Sukses

13 Cara Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan Secara Alami, Efektif dan Mudah

Memiliki tubuh yang ideal menjadi idaman bagi para wanita, terutama setelah melahirkan.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan perlu diketahui oleh para wanita. Setelah melahirkan, bentuk tubuh wanita tidak serta-merta kembali ke bentuk semula, terutama bagian perut. 

Perlu diketahui, setelah melahirkan sang ibu mengalami penurunan berat badan sekitar 5 kilogram. Namun, penurunan berat badan ini tidak dapat mengecilkan dan mengencangkan perut ibu secara instan. Perlu waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk menyingkirkan perut buncit setelah melahirkan.

Dengan kondisi perut buncit tersebut banyak ibu yang merasa tidak percaya diri dengan penampilannya. Berbagai cara pun akhirnya dilakukan untuk mengembalikan bentuk perut seperti semula.

Beriut ini Liputan6.com ulas mengenai cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan secara alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan

1. Menyusui

Menyusui diketahui dapat menjadi cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan. Hal ini karena menyusui dapat membantu ibu membakar 300 kalori per hari, sehingga lebih cepat menurunkan berat badan dibandingkan ibu yang memberikan susu formula pada bayinya. Selain itu, menyusui juga memicu kontraksi yang membantu ibu mengecilkan rahim. Jika rahim mengecil, perut juga akan dengan mudah mengecil. Meski menyusui dapat membantu menurunkan berat badan, aktivitas ini tidak akan memengaruhi produksi ASI.

2. Berolahraga secara teratur

Tidak hanya menjadi cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan, olahraga juga dapat mengencangkan dinding perut dan membakar kalori. Ibu dapat mencoba berbagai olahraga ringan, seperti berjalan kaki, senam aerobik, yoga, peregangan, berenang, atau senam kegel. Namun, ibu sebaiknya menunggu hingga enam minggu setelah melahirkan jika ingin mulai berolahraga. Ibu juga disarankan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter guna menentukan durasi dan jenis olahraga yang sesuai.

3. Menjaga asupan makanan

Menjaga asupan makanan menjadi salah satu kunci dalam mengecilkan perut buncit setelah melahirkan. Bunda membutuhkan 1.800–2.200 kalori per hari, yang bisa diperoleh dari konsumsi protein, karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran, lemak tak jenuh, biji-bijian, dan makanan tinggi serat.

Selain itu, makanlah dengan porsi yang lebih kecil tetapi sering, dan hindari konsumsi makanan cepat saji. Jangan melakukan diet ekstrem yang dapat membuat tubuh kelaparan, stres, dan lelah karena bisa memengaruhi produksi ASI. Diet ekstrem juga membuat ibu tidak mendapat asupan gizi yang cukup, sehingga si kecil juga tidak mendapatkan nutrisi terbaik dari ASI anda.

3 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan

4. Menggendong si kecil

Menurut ahli kebugaran prenatal, menggendong si kecil setara dengan membawa beban seberat 3,6–5,4 kilogram. Jika ditambah dengan squat, menggendong si kecil dapat membantu ibu membentuk otot tubuh bagian bawah dan meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Minum banyak air

Minum segelas air sebelum makan dapat menekan keinginan untuk makan berlebihan, sehingga mampu menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan. Ibu juga dianjurkan untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari, untuk membuang racun tubuh dan mencukupi kebutuhan cairan. Minum air yang cukup juga dapat membantu ibu kenyang lebih lama.

6. Jalan kaki

Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan berikutnya adalah jalan kaki. Bentuk olahraga yang paling sederhana, tidak hanya setelah melahirkan, tapi secara umum adalah jalan kaki. Kelihatannya tidak banyak secara sekaligus, tetapi ketika Anda pulih dari nyeri tubuh yang sering terjadi dan sakit kepala, ini sangat bermanfaat.  Apalagi yang menyenangkan adalah si kecil bisa menjadi pendamping Anda. Menghabiskan malam dengan berjalan-jalan santai di taman adalah ide yang bagus. Menggendong bayi Anda di tas depan adalah ide yang bagus juga. Setelah Anda menguasai tubuh, Anda dapat membuat perubahan yang diperlukan.

4 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan

7. Memakai korset

Teknik tradisional mengikat perut dengan korset ini bertujuan untuk mengecilkan perut buncit setelah melahirkan, juga mengurani pembengkakak serta mendorong otot pada perut agar kembali seperti semula.

8. Yoga

Mengikuti yoga juga merupakan solusi yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit setelah melahirkan. Dengan melakukan yoga maka tubuh dan pikiran menjadi rileks sehingga membantu tubuh untuk memacu keluarnya hormon yang memiliki peranan penting dalam proses pembakaran di dalam tubuh.

9. Jangan tidur setelah makan

Membiasakan tidur setelah makan merupakan salah satu faktor penyebab perut menjadi buncit. Selain itu, perilaku ini juga bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan bagi tubuh karena bahan makanan dalam tubuh akan tertunda dicerna saat kita dalam keadaan tertidur. Hal nilah yang membuat penumpukan lemak dan kalori yang menyebabkan membuncitnya perut.

5 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan

10. Mengonsumsi teh dan jeruk nipis

Campurkan jeruk nipis pada teh tawar hangat, jangan memasukan jeruk nipis pada teh yang masih panas karena akan merusak kadar vitamin yang ada pada perasan jeruk nipis. Minumlah sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Pijat

Pijat bisa menjadi sangat efektif untuk menurunkan berat badan tanpa harus mengeluarkan keringat di gym. Dapatkan pijatan yang menargetkan perut Anda dan membantu mengurangi lemak perut. Ini akan melepaskan dan mendistribusikan lemak dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme, sehingga membantu Anda membuang lemak bayi. Pijat setiap minggu untuk melihat hasil terbaik.

12. Istirahat

Selain berolahraga dan yoga, ibu harus mendapatkan istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan. Hal tersebut juga menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan yang tidak boleh dilupakan. Tidak cukup istirahat menyebabkan penumpukan racun di dalam tubuh, yang menyebabkan peradangan. Ketika tubuh dalam keadaan peradangan terus menerus, itu menyebabkan reseptor lemak berpindah ke daerah pusat. Dan molekul lemak disimpan di daerah perut. Dengan bayi yang baru lahir di rumah, mungkin agak sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, tetapi istirahatlah sebanyak yang Anda bisa.

13. Minum air rebusan kayu manis

Menurut beberapa ahli, kayu manis memiliki khasiat yang baik dan cepat untuk mengatasi lemak di perut. Cara membuatnya yaitu dengan merebus air dengan kayu manis, cengkeh sampai mendidih. Lalu tunggu hangat dan minum air rebusan tersebut selama 40 hari berturut-turut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.