Sukses

6 Tujuan Jaringan Komputer dalam Kehidupan Sehari-Hari, Kenali Fungsinya

Liputan6.com, Jakarta Jaringan komputer adalah kumpulan komputer, server, mainframe, perangkat jaringan, periferal, atau perangkat lain yang terhubung untuk memungkinkan berbagi data. Jaringan komputer sekarang meluas dari kantor ke rumah, hingga dalam genggaman tangan. 

Dalam kehidupan sehari-hari, tujuan jaringan komputer membentuk dunia digital yang dinikmati saat ini. Tujuan jaringan komputer menambah kekuatan, fungsionalitas, dan fleksibilitas ke setiap lingkungan komputasi. Kini semua aspek kehidupan hampir menikmati manfaat dari tujuan jaringan komputer.

Tujuan jaringan komputer membantu menciptakan hubungan antara komputer dan perangkat lain. Di era digital saat ini, penting mengetahui tujuan jaringan komputer. Berikut 6 tujuan jaringan komputer, dirangkum Liputan6.com dari Techwalla, Jumat(18/3/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 9 halaman

Berbagi file dan data

Pada suatu waktu, file-sharing sebagian besar terdiri dari menyimpan dokumen ke floppy disk yang dapat ditransfer secara fisik ke komputer lain. Namun, dengan jaringan, file dapat dibagikan secara instan di seluruh jaringan, baik dengan satu pengguna atau dengan ratusan pengguna.

Misalnya, dengan jaringan komputer, karyawan di seluruh departemen dapat berkolaborasi dalam dokumen, bertukar materi latar belakang, merevisi spreadsheet, dan membuat penambahan dan pembaruan secara bersamaan ke satu basis data pelanggan pusat tanpa membuat versi yang bertentangan.

3 dari 9 halaman

Berbagi sumber daya

Tujuan jaringan komputer juga untuk berbagi sumber daya jaringan, seperti printer, server khusus, sistem cadangan, perangkat input, dan koneksi Internet. Dengan berbagi sumber daya, peralatan unik seperti pemindai, printer warna, atau mesin fotokopi berkecepatan tinggi dapat tersedia untuk semua pengguna jaringan secara bersamaan tanpa dipindahkan, menghilangkan kebutuhan akan redundansi yang mahal.

Terlebih lagi, sumber daya bersama yang spesifik dapat ditargetkan untuk mengirimkan dokumen atau hasil langsung ke kantor atau departemen yang membutuhkannya.

4 dari 9 halaman

Perlindungan data

Mencegah kehilangan data penting di era digita saat ini. Tujuan jaringan komputer ini bisa menyelamatkan data dari kerugian terhitung jumlahnya setiap tahun. Jaringan komputer bersama-sama memungkinkan pengguna untuk mendistribusikan salinan informasi penting di beberapa lokasi, memastikan informasi penting tidak hilang dengan kegagalan salah satu komputer dalam jaringan.

Dengan memanfaatkan sistem cadangan pusat baik di dalam maupun di luar lokasi, dokumen dan data unik dapat dikumpulkan secara otomatis dari setiap komputer di jaringan dan dicadangkan dengan aman jika terjadi kerusakan fisik komputer atau penghapusan yang tidak disengaja.

5 dari 9 halaman

Kemudahan administrasi

Petugas teknologi informasi (TI) dan administrator jaringan komputer menyukai sistem jaringan karena memungkinkan profesional TI untuk mempertahankan versi perangkat lunak, protokol, dan langkah-langkah keamanan yang seragam di ratusan atau ribuan komputer individu dari satu stasiun manajemen TI.

Alih-alih memutakhirkan secara individual setiap komputer di perusahaan satu per satu, administrator jaringan dapat memulai pemutakhiran dari server dan secara otomatis menduplikasi pemutakhiran di seluruh jaringan secara bersamaan, memungkinkan setiap orang di perusahaan untuk memelihara perangkat lunak, sumber daya, dan prosedur yang seragam.

6 dari 9 halaman

Komunikasi internal

Jaringan komputer juga memungkinkan organisasi untuk memelihara sistem komunikasi internal yang kompleks. Email jaringan dapat dikirim secara instan ke semua pengguna, sistem pesan suara dapat dihosting melalui jaringan dan tersedia di seluruh sistem dan perangkat lunak penjadwalan kolaboratif dan alat manajemen program memungkinkan karyawan untuk mengoordinasikan rapat dan aktivitas kerja yang memaksimalkan efektivitas, sementara juga memberi tahu manajer dan rekan kerja dari rencana dan kemajuan.

7 dari 9 halaman

Mendistribusikan Kekuatan Komputasi

Organisasi yang menuntut daya komputasi yang luar biasa mendapat manfaat dari jaringan komputer dengan mendistribusikan tugas komputasi di beberapa komputer di seluruh jaringan, memecahkan masalah kompleks menjadi ratusan atau ribuan operasi yang lebih kecil, yang kemudian dibagi ke komputer individu.

Setiap komputer dalam jaringan melakukan operasinya sendiri pada bagian masalah yang lebih besar dan mengembalikan hasilnya ke pengontrol, yang mengumpulkan hasil dan membuat kesimpulan yang tidak dapat diselesaikan oleh komputer sendiri.

8 dari 9 halaman

Fungsi jaringan komputer

Melansir Lifewire, sebuah pengertian jaringan paling sederhana selalu melibatkan dua atau lebih komputer yang dihubungkan baik secara fisik dengan kabel atau melalui koneksi Wi-Fi. Dengan ditautkan, komputer ini dapat berbagi sumber daya, file, atau koneksi internet tanpa terhubung secara manual pada setiap kesempatan.

Melansir Techwalla, jaringan komputer saat ini bertransmisi melalui koneksi kabel atau nirkabel. Transmisi kabel berjalan di sepanjang kabel atau kabel serat optik, sedangkan transmisi nirkabel menggunakan frekuensi radio dan/atau gelombang mikro. Jaringan nirkabel adalah yang paling populer.

9 dari 9 halaman

Komponen jaringan

Melansir Techtarget, pengertian jaringan komputer memerlukan penggunaan infrastruktur jaringan fisik. Ini termasuk sakelar, router, dan dan titik akses nirkabel. Jaringan juga memerlukan firmware dasar yang mengoperasikan peralatan tersebut. Komponen lainnya termasuk perangkat lunak yang diperlukan untuk memantau, mengelola, dan mengamankan jaringan.

Semua jaringan komputer mengikuti aturan komunikasi tertentu saat mengirim informasi bolak-balik. Ini disebut protokol jaringan. Informasi dikirim dalam bundel, atau dalam bentuk paket. Protokol jaringan yang berbeda menggunakan transmisi paket tertentu, atau packet switching.

Protokol jaringan juga menyediakan sarana di mana komputer dapat mengidentifikasi satu sama lain di jaringan. Ukuran dan tujuan jaringan akan menentukan jenis protokol jaringan yang digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.