Sukses

10 Cara Mempercepat Koneksi WiFi yang Paling Ampuh, Perhatikan Posisi Router

Liputan6.com, Jakarta Cara mempercepat koneksi WiFi mungkin dibutuhkan banyak orang yang mengeluhkan internet yang lambat di rumah. Apalagi, sekarang ini segala aktivitas mulai dari pekerjaan, sekolah, bahkan kehidupan sehari-hari sudah sangat membutuhkan internet.

Internet yang lemot tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Mengunduh file, mengunggah foto, hingga kegiatan browsing seketika langsung terganggu akibat koneksi wifi yang buruk. Tidak heran kalau banyak orang langsung naik pitam saat hal ini terjadi.

Cara mempercepat koneksi WiFi bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Hal-hal sederhana seperti posisi dan perawatan router hingga pemberian password serta beberapa trik di gadget memiliki peran penting dalam mempercepat koneksi WiFi kamu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/3/2022) tentang cara mempercepat koneksi WiFi.

2 dari 5 halaman

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Letakkan Router di Tempat Strategis

Penempatan posisi router menjadi hal yang sangat penting diperhatikan dalam cara mempercepat koneksi wifi. Sebagai alat pemancar wifi, jika router diletakkan di tempat yang salah maka efektivitasnya akan berkurang. Maka dari itu, disarankan untuk menempatkan router pada posisi yang sekiranya strategis sesuai kebutuhan.

Kalau meletakkannya di sudut-sudut ruangan, maka kemungkinan besar kamu akan mendapatkan sinyal yang rendah. Oleh karena itu, kamu bisa menempatkan router tidak jauh dari komputer atau gadget. Misalnya saja bisa meletakkannya di ruang tengah, agar semua orang mengakses wifi dengan sinyal yang sama.

Jangan Letakkan di Lantai

Cara mempercepat koneksi wifi berikutnya yaitu dengan tidak meletakkannya di lantai. Router atau pemancar sinyal harus mendapatkan tempat yang tinggi sehingga bisa menjangkau seluruh bangunan. Jika meletakkan router di lantai atau tempat-tempat yang rendah, pengguna wifi bisa kesulitan untuk mendapatkan sinyal. Hal tersebut membuat koneksi internet bisa menjadi tidak lancar.

Hindari Penempatan Perangkat Lain secara Berdekatan

Alat seperti smartphone, microwave, atau gadget lainnya dapat memengaruhi kecepatan wifi. Oleh karena itu, kamu bisa menempatkan perangkat tersebut dalam jarak yang berjauhan atau menyingkirkannya.

Menjauhkan router dari perangkat elektronik yang lain bisa menjadi cara mempercepat koneksi wifi. Hal ini dikarenakan masing-masing perangkat elektronik memancarkan gelombang elektromagnetik yang bisa mengganggu kinerja dari router Wifi.

3 dari 5 halaman

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Perhatikan Posisi Antena

Cara mempercepat koneksi wifi berikutnya yaitu memperhatikan posisi antena. Posisikan antena wifi agar tegak lurus satu sama lain. Dengan menempatkan router sinyal penerima dan pemancar beroperasi dengan posisi yang sama dapat memaksimalkan kecepatan wifi.

Tambahkan Penggunaan Repeater

Satu di antara penyebab koneksi wifi lemot adalah penyebaran sinyal yang lemah. Solusi dari masalah ini adalah dengan memanfaatkan repeater. Perangkat tersebut akan berguna untuk memperkuat serta memperluas cakupan sinyal wifi yang ada.

Kamu bisa menggunakan router lama menjadi repeater. Dengan begitu, sinyal wifi kamu dapat mengirimkan sinyal yang lebih tinggi dan kamu bisa menikmati kecepatan internet yang lebih tinggi. Kamu akhirnya bisa mendapatkan koneksi yang lebih baik daripada sebelumnya.

Ubah Jadi Jaringan Tertutup

Makin banyak orang yang memakai jaringan Wifi, koneksinya akan makin lambat. Maka dari itu, sebaiknya berikan password pada jaringan hotspot kamu agar tak ada orang lain yang menggunakannya tanpa izin. Dengan begitu, hanya perangkat tertentu saja yang bisa terkoneksi dan menggunakan wifi tersebut.

4 dari 5 halaman

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Ubah Frekuensi ke 5 GHz

Cara mempercepat koneksi wifi selanjutnya yaitu dengan mengubah frekuensi e 5 GHz. Saat ini, terdapat dua jenis frekuensi pada wifi, yaitu 2,4GHz dan 5GHz. Kamu bisa memilih jenis frekuensi sesuai dengan kondisi di tempatmu. Jika ada banyak barang elektronik yang menggunakan frekuensi 2,4GHz maka koneksi wifi juga ikut terpengaruh. Jadi, disarankan untuk mengubah setting router kamu dari frekuensi 2,4GHz ke 5GHz. Jangan lupa untuk memastikan dulu perangkat yang digunakan sudah mendukung frekuensi 5GHz.

Boot Ulang Router

Cara mempercepat koneksi wifi berikutnya yaitu reboot router  sesekali untuk menyegarkannya, dan atur ulang rooter dari paket yang sudah habis untuk mempercepat koneksi internet. Kalau perangkat router sudah lama, kamu bisa sekali sehari untuk melakukan reboot. Namun, kalau perangkat router kamu sudah berteknologi terbaru, bisa langsung mengatur jadwal reboot secara otomatis di dalam software.

5 dari 5 halaman

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Gunakan CMD

Cara mempercepat koneksi wifi di rumah juga bisa menggunakan CMD. Cara mempercepat koneksi wifi dengan CMD yaitu:

- Buka aplikasi Notepad, tekan tombol di keyboard WINDOWS+R, lalu ketikan kata 'notepad'. Atau bisa klik Start lalu ketikan 'notepad' dan akan muncul program, klik saja notepad tersebut.

- Setelah itu ketikan 'ping google.com -t' tanpa tanda petik.

- Kemudian, tinggal klik Save As dengan type All Files, lalu masukan nama menjadi 'ping.bat', kemudian tentukan lokasi penyimpanan fiel tersebut dan kemudian klik Save.

- Jika sudah buka file ping.bat tersebut, koneksi wifi akan mulai meningkat.

Setting DNS

Cara mempercepat koneksi wifi juga bisa dengan mengatur DNS. Kamu bisa mengatur DNS di laptop atau PC dengan menggunakan setting-an berikut:

- Klik tombol Start, lalu menuju ke Control Panel.

- Setelah itu klik Network & Internet Connection, selanjutnya pilih Network Connection.

- Jika sudah, klik kanan pada Local Area Connection dan pilih Properties.

- Kemudian, pilih internet protocol (TCP/IP), tinggal klik Properties.

- Lalu klik Use Following DNS Server. Kamu dapat mengisi dns server dengan angka 208.67.222.222 atau bisa alternetif dns 208.62.220.220.

- Selanjutnya klik OK, dan kamu dapat mengecek apakah koneksi wifi sudah cepat atau belum.