Sukses

Pengertian Interaksi Sosial adalah Hubungan Timbal-balik Individu atau Kelompok, Simak Penjelasannya

Interaksi sosial adalah harus saling memberikan respon satu sama lain.

Liputan6.com, Jakarta Apa arti dari interaksi sosial? Memahami pengertian interaksi sosial adalah hubungan timbal-balik antara individu atau kelompok. Interaksi sosial adalah harus melibatkan dimensi waktu masa lalu, masa kini, dan masa depan.

“Pengertian interaksi sosial adalah hubungan dinamis yang mempertemukan orang dengan orang, kelompok dengan kelompok, maupun orang dengan kelompok manusia,” dijelaskan seorang peneliti dan penulis buku-buku tentang penelitian dan pendidikan, DR. Basrowi, M.Pd.

Bentuk interaksi sosial dijelaskan, tidak hanya bersifat kerjasama, tetapi juga berbentuk tindakan, persaingan, pertikaian dan sejenisnya. Dalam modul berjudul Interaksi Sosial oleh Dr. H. Asep Mulyana, M.Pd., ada bentuk interaksi sosial asosiatif dan interaksi sosial disosiatif.

Apa perbedaan keduanya? Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang interaksi sosial, pengertian interaksi sosial menurut para ahli, bentuk-bentuk interaksi sosial, dan faktor pendorong interaksi sosial, Selasa (14/3/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Interaksi Sosial

Memahami pengertian interaksi sosial adalah hubungan timbal-balik antara individu atau kelompok. Pengertian interaksi sosial adalah individu satu dengan lainnya harus saling merespon, apabila hanya satu pihak maka ini bukan interaksi sosial.

Dalam elektronik modul berjudul Sosiologi Kelas X: Interaksi Sosial yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sesuai dengan pengertian interaksi sosial, harus memenuhi hal-hal seperti:

- Interaksi sosial adalah harus melibatkan lebih dari satu orang.

- Interaksi sosial adalah harus terjadi komunikasi antara pelaku melalui kontak sosial.

- Interaksi sosial adalah harus memiliki tujuan yang jelas.

- Interaksi sosial adalah harus ada dimensi waktu, yakni masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Bagaimana para ahli memahami pengertian interaksi sosial tersebut?

1. Pengertian Interaksi Sosial Menurut Walgito

Pengertian interaksi sosial adalah hubungan antara individu satu dengan individu lain. Dalam interaksi sosial, individu satu dapat mempengaruhi individu lain atau sebaliknya. Ini pada akhirnya menghasilkan hubungan timbal balik.

2. Pengertian Interaksi Sosial Menurut Sarwono dan Meinarno

Pengertian interaksi sosial adalah hubungan timbal balik saling memengaruhi antar individu dengan individu lain, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok lain.

3. Pengertian Interaksi Sosial Menurut Gillin dan Gillin

Pengertian interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang-perorangan, antara kelompokkelompok manusia maupun antara orang perorangtan dengan kelompok manusia.

4. Pengertian Interaksi Sosial Menurut Herbert Blumer

Pengertian interaksi sosial adalah adalah proses yang ada pada saat manusia bertindak terhadap sesuatu atas dasar makna yang dimiliki sesuatu tersebut bagi manusia.

5. Pengertian Interaksi Sosial Menurut Basrowi

Pengertian interaksi sosial adalah hubungan dinamis yang mempertemukan orang dengan orang, kelompok dengan kelompok, maupun orang dengan kelompok manusia. Bentuknya tidak hanya bersifat kerjasama, tetapi juga berbentuk tindakan, persaingan, pertikaian dan sejenisnya.

6. Pengertian Interaksi Sosial Menurut Partowisastro

Pengertian interaksi sosial adalah relasi sosial yang berfungsi menjalin berbagai jenis relasi sosial yang dinamis, baik relasi itu berbentuk antar individu, kelompok dengan kelompok, atau individu dengan kelompok.

7. Pengertian Interaksi Sosial Menurut Soekanto

Pengertian interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis, yang meliputi hubungan antara orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara perorangan dengan kelompok manusia.

8. Pengertian Interaksi Sosial Menurut Gerungan

Pengertian interaksi sosial adalah proses individu satu dapat menyesuaikan diri secara autoplastis kepada individu yang lain, dimana dirinya dipengaruhi oleh diri yang lain. Individu yang satu dapat juga menyesuaikan diri secara aloplastis dengan individu lain, dimana individu yang lain itulah yang dipengaruhi oleh dirinya yang pertama.

3 dari 4 halaman

Bentuk Interaksi Sosial

Ada dua bentuk interaksi sosial yang perlu dipahami. Dalam modul berjudul Interaksi Sosial oleh Dr. H. Asep Mulyana, M.Pd., ada bentuk interaksi sosial asosiatif dan interaksi sosial disosiatif. Ini penjelasannya:

Interaksi Sosial Asosiatif:

1. Kerja Sama

Kerja sama adalah usaha bersama antarindividu atau antarkelompok untuk mencapai tujuan bersama. Dalam pelaksanaannya, kerja sama dapat bersifat membangun (konstruktif) dan merusak (destruktif).

Contoh kerja sama yang membangun adalah kerja sama antarkaryawan sebuah perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Sementara itu, contoh kerja sama yang merusak adalah tawuran antarpelajar.

Bentuk-bentuk lain dari kerja sama, yaitu

- Bargaining, yaitu perjanjian mengenai pertukaran barang dan jasa antara dua organisasi atau lebih

- Cooperation, yakni penerimaan unsur-unsur baru kepemimpinan dalam sebuah organisasi untuk menghindari terjadinya kecurangan dalam stabilitas organisasi yang bersangkutan.

- Coalition (koalisi), merupakan gabungan dua organisasi atau lebih yang memiliki tujuan yang sama.

- Joint venture, merupakan kerja sama dalam usaha proyek-proyek tertentu.

2. Akomodasi

Akomodasi adalah suatu proses penyesuaian diri untuk mengatasi ketegangan dari individu atau kelompok yang saling bertentangan.

Bentuk-bentuk akomodasi adalah:

- Coersion, yaitu memaksakan kehendak pihak yang lebih kuat kepada pihak yang lebih lemah.

- Kompromi, yaitu pihak-pihak yang terlibat perselisihan saling mengurangi tuntutan untuk mencapai penyelesaian konflik.

- Arbitrasi, merupakan tindakan mengundang pihak ketiga yang netral untuk mengambil keputusan guna menyelesaikan konflik.

- Mediasi, yaitu tindakan mengundang pihak ketiga yang netral untuk menyelesaikan konflik, tetapi pihak ketiga tidak berwenang memberikan keputusan-keputusan penyelesaian.

- Konsiliasi, merupakan tindakan mempertemukan keinginan dari pihak-pihak yang berselisih demi tercapainya tujuan bersama.

- Toleransi, yaitu keinginan untuk mengindari perselisihan.

- Stalemate, terjadi ketika dua kelompok yang berselisih memiliki kekuatan yang seimbang.

- Ajudikasi, yaitu penyelesaian masalah melalui jalur hukum/pengadilan.

3. Asimilasi

Asimilasi adalah peleburan dua kebudayaan menjadi satu kebudayaan.

4. Akulturasi

Akulturasi adalah penerimaan dan pengolahan unsur-unsur kebudayaan asing tanpa menghilangkan unsur-unsur budaya asli.

Interaksi Sosial Disosiatif:

1. Persaingan (Competition)

Persaingan adaalah proses sosial yang melibatkan individu atau kelompok dalam mencapai keuntungan tanpa adanya ancaman atau kekerasan.

2. Kontravensi

Kontravensi adalah proses sosial yang ditandai oleh adanya sikap dan perasaan tidak suka yang disembunyikan. Bentuk proses sosial ini berada di antara persaingan dan konflik.

3. Pertikaian

Pertikaian adalah proses sosial ketika individu atau kelompok berusaha menentang pihak lain dengan cara mengancam atau menggunakan kekerasan untuk mencapai tujuannya.

4. Konflik

Konflik adalah proses sosial ketika individu atau kelompok berusaha saling menyingkirkan satu sama lain dengan jalan menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya.

4 dari 4 halaman

Faktor Pendorong Interaksi Sosial

Apa saja faktor pendorong terjadinya interaksi sosial? Dalam buku berjudul Sosiologi 1 Untuk SMA/MA Kelas X oleh Suhardi dan Sri Sunarti menjelaskan ada lima faktor pendorong interaksi sosial termasuk identifikasi. Ini penjelasannya:

1. Imitasi

Imitasi adalah faktor pendorong interaksi sosial. Imitasi adalah suatu proses belajar dengan cara meniru atau mengikuti perilaku orang lain.

Contoh imitasi:

- Seorang anak yang bercita-cita menjadi seorang dokter berpenampilan menggunakan pakaian dokter seolah dirinya berperan sebagai dokter.

- Seorang pria mengikuti gaya model rambut sekarang.

2. Identifikasi

Identifikasi adalah faktor pendorong interaksi sosial. Identifikasi adalah suatu dorongan untuk menjadi identik (sama) dengan orang lain. Proses identifikasi memerlukan suatu figur yang ideal bagi pelakunya.

Contoh identifikasi:

- Seorang pria asal Indonesia yang bernama Adam Jackson secara keseluruhan menyerupai sosok sang idola Michael Jackson dari mulai penampilan fisik sampai dengan perilakunya.

3. Sugesti

Sugesti adalah adalah faktor pendorong interaksi sosial. Sugesti adalah suatu pendapat, pandangan, dan sikap yang diberikan pada orang lain dan diterima oleh pihak lain sehingga orang tersebut mengikuti pandangan/pengaruh tersebut.

Contoh sugesti:

- Terpengaruh oleh tayangan di televisi atau media sosial sehingga membuat penontonnya melakukan suatu tindakan berdasarkan tayangan yang ditampilkan.

- Anjuran dokter kepada pasiennya yang kemudian diikuti oleh pasien tersebut.

4. Simpati

Simpati adalah faktor pendorong interaksi sosial. Simpati adalah rasa tertarik pada orang lain yang seolah-olah berada dalam keadaan orang lain yang dapat memunculkan perasaan emosional tertentu (sedih, senang).

Contoh simpati:

- Roni merasa kasihan ketika mengetahui temannya sakit.

5. Empati

Empati adalah faktor pendorong interaksi sosial. Empati adalah kepeduliaan terhadap orang lain atau kelompok lain yang ditandai dengan tindakan nyata.

Contoh empati:

- Aldi menolong temannya yang terjatuh dari sepeda motor hingga membawanya ke rumah sakit terdekat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.