Sukses

Masih Hidup Usai Direndam 1 Tahun, Ular Ini Patuk Pria saat Toples Dibuka

Liputan6.com, Jakarta Seekor ular berbisa ditemukan masih dalam keadaan hidup setelah direndam dalam toples anggur ular selama satu tahun. Menurut laporan media China, ular itu dikatakan telah 'hidup kembali' dan mematuk seorang pria yang membuka toples anggur tersebut.

Dilansir dari Mothership, Kamis (17/3/2022), kisah itu bermula dari seorang pria dari Provinsi Heilongjiang, China Utara yang memiliki seorang putra didiagnosis menderita penyakit kronis.

Berdasar laporan China Times, setelah pria tersebut mencoba berbagai cara untuk menyembuhkan anaknya, ia memutuskan untuk mencoba pengobatan dengan menggunakan alkohol ular atau anggur ular. Alkohol ular diklaim memiliki berbagai manfaat kesehatan, antara lain sebagai obat rematik, radang sendi, dan flu.

Berikut ini kisah lengkapnya seorang pria yang dipatuk saat membuka toples anggur ular, dilansir Liputan6.com dari Siakapkeli, Kamis (17/3/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Kronologi kejadian

Menurut Perjalanan Budaya, cara pembuatan anggur ular pada umumnya dapat disiapkan dengan menempatkan seluruh ular, kadang-kadang saat masih hidup ke dalam toples alkohol.

Dilansir dari Mothership, pria itu kemudian membeli tiga ular berbisa dan merendamnya dalam satu tong alkohol untuk difermentasi.

Setahun kemudian, setelah percaya bahwa periode itu cukup untuk menghasilkan anggur ular yang memiliki khasiat obat yang akan diberikan kepada anaknya, pria itu lalu membuka toples anggur untuk mencobanya.

Di luar dugaan, ketiga ular tersebut rupanya masih hidup dan mematuk pria tersebut. Pria itu pun dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan segera dan beruntung selamat.

3 dari 3 halaman

Mengapa ular itu bisa bertahan

Meski merupakan sesuatu yang tidak terduga, namun memiliki penjelasan tersendiri. Di Sohu.com, ular itu masih bisa bertahan hidup dalam rendaman toples alkohol selama 12 bulan tanpa mati karena suatu alasan.

Di antara penyebabnya adalah kemungkinan tutup toples tidak tertutup rapat dan udara masih bisa masuk ke dalam toples untuk memberikan oksigen kepada ular. Ular adalah hewan berdarah dingin dan dapat bertahan hidup di lingkungan rendah oksigen, menurut laporan Science Alert.

Hewan berbisa seperti ular dapat memasuki 'keadaan tidak aktif' di lingkungan seperti itu dengan menekan laju metabolisme mereka.

Sohu.com menambahkan, setelah botol alkohol dibuka dan ular menerima oksigen dalam jumlah besar, ular itu mungkin seperti 'dihidupkan kembali'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.