Sukses

Kepribadian Introvert adalah Suka Menghabiskan Waktu Sendirian, Kenali Cirinya

Liputan6.com, Jakarta Apa itu kepribadian introvert? Introvert adalah kepribadian yang lebih suka menghabiskan waktu sendirian. Kepribadian introvert adalah kebalikan dari kepribadian ekstrovert yang lebih suka dengan keramaian.

Seseorang dengan kepribadian introvert memang tidak lebih menonjol daripada si ekstrovert. Introvert adalah kepribadian tertutup.

Menghimpun data dari WebMD, pada Senin (14/3/2022) sekitar sepertiga hingga setengah dari semua orang di Amerika Serikat adalah berkepribadian introvert. Data menunjukkan setiap orang introvert terlihat berbeda, akan tetapi mereka memiliki pola perilaku yang sama.

Seorang dengan kepribadian introvert adalah bisa dari ciri-cirinya. Lebih efektif lagi, cara pasti untuk mengetahui kepribdian introvert adalah bisa dilakukan dengan mengikuti tes seperti Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) atau proyek SAPA.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang kepribadian introvert, jenis kepribadian introvert, ciri-ciri kepribadian introvert, dan hari introvert sedunia, Senin (14/3/2022).

2 dari 4 halaman

Kepribadian Introvert

Mengenal introvert adalah kepribadian yang lebih suka menghabiskan waktu sendirian atau tidak dengan banyak orang. Kepribadian introvert adalah pertama kali diperkenalkan oleh seorang psikolog Carl Gustav Jung.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan kepribadian introvert adalah sikap atau karakter seseorang yang memiliki orientasi subyektif secara mental dalam menjalani kehidupannya.

Kepribadian introvert adalah cenderung menyukai kondisi yang tenang, senang menyendiri, reflektif terhadap apa yang mereka lakukan. Mereka memiliki kecenderungan untuk menjauhi interaksi dengan hal-hal baru.

“Introvert adalah memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melakukan analisa hal-hal rumit. Mereka lebih mudah untuk berkonsentrasi saat memecahkan masalah,” dijelaskan.

Meski kepribadian introvert adalah memiliki sifat senang dengan kesendirian, Health Line menjelaskan orang introvert juga senang bersosialisasi, meskipun dalam kadar yang kecil. Orang introvert adalah tidak terlalu suka obrolan yang ringan, tetapi lebih suka obrolan yang berkualitas dan bermakna.

 

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri dan Jenis Kepribadian Introvert

Apabila sudah memahami kepribadian introvert adalah suka dengan kesendirian, apa yang menjadi ciri khas kepribadian introvert itu?

Menghimpun data dari WebMD, sekitar sepertiga hingga setengah dari semua orang di Amerika Serikat adalah berkepribadian introvert.

Data menunjukkan setiap orang introvert adalah terlihat berbeda, akan tetapi mereka memiliki pola perilaku yang sama, ini ciri-ciri kepribadian introvert:

1. Ciri-ciri kepribadian introvert adalah memerlukan ketenangan untuk berkonsentrasi.

2. Ciri-ciri kepribadian introvert adalah selalu meluangkan waktu untuk membuat keputusan.

3. Ciri-ciri kepribadian introvert adalah merasa nyaman sendirian.

4. Ciri-ciri kepribadian introvert adalah lebih suka menulis daripada berbicara.

5. Ciri-ciri kepribadian introvert adalah merasa lelah setelah berada di keramaian.

6. Ciri-ciri kepribadian introvert adalah punya sedikit teman, tetapi sangat dekat, akrab, dan intim.

7. Ciri-ciri kepribadian introvert adalah menggunakan imajinasi untuk menyelesaikan masalah.

Selain mengamati dari ciri-ciri kepribadian introvert, cara untuk mengetahuinya secara pasti bisa dilakukan dengan mengikuti tes seperti Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) atau proyek SAPA.

Mengenali seseorang dengan kepribadian introvert adalah bisa diamati pula dari jenisnya. Dijelaskan, ada empat jenis kepribadian introvert yang perlu diketahui. Apa saja?

1. Introvert Sosial

Jenis introvert sosial adalah mereka yang lebih suka ketika berada di kelompok kecil dan suasana tenang daripada keramaian.

2. Berpikir Introvert

Jenis introvert berpikir adalah mereka lebih senang melamun dan berkhayal. Mereka menghabiskan lebih banyak waktu dalam pikirannya dan cenderung memiliki imajinasi kreatif.

3. Introvert yang Cemas

Jenis introvert yang cemas adalah mereka mencari waktu sendiri bukan hanya karena menyukainya, tetapi karena sering merasa canggung atau malu di sekitar orang.

4. Introvert yang Tertahan

Jenis introvert yang tertahan adalah lebih cenderung berpikir sebelum bertindak. Mereka tidak bisa membuat keputusan dengan spontan. Biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mengambil tindakan.

4 dari 4 halaman

Hari Introvert Sedunia

Introvert adalah jenis kepribadian yang memiliki ciri-ciri lelah berinteraksi dan suka menyendiri. Mereka suka menghindari konflik, sosok pendengar yang baik, dan pandai mengambil keputusan. Meski tertutup, seorang introvert pandai berkomunikasi.

Memang sudah seharusnya seseorang dengan kepribadian introvert adalah diberi ruang dan tidak dianggap parasit. Kini setiap 2 Januari ditetapkan sebagai Hari Introvert Sedunia. Meskipun bukan hari libur resmi, Hari Introvert Dunia telah dirayakan oleh para introvert di seluruh dunia sejak 2011.

Ini berarti kepribadian introvert adalah tidak lagi menjadi pribadi yang bisa dihakimi begitu saja. Justru seorang introvert mulai diberikan tempat sendiri, bukan lagi dianggap sebagai parasit seperti sejarahnya.

Bukan kebetulan bahwa Hari Introvert Dunia jatuh segera setelah Hari Tahun Baru: Idenya adalah bahwa para introvert membutuhkan waktu setelah menjalani musim liburan.

Tidak ada lagi obrolan basa-basi dengan rekan yang tak terlalu akrab atau berkumpul bersama keluarga yang bahkan tak tahu namanya. Ini juga merupakan hari untuk membawa kesadaran pada para introvert dan mengingat mengapa menjadi sosok tersebut adalah sesuatu yang luar biasa, bukan sesuatu yang memalukan.