Sukses

12 Wisata di Hongkong yang Menawan, dari Bangunan Sejarah Sampai Taman Bermain

Tak hanya dikenal sebagai surganya belanja, Hongkong juga memiliki wisata alam, budaya, arsitektur, dan sejarah dengan daya tarik tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta Hongkong termasuk dalam daftar negara dengan tempat wisata wajib dikunjungi di Asia, selain Jepang dan Korea Selatan. Tak hanya dikenal sebagai surganya belanja, Hongkong juga memiliki wisata alam, budaya, arsitektur, dan sejarah dengan daya tarik tersendiri. 

Dengan banyaknya tempat wisata di Hongkong, tak heran banyak turis yang ingin berwisata di negeri Mutiara dari Timur tersebut. Terlebih lagi, sarana transportasi, kuliner, dan keamanan di Hongkong pun terbilang baik, sehingga membuat para turis merasa nyaman dan betah.

Meskipun Hongkong memiliki luas wilayah yang lebih kecil dari Pulau Bali, namun negara Hongkong memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan pesona yang dapat membuat turis terkesan ketika berlibur di sini.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata di Hongkong yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (14/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Hongkong

1. Hong Kong The Peak (Victoria Peak)

Tempat wisata di Hongkong yang pertama adalah Victoria Peak. The Peak disebut-sebut sebagai salah satu ikon Hongkong. Dari lokasi ini Anda dapat melihat pemandangan Hongkong secara keseluruhan. Supaya dapat menikmati panorama itu, Anda harus menggunakan kereta trem untuk sampai ke puncaknya. Kereta trem yang telah beroperasi sejak 1888 itu dapat membawa Anda mengunjungi 5 tempat, yakni Sky Terrace, Peak Galleria, Peak Circle Walk, Victoria Peak Garden, dan Lugard Road. Persiapkan kamera Anda karena lokasi ini sangat instagramable.

2. Tian Tan Buddha (The Big Buddha)

Tempat wisata di Hongkong yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah The Big Buddha yang berada di area perbukitan Ngong Ping, Lantau, yang dikelilingi hutan hijau dan pemandangan laut. The Big Buddha terbuat dari perunggu dengan tinggi mencapai 34 meter. Cara terbaik dan tercepat mencapai lokasi ini adalah dengan menggunakan kereta gantung Ngong Ping. Keluar dari pemberhentian kereta gantung Anda akan diajak mendaki ratusan anak tangga untuk dapat melihat patung Buddha besar. Rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan panorama patung Buddha dan sekitarnya. Anda juga bisa menjelajahi tempat wisata lain yang masih satu lokasi dengan The Big Buddha. Anda bisa pergi ke Biara Po Lin, salah satu tempat suci dan bersejarah di Hongkong.

3. Avenue of Stars

Tempat wisata di Hongkong yang selanjutnya adalah Avenue of Stars. Industri film Hongkong salah satu yang mengenalkan aksi kung fu ke dunia. Sebagai bentuk apresiasi untuk para pemain film Hongkong dibuatlah Avenue of Stars, atraksi wisata serupa Hollywood Walk Of Fame di Amerika. Anda akan banyak menemukan nama-nama artis Hongkong beserta cetakan telapak tangan seperti Jackie Chan, Jet Li, dan paling fenomenal adalah patung Bruce Lee. Pada malam hari, Anda dapat menikmati keindahan permainan air mancur menari.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Hongkong

4. Sky100 (Hong Kong Observation Deck)

Selain The Peak, salah satu tempat yang bagus untuk melihat Hongkong secara keseluruhan adalah Sky100. Dari tempat wisata ini Anda bisa melihat pemandangan Hongkong secara 360 derajat. Untuk dapat menikmatinya Anda harus naik ke puncak menara di lantai 100. Atraksi wisata ini dilengkapi dengan jaringan transportasi yang cukup baik sehingga tidak sulit bagi turis yang ingin ke sini. Selain itu, juga terdapat kafe dan pusat perbelanjaan, juga pengenalan budaya Hongkong melalui pameran seni.

5. 10.000 Buddha Monastery

Tempat wisata di Hongkong yang wajib dikunjungi berikutnya adalah 10.000 Buddha Monastery atau biara sepuluh ribu Buddha. Wisata yang berlokasi di Sha Tin menawarkan suasana pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk pusat kota. Dalam perjalanan menuju puncak bukit lokasi biara berada, Anda akan disuguhi patung Buddha bercat emas pada di kanan kiri dengan ekspresi dan pose yang berbeda-beda.

6. Victoria Harbour

Tempat wisata di Hongkong yang selanjutnya adalah Victoria Harbour. Tempat wisata di Hongkong ini yaitu pelabuhan yang terletak di antara Pulau Hongkong dan Kowloon. Di kawasan Victoria Harbour terdapat Avenue of Stars yang mirip seperti Hollywood Walk of Fame sebagai bentuk apresiasi untuk para sineas di Hongkong.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Hongkong

7. Po Lin Monastery

Masih satu area dengan Ngong Ping 360, Anda bisa sekalian mengunjungi komplek kuil kuno Po Lin Monastery yang dibangun pada tahun 1906 sebagai kuil Budha tertua di Hongkong. Kawasan Po Lin Monastery memiliki The Grand Hall of Ten Thousand Buddha, yang berisi 10 ribu patung Budha lengkap dengan benda bersejarah lainnya.

8. The Peak Tram

Tempat wisata di Hongkong yang selanjutnya adalah The Peak Tram. Peak Tram merupakan transportasi bersejarah di Hongkong yang biasa digunakan turis untuk akses ke berbagai tempat seperti Victoria Peak, Madame Tussauds hingga The Peak Galleria. Harga tiket peak tram cukup bervariasi dan yang termurahnya sekitar HK$32 atau sekitar Rp 59.000 sekali jalan. Sedangkan untuk tiket pulang-pergi dibanderol seharga HK$45 atau Rp 83.000.

9. Ngong Ping 360

Tempat wisata di Hongkong yang terkenal lainnya adalah Ngong Ping 360 yaitu kereta gondola dengan akses menghubungkan Pulau Lantau ke Central Hongkong. Tarif untuk menaiki gondola seharga HK$150 atau Rp 275.000, sedangkan untuk gondola kabin kristal HK$235 atau Rp432.000 dengan durasi perjalanan sekitar 25 menit.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Hongkong

10. Causeway Bay

Para shopaholic jangan melewatkan wisata berbelanja di Causeway Bay yang lokasinya di distrik Wan Chai. Gudangnya tempat belanja ini menawarkan banyak sekali produk fashion. Mulai dari produk high-end sampai yang affordable.

11. Lan Kwai Fong

Wisata sambil berpesta di Hongkong, silakan mampir ke Lan Kwai Fong yang terletak di distrik central. Lan Kwai Fong menyediakan berbagai kafe, bar, resto, club dan tempat hiburan lain yang umumnya sebagai tempat para ekspatriat Hongkong.

12. Hongkong Disneyland

Tempat wisata di Hongkong yang selanjutnya adalah Hongkong Disneyland. Hong Kong Disneyland adalah tempat yang paling cocok. Tempat wisata di Hongkong yang terkenal ini menyediakan wahana permainan beragam. Untuk tiket masuk ke Disneyland yaitu HK$589 atau nyaris Rp 1,1 juta untuk dewasa, HK$419 atau Rp 770 ribu untuk anak-anak, dan HK$100 atau Rp 184 ribu untuk lansia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.