Sukses

12 Wisata di Turki Paling Populer, Tawarkan Pesona Alam yang Menakjubkan

Liputan6.com, Jakarta Turki merupakan negara yang berada di kawasan Eurasia. Negara tersebut disebut kawasan Eurasia, karena Turki membentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya hingga Balkan di Eropa Tenggara. 

Turki selalu memiliki tempat-tempat unik dan destinasi wisata menarik bagi wisatawan yang datang.  Jadi tak mengherankan ada banyak orang dari luar negeri yang datang ke Turki hanya untuk menghabiskan waktu liburannya. 

Tempat wisata di Turki yang banyak didatangi oleh wisatawan adalah Cappadocia. Tempat wisata ini seakan menjadi ikon wisata di Turki yang sangat menarik. Aktivitas utamanya berupa naik balon udara dengan pemandangan alam yang sangat eksotis.

Tak hanya itu, masih banyak tempat wisata di Turki yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Berikut Liputan6.com telah rangkum mengenai wisata di Turki dari berbagai sumber, Senin (14/3/2022).

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Turki yang Memesona

1. Istanbul

Tempat wisata di Turki pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Istanbul. Istanbul merupakan kota terbesar di Turki yang membentang dari kedua sisi Bosphorus, selat sempit yang menghubungkan Asia dan Eropa. Di kota ini, Anda bisa melihat bangunan dengan arsitektur yang mengesankan, berbagai situs bersejarah, tempat makan, pusat belanja, dan pemandangan kota yang eksotis. Jika ingin berkunjung ke situs bersejarah, Anda bisa menemukan Hagia Sophia dan Istana Topkapi di kota ini. Selain itu, pemandangan istana indah, rumah mewah di tepi laut dan taman kota bisa Anda temukan di area Bosphorus. Jika Anda ingin berbelanja, Grand Bazaar menjadi salah satu pusat tertua dan terbesar di dunia yang bisa menjadi destinasi Anda.

2. Cappadocia

Tempat wisata di Turki yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Cappadocia. Terletak di Anatolia Tengah Turki, Cappadocia terkenal karena lanskap dongeng yang tidak biasa menyerupai cerobong asap, kerucut, jamur dan puncak. Proses alami seperti letusan gunung berapi purba dan erosi membentuk formasi unik selama berabad-abad, dengan beberapa di antaranya menjulang setinggi 130 kaki (40 meter). Namun, ribuan tahun yang lalu, umat manusia menambahkan sentuhan luar biasa pada lanskap dengan mengukir rumah, gereja, dan kota bawah tanah dari batu lunak, sehingga daerah ini dikenal sebagai pahatan batu yang indah. Di sini, Anda bisa menemukan wisata seperti museum, istana batu, cerobong peri, terowongan bawah tanah, hingga beberapa gua.

3. Ephesus

Tempat wisata di Turki yang tak kalah menarik adalah Ephesus. Ephesus adalah situs kuno yang terletak di Aegean Turki. Pada abad ke-1 SM, Efesus adalah salah satu kota terbesar di seluruh Kekaisaran Romawi. Reruntuhan Efesus terpelihara dengan baik dan terdapat dalam situs arkeologi besar, menjadikannya salah satu tempat wisata paling populer di Turki. Kota ini sempat menjadi ibu kota Romawi Asia Kecil, yang menampung lebih dari 250.000 penduduk tetap. Selama kira-kira 1.500 tahun, Efesus terlupakan. Sisa-sisa kota klasik yang luar biasa ini tersembunyi dari dunia hingga tahun 1860-an, ketika tim arkeolog internasional mulai menggali reruntuhannya. Saat ini, kurang dari 20 persen Ephesus telah digali, tetapi masih merupakan salah satu situs arkeologi terbesar yang dapat diakses di dunia.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Turki yang Memesona

4. Bodrum

Bodrum juga termasuk salah satu tempat wisata di Turki yang bisa Anda kunjungi. Terletak di Mugla Povince di wilayah Aegean selatan Turki, Bodrum adalah situs kota berbenteng kuno, Halicarnassus, yang pernah menjadi rumah bagi bangunan marmer, kuil, undang-undang, jalan beraspal dan Mausoleum, salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Setelah runtuh, kota itu tetap menjadi desa nelayan yang tenang sampai abad ke-20 ketika para intelektual Turki membawa popularitasnya melalui tulisan-tulisan mereka. Saat ini, Bodrum menjadi salah satu destinasi tujuan masyarakat dunia dengan menyajikan reruntuhan yang eksotis, pantai yang indah, dan berbagai resor yang memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

5. Side

Tempat wisata di Turki selanjutnya adalah Side. Sebelumnya, Side merupakan pelabuhan utama di Pamfilia kuno pada abad ke-4 SM, kini Side merupakan kota reruntuhan klasik dan resor modern yang indah yang menghadap ke pantai berpasir putih. Terletak di Pantai Mediterania Turki di Provinsi Antalya di semenanjung kecil, Side menawarkan tamasya yang fantastis, kehidupan malam, dan petualangan alam yang luar biasa. Salah satu daya tarik Side tidak lain adalah situs peninggalan reruntuhan Helenistik dan Romawi kuno yang mencakup sisa-sisa amfiteater kolosal, agora, basilika Bizantium, pemandian umum, tiang marmer, dan berbagai kuil. Pemandian Romawi sekarang dipugar menjadi museum, yang menampilkan sejumlah patung dan artefak Romawi. Selain itu Kuil Apollo juga memberikan pemandangan menarik bagi pengunjung saat matahari terbenam.

6. Marmaris

Marmaris juga bisa menjadi daftar destinasi wisata di Turki yang wajib Anda kunjungi. Marmaris merupakan salah satu daerah tepi laut yang paling populer di Turki. Berlokasi strategis dengan menyajikan pemandangan pegunungan berbalut pinus, pantai berpasir putih, perairan pirus, dan arsitektur bersejarah. Terletak di sepanjang Turkish Riviera di barat daya Turki, pelabuhan kapal pesiar yang menakjubkan ini adalah surga wisata dengan peluang wisata yang luar biasa, olahraga air, santapan yang fantastis, dan kehidupan malam yang ramai. Di sini, Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang jalan berbatu melihat arsitektur tua yang menarik, mengunjungi kastil, atau juga naik perahu dan menjelajah sekitar teluk yang indah.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Turki yang Memesona

7. Antalya

Tempat wisata di Turki yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Antalya. Terletak di sepanjang Riviera Turki yang indah di garis pantai Mediterania, Antalya adalah kota besar yang ramai dengan berbagai resor, hotel, bar, dan restoran. Kota ini juga dibingkai dengan pemandangan pantai spektakuler dan pegunungan hijau yang subur dan asri. Bukan hanya itu, kota Antalya juga memiliki lanskap reruntuhan kuno yang tak kalah eksotis. Di sini, Anda bisa berenang, berlayar, mendaki gunung, atau hanya berjalan-jalan dan menikmati waktu bersama keluarga.

8. Mardin

Tempat wisata di Turki yang bisa menjadi rekomendasi Anda adalah Mardin. Bertengger di puncak bukit strategis yang menghadap ke dataran Mesopotamia di tenggara Turki, Mardin adalah ibu kota Provinsi Mardin. Mardin terkenal karena keragaman budayanya dan Kota Tua dengan bangunan batu pasir Jalan berkelok-kelok seperti labirin akan membawa pengunjung menyusui permukiman rumah bertingkat yang menjadi salah satu situs populer di sunia, seperti Biara Deyrü'z-Zafaran, salah satu biara tertua di dunia, dan Sultan Isa Medresesi, monumen abad pertengahan yang pernah berfungsi sebagai observatorium astronomi.

Masjid Agung, dengan menara yang menjulang tinggi, juga sayang untuk dilewatkan ketika Anda berkunjung ke kota ini. Meski tertutup untuk umum, benteng ini menyajikan spot foto yang fantastis. Di seluruh Kota Tua terdapat segudang toko yang menjual barang-barang seperti tembikar, perak, kulit, dan hiasan kepala tradisional yang bisa menjadi buah tangan.

9. Pamukkale

Pamukkale adalah sebuah kolam pemandian air panas di daerah Denizli barat daya Turki yang memiliki panorama luar biasa dengan kolam-kolam air berwarna biru. Warna air biru dan putihnya bebatuan mendominasi wisata alam tersebut, membuat siapa pun yang berendam menjadi betah berlama-lama. Aliran air panasnya mengandung mineral karbonat yang bagus bagi tubuh, sehingga selalu ramai dan sudah menjadi tujuan wisata sejak zaman kerajaan. 

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Turki yang Memesona

10. Ataturk Mausoleum

Banyak peninggalan sejarah yang terkenal di Turki, seperti Ataturk Mausoleum. Terdapat bangunan megah dengan warna coklat yang merupakan makam Mustafa Kemal Ataturk. Mustafa Kemal Ataturk merupakan tokoh penting bagi masyarakat Turki yang berjasa dalam membebaskan bangsanya dari penjajahan.  Demi memberikan penghormatan terakhir, dibangunlah makam yang mewah. Pembangunanya juga membutuhkan waktu yang lama yakni hingga sembilan tahun.  

11. Masjid Biru

Masjid Biru atau Blue Mousque adalah bagunan ikonik dari Negera Turki dengan arsitektur megah dengan menara-menara tinggi dan kubah raksasa. Tempat ibadah umat Islam itu didesain oleh Sedefkar Mehmed Aga dan dibangun dari tahun 1609 sampai 1616. Pembuatan bangunan dengan gaya Timur Tengah dan Romawi tersebut merupakan perintah dari Sultan Ahmed. Alasan diberikan nama Masjid Biru adalah lantaran interiornya yang didominasi warna biru.  Langit-langit dan dindingnya dihiasi dengan dekorasi gambar flora yang indah, belum lagi ada lampu-lampu kristal yang membuatnya makin tampak cantik.

12. Istiklal Street

Jika ingin berbelanja atau sekadar menikmati suasana dan keramaian Turki, anda bisa datang ke Istiklal Street yang sudah berdiri sejak zaman Utsmaniyah.  Pejalan kaki akan merasa puas karena ada jalur khusus yang disediakan sepajang lebih dari satu kilometer.  Di kanan kiri jalan, tersebut terdapat banyak toko, dari mulai toko musik, buku, oleh-oleh, ada kafe, galeri seni, restoran hingga, wisata malam bagi para turis.