata Lamongan ini memiliki pemandangan sangat indah. Dari tempat ini, kamu bisa berziarah sekaligus menikmati keindahan laut dari ketinggian.

Masjid Namira

Masjid Namira merupakan salah satu masjid termegah di Lamongan. Masjid ini mampu menampung sekitar 2500 jamaah dan berada di lahan seluas 2.750 Meter Persegi. Masjid Namira berada di Jl. Raya Mantup km. 5, Ds. Jotosanur, Kec. Tikung, Kab. Lamongan.

Masjid ini mengusung gaya arsitektur yang mewah dari bangunan masjid di Timur Tengah. Masjid Namira memiliki daya tarik tersendiri daripada masjid-masjid yang ada di Indonesia karena keberadaan interior masjid yang terkesan mewah dan terang. Masjid ini makin memiliki daya tarik karena adanya kiswah Ka'bah yang berada di mihrab imam.