Sukses

16 Macam Diskusi yang Wajib Diketahui, Beserta Definisi dan Tujuannya

Pengertian diskusi adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah.

Liputan6.com, Jakarta Macam diskusi ada beragam yang perlu anda ketahui. Diskusi adalah perundingan atau pertukaran pemikiran untuk memperoleh pemahaman mengenai penyebab suatu masalah dan solusi penyelesaiannya.

Kata diskusi berasal dari bahasa Latin discutio atau discusum yang berarti bertukar pikiran dan dalam bahasa Inggris discussion yang berarti perundingan atau pembicaraan. Diskusi sendiri dapat dilakukan oleh dua atau beberapa orang sekaligus.

Dengan cara bertukar pikiran atau diskusi, maka orang akan mempunyai pandangan yang sama. Selain untuk mendapat kesamaan pemahaman atas gagasan yang dibicarakan, diskusi bisa menambah wawasan dan pengalaman.

Berikut Liputan6.com rangkum mengenai definisi diskusi beserta macam diskusi dan tujuannya dari berbagai sumber, Jumat (18/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Definisi Diskusi Secara Umum

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian diskusi adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Sedangkan menurut Ariends, diskusi adalah situasi pendidik dan peserta didik atau peserta didik dan peserta didik lainya bercakap-cakap dan berbagi ide dan pendapat.

Sementara, menurut Samani, pengertian diskusi adalah pertukaran pikiran (sharing of opinion) antara dua orang atau lebih yang bertujuan memperoleh kesamaan pandang tentang sesuatu masalah yang dirasakan bersama. Dengan demikian, diskusi merupakan suatu metode pembelajaran yang di dalamnya terdapat percakapan antara individu dengan indvidu lainnya yang terbentuk ke dalam wadah atau kelompok yang dihadapkan oleh suatu permasalahan sehingga mereka dapat bertukar pikiran untuk mendapatkan pemecahan masalah yang benar melalui kesepakatan bersama.

3 dari 7 halaman

Tujuan Diskusi

Dalam dunia akademis, tujuan diskusi yang utama adalah memperoleh pemahaman bersama secara teliti dan jelas dari suatu informasi, pendapat, dan pengalaman yang telah telah saling diberitahukan. Diskusi juga digunakan untuk mempersiapkan dan merampungkan kesimpulan, pernyataan, atau keputusan akhir. Selain itu, masih ada tujuan diskusi, antara lain:

1. Menyelesaikan atau memecahkan masalah.

2. Menambah wawasan dan pemahaman terhadap realitas tertentu.

3. Melatih kemampuan berbicara.

4. Melatih rasa saling menghargai pendapat orang lain.

5. Meningkatkan tradisi intelektual.

6. Meningkatkan kepedulian serta kepekaan terhadap suatu masalah di lingkungan sosial.

7. Menyamakan visi dan misi.

8. Melatih keberanian dalam mengambil sebuah keputusan.

4 dari 7 halaman

Macam-Macam Diskusi

Setelah mengetahui definisi dan tujuan diskusi, anda juga perlu memahami macam diskusi. Berikut rinciannya:

1. Diskusi Kelompok

Macam diskusi yang pertama adalah diskusi kelompok. Dalam diskusi kelompok setiap anggota akan mendapatkan kesempatan untuk mengemukakan pemikirannya serta berbagi pengalaman atau informasi untuk pemecahan masalah. Diskusi kelompok bisa terlaksana dengan cara formal dan nonformal. Diskusi kelompok berfungsi untuk melatih individu agar saling menghargai pendapat satu sama lain.

2. Diskusi Pleno

Macam diskusi yang berikutnya adalah diskusi pleno. Diskusi pleno adalah diskusi tindak lanjut dari diskusi kelompok. Dalam dikusi pleno, orang-orang datang dan berkumpul guna melaporkan hasil dari diskusi di dalam kelompoknya. 

3. Diskusi Panel

Macam diskusi yang berikutnya adalah diskusi panel. Diskusi panel diawali dengan penyampaian uraian atau pembahasan. Diskusi panel biasanya dilakukan untuk memperluas wawasan mengenai suatu masalah yang sedang banyak dibicarakan. Diskusi panel juga biasanya dilakukan untuk membahas suatu topik di depan umum, seperti radio atau tv.

4. Diskusi Fak

Macam diskusi yang berikutnya adalah diskusi fak. Diskusi fak bertujuan untuk mengelola bahan diskusi secara bersama-sama di bawah bimbingan seorang ahli. Diskusi fak adalah suatu proses di mana orang saling bertukar informasi maupun pendapat agar bisa mencapai pengetahuan yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Diskusi

5. Diskusi Podium

Macam diskusi yang berikutnya adalah diskusi podium. Dalam diskusi podium, perwakilan dari tiap-tiap kelompok diminta untuk menjelaskan masalah yang ada dengan terbuka atau secara terbuka.

6. Debat

Macam diskusi yang berikutnya adalah debat. Debat merupakan kegiatan melakukan suatu pembahasan atau pertukaran pendapat mengenai suatu masalah. Dalam debat, tiap peserta harus memberikan alasan untuk mempertahankan argumen atau pendapatnya.

7. Kongres

Macam diskusi yang berikutnya adalah kongres. Kongres merupakan pertemuan para wakil organisasi (politik, sosial, dan profesi) untuk berpikir bersama dalam mengambil suatu keputusan.

8. Simposium

Macam diskusi yang berikutnya adalah simposium. Simposium adalah bentuk diskusi yang diselenggarakan untuk membahas suatu pokok permasalahan tertentu. Diskusi ini dipimpin oleh moderator, dan setiap peserta diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan atau pendapat setelah pembahasan utama dan penyanggah telah selesai berbicara.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Diskusi

9. Seminar

Macam diskusi yang berikutnya adalah seminar. Seminar adalah bentuk diskusi yang digunakan untuk mencari kesepakatan dan pandangan dalam menghadapi persoalan yang bersifat formal. Seminar biasanya fokus pada sebuah topik tertentu seperti masalah sehari-hari yang dilaksanakan dalam bentuk dialog dengan moderator.

10. Diskusi Munas

Macam diskusi yang berikutnya adalah diskusi munas. Munas adalah singkatan dari musyawarah nasional yang berupa bentuk diskusi pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan-perwakilan bersifat nasional untuk membahas masalah berskala nasional.

11. Lokakarya

Macam diskusi yang berikutnya adalah lokakarya. Lokakarya atau sanggar kerja merupakan pertemuan untuk membahas suatu masalah sesuai bidangnya masing masing. Lokakarya atau workshop termasuk pertemuan ilmiah kecil. Perbedaan lokakarya dengan seminar adalah hasil yang didapat. Lokakarya menghasilkan karya yang dapat digunakan peserta lokakarya dalam proses pembelajaran.

12. Forum Diskusi

Macam diskusi yang berikutnya adalah forum diskusi. Forum diskusi merupakan kombinasi beberapa bentuk dialog. Forum diskusi memiliki kadar demokrasi yang tinggi.

7 dari 7 halaman

Macam-Macam Diskusi

13. Diskusi Kasualis

Macam diskusi yang berikutnya adalah diskusi kasualis. Diskusi kasualis merupakan bentuk penelitian dari satu permasalahan yang konkret yang mengandung beberapa jalan keluar. Diskusi ini bertujuan untuk mencari jalan keluar yang tepat.

14. Sarasehan

Macam diskusi yang berikutnya adalah sarasehan. Sarasehan akan dilaksanakan untuk membicarakan suatu permasalahan tertentu dengan cara yang tidak resmi dan formal. Tujuan diadakan sarasehan adalah untuk membahas topik atau permasalahan yang tidak terlalu berat dan menjadi sebuah pembicaraan yang sangat serius. 

15. Konferensi

Macam diskusi yang berikutnya adalah konferensi. Konferensi adalah pertemuan di mana sejumlah orang datang dengan tujuan untuk berpikir bersama agar mencapai suatu keputusan bersama. Peserta konferensi mempunyai latar belakang dan minat yang sama.

 

16. Training

Macam diskusi yang berikutnya adalah training.  Training atau pelatihan adalah sebuah diskusi yang memfokuskan pada praktek dari suatu teori. Kata training sangat umum dalam dunia kerja, ketika seseorang akan memulai kerja, biasanya harus mengikuti masa training selama satu sampai tiga bulan tergantung kebijakan perusahaan masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.