Sukses

Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani adalah untuk Menjaga Kondisi Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah untuk menjaga kondisi tubuh. Kondisi tubuh yang sehat dan bugar tentunya bisa kamu dapatkan jika melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin. Hal ini akan berdampak pada aktivitas sehari-hari kamu agar berjalan dengan lancar.

Tidak hanya menjaga kondisi tubuh tetap bugar, latihan kebugaran jasmani juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan otot, serta melatih kelenturan dan keseimbangan. Bahkan, olahraga ini juga efektif untuk membakar kalori dan menurunkan risiko terjadinya sejumlah penyakit.

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah untuk meningkatkan kebugaran jasmani seseorang. Dengan begitu, kamu akan menjalankan kegiatan sehari-hari dengan lancar tanpa masalah. Hal ini membuat kamu senantiasa terjaga kesehatannya dan terhindar dari penyakit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/3/2022) tentang tujuan utama latihan kebugaran jasmani.

2 dari 5 halaman

Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Sebelum mengenali tujuan utama latihan kebugaran jasmani, kamu perlu memahami bentuk-bentuk latihannya terlebih dahulu. Ada beberapa bentuk latihan kebugaran jasmani yang mudah dilakukan di rumah, yaitu sebagai berikut:

Push Up

Salah satu bentuk latihan kebugaran jasmani adalah push up. Jenis olahraga satu ini termasuk ke dalam calisthenic yang berfungsi untuk menguatkan otot dada, bahu, maupun trisep. Selain itu, gerakan ini juga berperan penting untuk membentuk otot punggung bawah dan juga otot perut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan gerakan push up seperti memperhatikan posisi tangan, selalu menghadap ke depan, dan gerakan naik turun tetap. Push up sangat efektif untuk memperkuat otot-otot di sekitar bahu, meningkatkan kekuatan massa otot, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Back Lift

Bentuk latihan kebugaran jasmani berikutnya yaitu back lift. Jenis olahraga ini berfungsi untuk membentuk otot bagian punggung agar menjadi lebih kekar dan simetris. Biasanya, latihan fisik ini dilakukan dengan skema badan menghadap ke lantai secara lurus, lalu perlahan menggerakkan bagian kepala ke atas sampai maksimal.

Ada beragam manfaat dari jenis bentuk latihan kebugaran jasmani ini, seperti meningkatkan kekuatan tubuh, menurunkan berat badan, dan mencegah cedera. Selain itu, back lift juga berfungsi untuk membentuk atau memperbaiki postur tubuh.

Sit Up

Sit up merupakan salah satu bentuk latihan kebugaran jasmani yang bisa melatih beragam otot. Tidak hanya otot perut, sit up juga bisa memperkuat otot dada, panggul, pinggang bagian bawah, dan leher. Bentuk latihan kebugaran jasmani ini efektif untuk membuat otot-otot tubuh menjadi lebih kencang.

Banyak sekali manfaat sit up bagi tubuh manusia, seperti memperbaiki keseimbangan tubuh, memperbaiki postur tubuh, dan memperbaiki bentuk perut. Bagi kamu yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal dan indah, sebaiknya melakukan jenis olahraga ini secara rutin.

Latihan Kekuatan Otot Lengan dan Bahu

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih kekuatan otot lengan, seperti melakukan olahraga dengan dumbbell. Caranya cukup mudah, angkat dan turunkan secara berulang, hingga otot terbentuk secara maksimal. Selain itu, kamu juga bisa melakukan gerakan yang bertumpu pada kursi.

Gerakan bertumpu pada kursi dapat membuat latihan menjadi lebih efektif untuk meningkatkan pertumbuhan otot lengan. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang, sehingga akan memberikan reaksi otot lengan dengan baik.

3 dari 5 halaman

Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Jika rutin melakukannya, daya tahan tubuh akan semakin kuat. Metabolisme tubuh juga akan semakin lancar dan sistem imun meningkat. Latihan kebugaran jasmani mampu mencegah terkena berbagai penyakit, baik penyakit menular atau penyakit ringan seperti flu atau demam. Seseorang yang rajin melakukan latihan kebugaran jasmani juga akan terlihat lebih sehat, segar dan cerah. 

Meningkatkan Energi

Aktivitas berolahraga secara teratur dapat memperbaiki sistem kerja jantung dan paru-paru menjadi lebih baik. Pada kondisi ini, tubuh akan memperoleh lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Jadi, tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah untuk meningkatkan energi tubuh. Bukan hanya itu, olahraga juga bisa membantu meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih sehat, bugar, dan jauh dari berbagai macam penyakit.

Baik Bagi Aktivitas Seksual

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah memberikan efek positif bagi aktivitas seksual. Aktivitas olahraga dapat meningkatkan gairah bagi para wanita. Sementara bagi laki-laki yang berolahraga secara teratur cenderung memiliki masalah disfungsi ereksi yang lebih sedikit dibandingkan pada pria yang tidak berolahraga.

4 dari 5 halaman

Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani

Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah meningkatkan kualitas tidur. Perlu diketahui bahwa aktivitas fisik yang teratur dapat membantu kamu tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang semakin baik. Walaupun begitu, sebaiknya hindari aktivitas olahraga menjelang waktu tidur. Jika kamu melakukan olahraga menjelang tidur, kamu malah akan terus terjaga dan sulit tidur.

Meningkatkan Suasana Hati

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah menjaga kesehatan mental. Dengan berolahraga, kamu dapat meningkatkan mood atau suasana hati menjadi lebih baik. Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara rutin dapat merangsang berbagai senyawa kimia dalam otak untuk merasa lebih bahagia.

Tidak hanya itu, dengan berolahraga tubuh juga menjadi lebih rileks, dan kecemasan dapat berkurang. Latihan kebugaran jasmani yang dilakukan dengan teratur juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Penampilan fisik yang baik tentunya dapat menambah rasa percaya diri kamu.

5 dari 5 halaman

Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani

Mengontrol Berat Badan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah untuk mengontrol berat badan. Latihan kebugaran jasmani membantu kamu untuk selalu bergerak aktif melakukan kegiatan fisik. Tentunya kalori dalam tubuh akan semakin banyak terbakar bila kamu melakukan aktivitas fisik yang intens. Dengan begitu, kamu bisa menjaga berat badan ideal.

Kamu bisa menurunkan berat badan dengan latihan kebugaran jasmani ini. Kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukan latihan kebugaran jasmani ini selama beberapa kali dalam seminggu, tidak perlu setiap hari. Asal melakukannya secara rutin, maka kamu bisa mendapatkan berbagai manfaatnya untuk kesehatan.

Melunturkan Sendi dan Menguatkan Tulang

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah melenturkan sendi dan menguatkan tulang. Dengan rutin melakukan latihan, otot-otot tubuh dan anggota gerak lainnya akan lebih lentur. Kamu bisa melakukan berbagai gerakan senam lantai. Seperti roll depan, roll belakang, kayang, split, lompat harimau atau melakukan gerakan dari kepala hingga ke kaki.

Selain itu, dengan banyak berolahraga dan latihan yang tepat, tulang akan semakin kuat dan terhindar dari dari osteoporosis. Jenis latihan kebugaran jasmani yang bisa dilakukan untuk menguatkan tulang yakni, berjalan kaki, lari, bersepeda, mendaki, naik turun tangga, senam dan angkat beban.

Melancarkan Peredaran Darah

Berikutnya, tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena aktivitas olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Dengan begitu, risiko terserang penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga penyakit stroke dapat berkurang.

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah menghindari berbagai penyakit. Kamu bisa menurunkan risiko terserang berbagai penyakit seperti diabetes tipe 2, Depresi dan kecemasan, sindrom metabolik, radang sendi hingga berbagai risiko kanker. Latihan kebugaran jasmani tentunya bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menjaga kesehatan kamu secara keseluruhan.