Sukses

20 Tempat Wisata di Penang Legendaris, Etnik dan Eksotik

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Penang bisa jadi destinasi seru saat berlibur ke Negeri Jiran, Malaysia. Penang merupakan wilayah Malaysia yang terletak di pantai barat laut Semenanjung Malaysia, dekat Selat Malaka. Tempat wisata di Penang menawarkan pengalaman yang tak akan ditemukan di tempat lain.

Mulai dari religi, sejarah, hingga alam, tempat wisata di Penang tak boleh dilewatkan begitu saja. Tempat wisata di Penang menjadi tempat tradisi dan warisan yang penuh dengan bangunan bersejarah. Bangunan kolonial serta rumah dan pertokoan berornamen Cina dan India masih berdiri kokoh di sekitar pulau ini.

Penang bahkan dijuluki sebagai Mutiara dari Timur'. Keistimewaan tempat wisata di Penang ini membuat Penang menjadi destinasi yang menarik wisatawan dari berbagai negara. Tempat wisata di Penang merupakan wujud kekayaan tradisi dan budaya di Malaysia. Berikut 20 tempat wisata di Penang, dirangkum Liputan6.com dari berbaia sumber, Kamis(17/3/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 9 halaman

Tempat wisata di Penang

Taman Nasional Penang

Tempat wisata di Penang yang pertama adalah Taman Nasional Penang. Taman Nasional Penang dibangun pada 2003 dan memiliki beragam jenis spesies flora fauna yang dilindungi. Taman ini memiliki 46 spesies burung seperti pekakak berparuh bangau, unggas air berdada putih dan kuntul. Terdapat pula 1.000 spesies tanaman termasuk lima spesies berbeda pohon Bintangor.

The Top Penang, Theme Park Penang

The Top Penang, Theme Park Penang adalah sebuah taman hiburan yang berada di KOMTAR Tower, bangunan tertinggi di Penang. Ada beberapa pilihan atraksi seperti Jurassic Research Center, 7D Discovery Motion Theater, Tech Dome Penang, Ocean Explorer, Penang Boutique Aquarium, The Gravityz, dan Rainbow Skywalk.

Penang Little India

Penang Little India adalah tempat wisata di Penang yang meliputi sekitar Queen Street, Chulia Street, dan Market Street. Di sini, wisatawan bisa merasakan atmosfer India yang sangat kuat. Penang Little India merupakan tempat berdirinya Kuil Sri Mahamariamman, kuil Hindu tertua di Penang. Daerah ini memiliki banyak kesamaan dengan jalan-jalan pasar di Chennai, Mumbai atau Delhi. Little India juga terkenal dengan masakan India Malaysia.

3 dari 9 halaman

Tempat wisata di Penang

Leong San Tong Khoo Kongsi

Khoo Kongsi adalah rumah suku Cina yang besar dengan arsitektur dan ornamen yang rumit. Rumah ini merupakan tanda kehadiran dominan Cina di Penang, Malaysia. Khoo Kongsi terkenal sebagai kuil klan termegah di negara ini. Khoo Kongsi, bersama dengan Cheah, Yeoh, Lim dan Tan Kongsi, dikenal sebagai Lima Klan Besar (Goh Tai Seh) yang membentuk tulang punggung komunitas Hokkien di awal berdirinya Penang.

Tempat wisata di Penang ini memiliki pilar-pilar tinggi yang menyangga atapnya yang melengkung lembut dan bergenting merah. Berhiaskan hiasan atap berupa ukiran naga, merak, dan aneka hewan mitos lain, serta berbagai adegan dari legenda Cina yang populer.

Kuil Tow Boo Kong

Kuil Tow Boo Kong dikenal sebagai Kuil Sembilan Kaisar Dewa. Kuil ini terletak di Jalan Raja Uda, Butterworth, candi terkenal ini berdiri di atas tanah seluas 40.000 kaki persegi. Kuil Tow Boo Kong didedikasikan untuk Sembilan Kaisar Dewa dari adat istiadat Tao. Setiap tahun, Kuil Tow Boo Kong akan merayakan Festival Sembilan Dewa Kaisar. Festival ini diadakan selama sembilan hari, dari hari pertama hingga hari kesembilan bulan ke-9 Imlek.

Kek Lok Si

Kek Lok Si merupakan kuil Buddha yang terletak di Air Itam, Penang. Tempat wisata di Penang ini juga merupakan pusat ziarah penting bagi umat Buddha dari Hong Kong, Filipina, Singapura, dan negara-negara lain di Asia Tenggara. Kek Lok Si disebut-sebut sebagai kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Di sini pengunjung dapat melihat ruang doa, pagoda, menara lonceng dan kolam kura-kura. Daya tarik dari kuil ini adalah pagoda tujuh tingkat. Di dalamnya terdapat 10.000 patung Buddha pualam dan perunggu.

4 dari 9 halaman

Tempat wisata di Penang

Fort Cornwallis

Fort Cornwallis atau benteng Cornwallis adalah sebuah benteng yang dibangun oleh Perusahaan Hindia Timur Britania pada akhir abad ke-18 di pantai timur laut Penang, Malaysia. Beberapa arsitektur asli benteng masih dipertahankan hingga saat ini. Fort Cornwallis telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Terdapat kapel, sel penjara, daerah penyimpanan amunisi, lampu pelabuhan yang pernah digunakan untuk memberi tanda kepada kapal yang datang, tiang bendera yang asli, serta beberapa meriam perunggu tua.

Armenian Street

Armenian Street adalah jalan sempit di dalam kota George Town di Penang. Tempat wisata di Penang ini terkenal dengan kekayaan budaya dan seni jalanannya. Armenian Street awalnya merupakan bagian dari pemukiman Melayu. Masuknya orang-orang Armenia dan Cina selanjutnya membantu membentuk karakter multikultural jalanan.

5 dari 9 halaman

Tempat wisata di Penang

Street of Harmony

Street of Harmony dibangun pada abad ke-18. Street of Harmony merupakan wujud toleransi dibuktikan dengan adanya tempat-tempat ibadah yang hidup berdampingan secara harmonis. Tempat wisata di Penang ini memiliki empat bangunan keagamaan besar yang berdiri kokoh di sepanjang jalan yaitu Goddess of Mercy Temple, Masjid Kapitan Keling, Kuil Sri Mariamman dan Gereja St George.

Sri Mahamariamman Temple

Kuil Sri Mahamariamman adalah candi Hindu tertua yang berdiri di Penang, Malaysia. Kuil ini menampilkan patung-patung dewa dan dewi di pintu masuk dan fasad utamanya. Kuil ini buka setiap hari mulai jam 6.30 pagi - 12.00 siang dan 4.30 siang - 9.00 malam. Bagian dalam candi juga dipenuhi dengan patung-patung dewa-dewa Hindu yang memesona termasuk Lord Subramiam, Durga dan Ganapathy. Selama musim perayaan, misalnya Deepavali dan Thaipusam, kuil akan dipenuhi dengan ribuan umat yang mempersembahkan persembahan.

6 dari 9 halaman

Tempat wisata di Penang

Penang Hill

Penang Hill adalah resor bukit yang terdiri dari sekelompok puncak di Pulau Penang, Malaysia. Terletak di pinggiran Air Itam, 9 km (5,6 mi) barat dari pusat George Town. Bukit Penang juga dikenal dengan nama Melayu Bukit Bendera, yang sebenarnya mengacu pada Bukit Flagstaff, puncak yang paling berkembang. Tempat wisata di Penang ini mencakup sejumlah bukit, dengan titik tertinggi di Bukit Barat yaitu 833 m (2.733 kaki) di atas permukaan laut. Bukit ini menonjol dari dataran rendah sebagai daerah berbukit dan berhutan.

Penang Bridge

Pulau Penang terhubung ke bagian lain negara oleh dua jembatan jalan terpanjang Malaysia, Jembatan Penang (Penang Bridge) dan Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah. Jembatan Penang adalah jembatan tol jalur ganda 13,5 km (8,4 mil) dan jalan raya akses terkendali di negara bagian Penang, Malaysia. Jembatan ini menghubungkan Butterworth di sisi daratan dengan Gelugor melintasi Selat Selatan. Jembatan ini dikenal sebagai jembatan terpanjang kedua di Malaysia dan terpanjang kelima di Asia Tenggara.

7 dari 9 halaman

Tempat wisata di Penang

Pinang Peranakan Mansion

Tempat wisata di Penang adalah Pinang Peranakan Mansion. Pinang Peranakan Mansion adalah museum yang didedikasikan untuk warisan Peranakan Penang. Peranakan, juga dikenal sebagai Babas dan Nyonya, adalah komunitas terkemuka dari akulturasi Tionghoa yang unik. Dengan lebih dari 1.000 barang antik dan koleksi zaman yang dipamerkan, museum Baba-Nyonya ini juga bertempat di salah satu rumah warisan desain dan arsitektur eklektik Penang. Dibangun pada akhir abad ke-19 oleh salah satu tokoh sejarah lokal yang terkenal, 'Hai Kee Chan' atau Toko Kenangan Laut pernah menjadi kediaman dan kantor Kapitan Cina Chung Keng Kwee.

Cheong Fatt Tze Mansion

The Cheong Fatt Tze Mansion adalah bangunan warisan pemerintah yang terletak di Leith Street di George Town, Penang. Dekorasi luar mansion dan dinding luar berwarna biru nila menjadikannya bangunan yang sangat khas, dan terkadang disebut sebagai The Blue Mansion. Dibangun oleh pedagang Cheong Fatt Tze pada akhir abad ke-19, mansion ini memiliki 38 kamar, 5 halaman berpaving granit, 7 tangga, dan 220 jendela louvre kayu vernakular. Dulunya, bangunan ini berfungsi sebagai kediaman pribadi Cheong serta pusat kegiatan bisnisnya di Penang.

8 dari 9 halaman

Tempat wisata di Penang

Pantai Kerachut

Pantai Kerachut adalah hamparan pantai berpasir putih yang indah yang terletak di Taman Nasional Penang di Pulau Penang. Pantai ini merupakan rumah bagi Penangkaran Penyu Penang. Ada juga danau meromictic yang sangat langka di sini (danau dengan dua lapisan garam dan air tawar yang tidak bercampur).

Pantai Batu Ferringhi

Pantai Batu Ferringhi adalah salah satu garis pantai Pulau Penang yang paling menakjubkan. Pantai ini dikenal dengan pasir putih halus yang tumpah ke perairan biru pirus yang membentang sepanjang semenanjung utara. Tempat wisata di Penang satu ini adalah tujuan pantai utama di Penang di antara penduduk lokal dan turis.

Pantai Tanjung Bungah

Tanjung Bungah adalah sebuah pantai di pesisir utara pulau Penang, di pinggiran kota Georgetown. Pantainya diselimuti pasir keemasan. Di wilayah Tanjung Bungah, di sebelah Masjid Apung, terdapat pusat olahraga air di mana wisatawan dapat menyewa ski air, perahu, katamaran, kano, jet ski, perahu layar, dan peralatan parasailing.

9 dari 9 halaman

Tempat wisata di Penang

Asian Camera Museum

Asia Camera Museum Penang memiliki koleksi 1000 kamera dan aksesori fotografi yang mungkin belum pernah ditemui sebelumnya. Mayoritas kamera adalah kamera antik. Beberapa yang menarik dari museum ini termasuk proyektor Magic Lantern langka dari awal 1900-an dengan slide warna kaca yang dilukis dengan tangan format besar antik dan proyektor film bisu 35mm yang diterangi menggunakan lampu dan perlengkapan minyak.

Tropical Spice Garden

Tropical Spice Garden adalah hutan seluas 3,2 hektar dengan sekitar 500 spesies flora dan fauna, khususnya aneka rempah. Ini adalah museum rempah-rempah dan tanaman tropis lainnya yang hidup dengan keanekaragaman hayati yang telah membentuk sejarah global.

Penang Botanical Garden

Penang Botanical Gardens terletak di sebuah lembah di sepanjang Jalan Kebun Bunga di George Town. Tempat wisata di Penang ini adalah tempat yang ditata dengan baik yang berisi berbagai macam spesies tanaman asli dan eksotis. Itu didirikan oleh Inggris pada tahun 1884, khususnya oleh Charles Curtis dari Gardens & Forests Departments Straits Settlements.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.