Sukses

10 Wisata Wonogiri yang Sayang Dilewatkan, Keindahan Alamnya Menawan

Tempat wisata di Wonogiri menawarkan pesona alam yang tak kalah menarik dengan wilayah lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Wonogiri adalah salah satu kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Wilayah Wonogiri terletak di sebelah tenggara Provinsi Jawa Tengah dan diapit oleh dua provinsi yakni Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.  

Kabupaten Wonogiri juga mempunyai keindahan alam yang tak kalah dari wilayah lain. Banyak spot wisata alam yang bisa kamu kunjungi saat berada di Wonogiri. Tak hanya menawarkan pesona alam, Wonogiri juga memberikan wisata budaya, kuliner, dan taman bermain.

Untuk bisa menikmati wisata Wonogiri, kamu bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan transportasi roda dua dan empat. Lokasinya yang masih asri dengan banyaknya perbukitan membuat wisatawan betah berwisata ke Wonogiri.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai wisata Wonogiri yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Wonogiri

1. Waduk Gajah Mungkur

Wisata Wonogiri yang pertama adalah Waduk Gajah Mungkur. Tempat wisata ini dapat dikatakan sebagai ikon wisatanya Wonogiri. Salah satu alasannya adalah karena kamu dapat menemukan patung bedol desa untuk mengenang peristiwa bedol desa atau dipindahkannya desa demi pembangunan waduk ini. Ketika berada di tempat ini kamu dapat menyewa boat dayung untuk mengelilingi sekitar waduk.

2. Kampung Bali

Wisata Wonogiri yang lainnya adalah Kampung Bali. Selain menikmati nuansa Pulau Dewata sembari berfoto-foto di sejumlah spot foto kekinian, seperti gapura emas dan bangunan Villa Abimana, wisatawan juga bisa berwisata kuliner di Kampung Bali ini. Beragam menu dengan kisaran harga mulai dari Rp 15.000–Rp 26.000-an siap disajikan, mulai dari ayam goreng, bebek goreng sambal matah, hingga berbagai minuman, termasuk wedang uwuh.

3. Museum Sewu Rai

Wisata Wonogiri yang lainnya adalah Museum Sewu Rai. Tempat wisata ini terletak di Jalan altrenatif Jatiroto-Wonogiri, Gupit, Kebonagung, Sidoharjo. Di sana, wisatawan dapat melihat beragam topeng dengan ekspresi yang berbeda-beda. Museum Sewu Rai memiliki beberapa spot menarik yang Instagramable. Salah satunya adalah area bernuansa Jepang yang dipenuhi dengan lentera merah dan bunga sakura. Selain dapat berfoto di bawah lentera yang digantung di deretan gapura dengan hiasan tanaman rambat, ada juga beberapa bangunan kayu yang terlihat menarik untuk dijadikan spot berfoto.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Wonogiri

4. Soko Langit

Wisata Wonogiri yang lainnya adalah Soko Langit. Selama berada di sana, pengunjung dapat menikmati sejuknya air kolam renang sambil melihat hamparan sawah dan pegunungan hijau yang mampu menyegarkan mata. Pemandangan tersebut tidak hanya dapat dinikmati di area kolam renang, namun juga dapat dilihat dari gardu pandang. Ada juga flying fox yang bisa dicoba. Soko Langit ini berlokasi di Dusun Nglarangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto. Untuk harga tiket masuknya dibandrol mulai Rp 5.000 per orang. Bagi wisatawan yang ingin naik flying fox, biaya tambahannya adalah Rp 10.000. Jika ingin berenang, harganya adalah Rp 7.000, dan tarif gardu pandang adalah Rp 2.000 saja.

5. Bukit Cumbri

Tempat wisata Wonogiri yang berikutnya adalah bukit cumbri yang sudah dikenal banyak orang. Hal ini karena ketika sampai pada puncak kamu dapat menikmati keindahan alam sekaligus menemukan spot foto yang Instagramable. Namun, untuk mencapainya cukup sulit karena kamu perlu mendaki dari Desa Kapyar di Kecamatan Purwanto. Selama mendaki kamu akan melewati jalur yang licin dan terjal. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati selama mendaki.

6. Air Terjun Girimanik

Wisata Wonogiri yang lainnya adalah air terjun Girimanik. Air terjun Girimanik memiliki keunikan tersendiri karena terdapat tiga air terjun yang berdekatan satu sama lain. Namun, setiap air terjun memiliki ketinggian yang berbeda. Sehingga, kamu dapat memilih sendiri air terjun mana yang dijadikan tempat mandi, untuk berfoto atau bahkan keduanya sekaligus.

7. Sendang Asri

Wisata Wonogiri yang lainnya adalah Sendan Asri. Wisata ini merupakan wahana air yang dapat kamu nikmati bersama keluarga beserta teman-teman. Lokasinya berada di kecamatan Wonogiri dan berdekatan dengan waduk gajah mungkur. Karena dinamakan wahana air, maka kamu akan menemukan berbagai fasilitas serta wahana di dalamnya seperti kolam renang yang tentu disesuaikan dengan usia. Sehingga, ada kolam renang khusus untuk anak-anak dan dewasa. Setelah itu, di Sendang Asri juga terdapat water boom yang dapat kamu coba.

 

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Wonogiri

8. Pantai Nampu

Wisata Wonogiri yang lainnya adalah pantai Nampu. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu pada satu lokasi terdapat tiga pantai yang dipisahkan oleh daratan yang cukup tinggi. Ketika berada di pantai ini kamu akan menikmati indahnya pemandangan disekitar, lengkap dengan pasir putih serta karang-karangnya.

9. Telaga Caklet

Wisata Wonogiri yang lainnya adalah Telaga Caklet. Pemerintahan Wonogiri berhasil membuat telaga ini menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup populer. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk foto pra wedding. Alasannya adalah karena pemandangan sekitar telaga ini sangat indah serta terdapat dermaga kecil yang membuat tempat ini semakin sempurna untuk spot foto. Area sekitar telaga ini sering dijadikan sebagai tempat kegiatan outbond untuk para pelajar dan mahasiswa serta area pemancingan bagi beberapa komunitas pancing yang berasal dari luar daerah.

10. Pantai Sembukan

Wisata Wonogiri yang lainnya adalah Pantai Sembukan. Pantai ini berada di Desa Pranggupito yang dihiasi dengan pasir putih. Berbeda dengan Pantai Nampu, Pantai Sembukan memiliki garis pantai yang tidak luas. Akan tetapi daya tarik pantai ini terletak pada saat air surut, bibir pantai dihiasi hamparan batu karang, yang menarik untuk lokasi berfoto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.