Sukses

Barakallah Artinya Semoga Allah SWT Memberikan Berkah, Simak Keutamaan Mengucapkannya

Barakallah adalah doa keberkahan.

Liputan6.com, Jakarta Istilah Barakallah artinya apa? Mengetahui arti Barakallah bisa dimulai dengan memahami Barakallah dalam bahasa Arab memiliki huruf ba’ yang panjang, sehingga tulisan latin yang benar adalah “Baarakallah.”

Arti Barakallah yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, berasal dari dua kata dasar. Barakallah artinya “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah” dan Barakallah artinya “Semoga Allah Memberkahi.”

Dalam Islam, Barakallah artinya Semoga Allah SWT Memberikan Berkah memiliki keutamaan untuk mendoakan keselamatan, kesehatan, kebahagiaan, rezeki, dan berkah bagi orang lain. Bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari?

Berikut Liputan6.com ulas Barakallah artinya Semoga Allah SWT Memberikan Berkah beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, Jumat (18/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memahami Barakallah Artinya Semoga Allah SWT Memberikan Berkah

Memahami Barakallah artinya berasal dari 2 kata dasar. Pertama, Baaraka dari Barakallah artinya berkah, kemanfaatan, dan kebaikan. Kedua, Allah dari Barakallah artinya Allah SWT. Lalu bagaimana arti Barakallah?

Penggabungan kedua kata dasar ini membuat Barakallah artinya “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah” atau Barakallah artinya “Semoga Allah Memberkahi.”

Apabila diamati dari tulisan Arabnya (بارك الله), maka Barakallah artinya memiliki huruf ba’ yang panjang, sehingga tulisan latin yang benar adalah Baarakallah. Meski demikian, istilah Barakallah artinya Semoga Allah SWT Memberikan Berkah sudah sangat umum digunakan di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Mengucapkan Barakallah dalam Islam

Apa keutamaan mengucapkan Barakallah artinya Semoga Allah SWT Memberikan Berkah dalam Islam? Ini penjelasan keutamaan mengucapkan Barakallah dalam Islam yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Ketika Bertemu Sahabat atau Kerabat

Keutamaan mengucapkan Barakallah artinya Semoga Allah SWT Memberikan Berkah adalah baik diucapkan kepada sahabat. Dalam sebuah riwayat hadis, para sahabat Nabi juga saling mengucapkan "barakallah" . Seperti yang dilakukan Abdurrahman bin Auf untuk Said bin Rabi’ al Anshari.

"Baarakallahu Laka Fii Ahlika wa Maalika"

Artinya: Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu pada keluarga dan hartamu (HR. Bukhari)

2. Mendoakan Kesuksesan Orang Lain

keutamaan mengucapkan Barakallah artinya Semoga Allah SWT Memberikan Berkah adalah baik diucapkan untuk kesuksesan orang lain.

Pengucapan Barakallah juga bisa digunakan untuk mendoakan kesuksesan orang lain. 

Pada intinya, pengucapan Barakallah artinya Semoga Allah SWT Memberikan Berkah ini bisa digunakan agar kita bisa mendoakan keberkahan bagi orang yang kita temui. 

3. Mendoakan Orang yang Melahirkan

Keutamaan mengucapkan Barakallah artinya Semoga Allah SWT Memberikan Berkah adalah untuk mendoakan orang yang melahirkan. Ucapan "Baarakallah" juga bisa digunakan untuk mendoakan teman atau kerabat yang baru saja melahirkan. Kita bisa mengucapkan:

“Barokallahu laka fil mawhuubi laka wa syakarta al waahib, wa balagho asyuddahu, wa ruziqta birrohu”

Semoga Allah memberkahimu dan anak yang diberikan kepadamu. Semoga engkau pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta engkau dikaruniai kebaikannya.

Lalu jika diberi ucapan tersebut, hendaknya membalas dengan jawaban “Barokallahu laka wa baroka ‘alaika wa jazakallahu khoiron wa rozaqokallahu mitslahu aw ajzalallahu tsawabak”

Semoga Allah juga memberkahimu dan melimpahkan kebahagiaan untukmu. Semoga Allah membalasmu dengan sebaik-baik balasan, mengaruniakan kepadamu sepertinya dan melipatgandakan pahalamu.

4. Ucapan Ulang Tahun

Keutamaan mengucapkan Barakallah artinya Semoga Allah SWT Memberikan Berkah adalah untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Jika mendapati seseorang sedang ulang tahun, kamu bisa mengucapkan kalimat "Baarakallah fii umrik" yang artinya semoga umurmu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

5. Ucapan Pernikahan

Keutamaan mengucapkan Barakallah artinya Semoga Allah SWT Memberikan Berkah adalah untuk mengucapkannya di sebuah pernikahan. Dalam riwayat Imam Ahmad, Rasulullah mengucapkan kalimat “baarakallah" untuk mendoakan pengantin dengan ucapan:

"Baarakallahu Laka wa baaraka alayka wa jama'a baynakuma fii khoir"

Artinya “Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu, semoga Allah juga menganugerahkan barakah atasmu, dan semoga Dia menghimpun kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

4 dari 4 halaman

Memahami Arti Barakallahu Fiik

Barakallahu Fiik adalah ungkapan doa dan harapan baik yang menjadi dasarnya. Arti Barakallahu Fiik bisa dipahami ketika dibedah menjadi dua bagian, yakni Barakallahu dan Fiik.

Untuk Barakallahu sendiri berasal dari 2 kata dasar. Pertama, “Baaraka” yang memiliki arti berkah, kemanfaatan, dan kebaikan. Kedua, “Allaah” yang artinya Allah SWT.

Penggabungan kedua kata dasar ini membuat arti Barakallahu menjadi “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah” atau “Semoga Allah Memberkahi.” Sementara dengan tambahan Fiik, maka arti Barakallahu Fiik menjadi “Semoga Allah Memberkahi Kepadamu”

Maksud dari Fiik di sini belum jelas tujuannya kepada siapa dan bisa dikatakan masih menjadi dasar pengucapan saja. Meski demikian, arti Barakallahu Fiik tetap ditujukan untuk mendoakan keselamatan, kesehatan, kebahagiaan, rezeki, dan berkah bagi orang lain.

“Fiik” dapat berubah menjadi tiga maksud.

Pertama adalah Fiikum yang ditujukan untuk kalian atau banyak orang. Kedua adalah Fiika yang ditujukan untuk pria. Ketiga adalah Fiiki yang ditujukan untuk wanita.

Menggunakan akhiran yang tepat, akan membuat arti Barakallahu Fiik lebih bermakna jelas dan pasti. Apabila ditujuan untuk sebuah doa, maka doa akan lebih cepat sampai kepada yang didoakan.

Jika ditulis secara lengkap beserta artinya, maka akan menjadi sebagai berikut:

- Arti Barakallahu Fiik adalah semoga Allah memberkahimu.

- Arti Barakallahu Fiikum adalah semoga Allah memberkahi kalian.

- Arti Barakallahu Fiika adalah semoga Allah memberkahimu wahai pria.

- Arti Barakallahu Fiiki adalah semoga Allah memberkahimu wahai wanita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.