Sukses

6 Potret Tjetjep Euwyong Heriyana, Juara GP Macau 1970 Asal Jawa Barat

Tjetjep Euwyong Heriyana pernah juarai GP Macau 1970.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Tanah AIr kini tengah menyoroti MotoGP yang akan berlangsung di sirkuit Mandalika, Lombok. Ajang balap bergengsi ini tentu menyita perhatian lantaran Mandalika merupakan sirkuit kebanggan Indonesia.

Selain sederet cerita para pembalap, beberapa kisah menarik juga datang dari ajang MotoGP ini. Salah satunya sosok pembalap legendaris Tjetjep Euwyong Heriyana asal Indonesia. Melalui akun Instagram Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, ia akan mengajak sang legenda untuk menonton di Mandalika.

"JUARA SEKELAS “MOTOGP” di tahun 1970 adalah pembalap Indonesia asal Jawa Barat.," tulis Ridwan Kamil di Instagram.

"Tjetjep Euwyong Heriyana nama si Pembalap itu. Beliau wara wiri ngabret ngebut berprestasi di berbagai international race di Monza Italia, Jerman, Jepang, Singapura dan puncaknya meraih Juara di Macau Grand Prix di tahun 1970. Iyah, JUARA." lanjutnya lagi.

Kini Tjetjep telah berusia 83 tahun dan menghabiskan waktunya di atas kursi roda. Hal itu dikarenakan insiden kecelakaan yang dialaminya. Pernah harumkan nama bangsa, berikut ini 6 potret Tjetjep Euwyong Heriyana yang dirangkum dari Instagram @ridwankamil oleh Liputan6.com, Minggu (20/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Inilah sosok Tjetjep Euwyong Heriyana, legendaris pembalap Indonesia yang kini sudah berusia 83 tahun.

3 dari 7 halaman

2. Tjetjep mengharumkan nama bangsa dengan pernah balapan di Italia, Jerman, Jepang, Singapura, hingga meraih juara di Macau pada 1970.

4 dari 7 halaman

3. 'Beliau wara wiri ngabret ngebut berprestasi di berbagai international race di Monza Italia, Jerman, Jepang, Singapura dan puncaknya meraih Juara di Macau Grand Prix' tulis Ridwan Kamil.

5 dari 7 halaman

4. Ini momen Ridwan Kamil mengajak Tjetjep berkeliling di seputaran Kota Mataram.

6 dari 7 halaman

5. Mengetahui jika MotoGP akan digelar di Indonesia, Tjetjep pun berkeinginan untuk menonton langsung.

7 dari 7 halaman

6. Gubernur Jawa Barat itu pun membiayai tiket MotoGP, tiket pesawat hingga biaya akomodasi untuk sang legenda pembalap Tanah Air itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.