Sukses

16 Wisata Purbalingga yang Wajib Dikunjungi, Asyik untuk Plesiran Bersama Keluarga

Purbalingga menawarkan berbagai tempat wisata yang masing-masing memiliki daya tarik tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Purbalingga wajib dikungjungi bagi anda yang ingin mencari suasana liburan yang berbeda. Purbalingga adalah merupakan salah satu wilayah yang sangat terkenal dengan industri kreatifnya di bidang otomotif (berupa knalpot) yang telah berhasil menembus pasar internasional.

Tak hanya terkenal dengan industri otomotifnya saja yang maju, namun Purbalingga juga punya destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari air terjun, taman bermain, gua, hingga perbukitan semuanya memiliki daya tarik tersendiri.

Purbalingga ini diapit oleh beberapa rangkaian pegunungan. Sehingga membuat wilayah ini memiliki hawa yang dingin, sehingga tempat wisata Purbalingga juga masih asri dan sejuk. Dijamin wisatawan yang berkunjung ke kota Perwira ini akan betah, apalagi ketika plesiran bersama keluarga maupun teman.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Purbalingga yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (17/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

1. Desa Wisata Lembah Asri Serang

Desa Wisata Lembah Asri Serang berlokasi di Jalan Raya Serang, Kerajan, Kecamatan Karangreja. Tempat wisata Purbalingga ramah anak ini menawarkan beragam pilihan kegiatan yang asyik. Jika suka dinosaurus, wisatawan bisa berkunjung ke Dino Land untuk berinteraksi dan berswafoto ria bersama para hewan purba. Sementara untuk yang ingin menjelajahi alam sambil menikmati indahnya Gunung Slamet, terdapat wahana ATV Bike. Tempat wisata ini juga memungkinkan anda untuk berinteraksi dengan hewan-hewan lucu seperti kelinci dan kuda, serta naik sepeda air, sepeda gantung, kereta wisata, flying fox, bahkan bermalam di cottage dengan harga Rp 850.000 per malam untuk empat orang.

2. Jembatan Cinta

Jembatan ini merupakan salah satu tempat wisata hits di Purbalingga yang sangat cocok dikunjungi bersama pasangan. Di sini, Anda bisa berfoto dengan latar belakang jembatan berbentuk hati yang cantik dan Instagramable.

3. Taman Bunga Kutabawa

Taman Bunga Kutabawa terletak di Pejagan 1, Kutabawa, Karangreja. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 15.000. Di sana, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan beragam jenis bunga warna-warni yang indah seperti lavender dan petunia. Selain itu, tempat wisata Purbalingga di kaki Gunung Slamet ini juga memiliki udara yang sejuk sehingga wisatawan mungkin akan betah untuk berlama-lama di sana. Hamparan bunganya tidak hanya dapat dilihat, namun juga dijelajahi dengan berjalan di jalur-jalur kecil antara bunga-bunga tersebut.

4. Sanggaluri Park Purbalingga

Sanggaluri Park Purbalingga terletak di Jalan Raya Taman Reptile, Dusun II, Kutasari. Mereka buka setiap hari pukul 08.00-17.00 dengan harga tiket masuk Rp 15.000 pada hari biasa dan Rp 20.000 pada akhir pekan. Tempat wisata Purbalingga ini menawarkan beragam kegiatan seru. Salah satunya adalah paket Outbond Kids seharga Rp 85.000 termasuk tiket masuk, sekali makan, instruktur outbond, peralatan dan perlengkapan, serta permainan di darat dan air. Jika ingin berkeliling tempat wisata, ada juga wahana kereta mini yang bisa dimanfaatkan. Selain itu, ada juga Kepo Land dan Taman Kelinci yang merupakan wahana edukasi bagi anak-anak.

5. Kampung Kurcaci

Kampung Kurcaci terletak di Dusun Brobohan, Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja. Tempat wisata Purabalingga ini terletak di tengah hutan, alhasil suasananya adem dan bebas dari terik matahari. Di sana, wisatawan bisa berkunjung ke rumah hobbit atau rumah kurcaci untuk foto-foto. Ada juga spot rumah pohon yang bisa dikunjungi. Jika ingin melakukan kegiatan wisata selain foto-foto, pengunjung dapat coba baik flying fox atau high rope. Kampung Kurcaci buka setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

6. Curug Sumba

Curug Sumba merupakan salah satu tempat wisata Purbalingga yang belum banyak diketahui orang. Curug ini menawarkan daya tarik utama berupa kawasan air terjun yang dialiri air berwarna biru kehijauan yang bersih dan jernih.

7. Purbasari Pancuran Mas

Purbasari Pancuran Mas merupakan taman wisata Purbalingga yang sarat akan nilai edukasi. Membuat taman ini cocok untuk dikunjungi semua usia. Selain ada wahana yang tersedia, Anda dan keluarga juga bisa belajar dan memperluas ilmu pengetahuan.

8. Jembatan Pelangi Rembang

Tempat wisata Purbalingg yang selanjutnya adalah jembatan pelangi Rembang. Jembatan ini diberi nama Pelangi karena catnya yang dibuat warna-warni mirip pelangi. Jembatan cantik ini cocok banget buat menghasilkan foto yang instagramable.

9. Puncak Sendaren

Tempat wisata Purbalingg yang selanjutnya adalah Puncak Sendaren. Di sini, Anda bisa berfoto di atas jembatan bambu yang menjorok ke arah jurang dengan latar belakang panorama alam Purbalingga dari atas ketinggian bukit yang cantik.

10. Pemandian Situ Tirta Marta

Tempat wisata Purbalingg yang selanjutnya adalah Pemandian Situ Tirta Marta. Pemandian Situ Tirta Marta merupakan pemandian alami yang terletak di daerah pedesaan. Pemandian ini mengandalkan aliran air yang berasal dari mata air langsung yang jernih.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

11. Alun-Alun Purbalingga

Alun-alun Purbalingga merupakan salah satu tempat nongkrong di Purbalingga yang nyaris tidak pernah sepi pengunjung. Tempat ini juga terdapat banyak penjual oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang ke kota asal.

12. Bukit Mertelu

Tempat wisata Purbalingg yang selanjutnya adalah Bukit Mertelu. Bukit Mertelu merupakan salah satu spot terbaik yang bisa dikunjungi untuk menikmati keindahan alam Purbalingga dari atas ketinggian. Di bukit ini, Anda bisa menikmati pemandangan alam sembari menghirup sejuknya udara khas daerah dataran tinggi.

13. Desa Wisata Panusupan

Tempat wisata Purbalingg yang selanjutnya adalah Desa Wisata Panusupan. Desa wisata ini menawarkan berbagai macam daya tarik utama seperti gardu untuk melihat keindahan alam Purbalingga dari atas ketinggian. Terdapat air terjun, jembatan cinta, dan pusat kerajinam bambu di sini.

14. Goa Lawa Purbalingga

Goa Lawa Purbalingga atau Golaga merupakan tempat wisata alam di Desa Siwarak, Karangreja, Dusun IV, Kecamatan Siwarak. Goa di bawah permukaan tanah di lereng Gunung Slamet ini memiliki panjang sekitar 1.300 meter, dan menawarkan suasana yang masih asri lengkap dengan hawanya yang sejuk. Jika tertarik, wisatawan dapat menyusuri goa yang terbentuk dari pendinginan lava yang prosesnya telah terjadi selama bertahun-tahun lamanya. Meski begitu, goa ini tidak menghadirkan kesan mengerikan melainkan kekinian lantaran pada bagian dalamnya telah dihiasi lampu warna-warni sehingga cocok untuk dijadikan sebagai spot foto.

15. Desa Wisata Serang

Tempat wisata Purbalingg yang selanjutnya adalah Desa Wisata Serang. Di desa ini, Anda bisa berkunjung ke beberapa spot wisata seperti wisata petik buah stroberi, taman kurcaci, rest area yang sejuk, air terjun, dan lain-lain. Banyaknya wisata yang tersedia membuat Anda betah untuk berlama-lama di sini.

16. Owabong Water Park Purbalingga

Objek wisata air Bojongsari atau lebih dikenal sebagai Owabong adalah tempat wisata keluarga yang memiliki wahana permainan berupa kolam renang, arena gokart, waterboom dan wahana air lainnya. Terletak di desa Bojongsari kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga provinsi Jawa Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.