Sukses

12 Wisata Wonogiri yang Indah dan Wajib Dikunjungi, dari Bukit Hingga Pantai

Liputan6.com, Jakarta Wisata Wonogiri merupakan salah satu destinasi anti-mainstream yang bisa kamu kunjungi. Pasalnya, salah satu daerah di Jawa Tengah ini menyimpan pesona wisata yang mungkin belum terlalu banyak dijamah dan diketahui orang.

Letak geografis Wonogiri membuatnya kaya dengan pegunungan karst. Jadi, tidak heran bila kamu akan banyak menemukan perbukitan yang menawarkan pemandangan alam yang menawan. Selain itu, lokasi Wonogiri di bagian selatan juga memiliki daerah pantai yang indah.

Wisata Wonogiri patut menjadi salah satu destinasi bagi kamu yang mencari ketenangan. Wonogiri punya tempat wisata unggulan, yaitu Waduk Gajah Mungkur. Tapi, kamu perlu mengetahui berbagai keindahan yang ada di Wonogiri lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (20/3/2022) tentang wisata Wonogiri.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Wisata Wonogiri Alam Hijau

Bukit Cumbri

Wisata Wonogiri pertama yaitu destinasi alam perbukitan, yaitu Bukit Cumbri. Menikmati keindahan alam dari ketinggian di Bukit Cumbri akan membuatmu terpana dengan ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Terdapat sebuah batu di tebing bukit yang menjadi ciri khas dari bukit Cumbri ini.

Di sini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah dari ketinggian. Apalagi kalau datang di waktu yang tepat, makin menambah keindahan alam Wonogiri yang bisa dilihat dari ketinggian ini. Tak heran, kalau bukit ini menjadi destinasi populer di Wonogiri.

Arena Papan Luncur Olahraga Gantole

Wisata Wonogiri juga memiliki tempat khusus yang dapat digunakan untuk olahraga gantole. Tempat ini terletak di bukit Desa Sendang. Arena papan luncur ini juga sudah biasa digunakan oleh atlet gantole serta paralayang. Terdapat dua tingkat ketinggian pada bukit ini, yaitu ketinggian 200 meter dan 400 meter. Kalau Anda ingin mencoba olahraga gantole ini, langsung saja datang ke Wonogiri ini.

Alas Kethu

Wisata Wonogiri lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Alas Kethu. Tempat wisata ini berupa hutan jati yang rindang, kayu putih, dan mahoni sehingga menjadi paru-paru kota di Wonogiri. Tempat wisata ini terletak di jantung kota Wonogiri, jadi sangat mudah untuk dijangkau. Biasanya, tempat ini sering dijadikan lokasi syuting. Buat kamu yang ingin mencari suasana liburan yang menenangkan, bisa menjadikan Alas Kethu sebagai pilihannya.

3 dari 5 halaman

Wisata Wonogiri Air

Waduk Gajah Mungkur

Tempat wisata Wonogiri ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Saat kamu mulai masuk ke objek wisata Waduk Gajah Mungkur ini, kamu akan melihat patung Bedol Desa yang terletak di depan pintu masuk menuju area rekreasi danau. Di sini kamu bisa menikmati keindahan Waduk Gajah Mungkur dengan berkeliling menggunakan kapal boat yang disewakan oleh pihak pengelola. Selain itu, di sini juga bisa memancing dan melakukan aktivitas lainnya.

Telaga Claket Wonogiri

Wisata Wonogiri dengan keindahan alam lainnya adalah Telaga Claket. Tempat ini dikelilingi oleh bukit-bukit. Telaga Claket ini masih sangat natural dan alami menyatu dengan alam. Kamu bisa menikmati indahnya telaga ini dengan duduk di area gazebo.

Air Terjun Girimanik

Kalau kamu ingin mencari ketenangan, bisa bergeser sedikit ke wisata airnya seperti sungai. Di Wonogiri juga memiliki sungai yang tidak kalah indahnya dengan panorama di pantai. Salah satu sungai yang sangat indah adalah sungai yang berakhir di air terjun Girimanik. Sungai ini memiliki tiga buah air terjun, yaitu air terjun Manikmoyo, Tejomoyo, dan Condromoyo.

Ketiga air terjun ini berada tepat di sisi selatan Gunung Lawu, tepatnya di kawasan wisata Girimanik, Setren. Kamu bisa menempuhnya dari pusat kota Wonogiri dengan mengambil ke arah timur menuju kabupaten Ponorogo, yang berjarak sekitar 35 kilometer.

 

4 dari 5 halaman

Wisata Wonogiri Pantai

Pantai Nampu

Wisata Wonogiri selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Pantai Nampu. Pantai ini menawarkan sejuta pesona keindahan alam dengan hamparan pantai berpasir putih dan batu karang cantik yang masih terjaga kealamiannya. Deburan ombak di sini beradu dengan bebatuan karang yang menjadi salah satu pesona keindahan yang dimiliki pantai ini. Pantai ini memiliki sekitar 3 titik pantai yang dipisahkan dengan sebuah gundukan daratan. Untuk mencapai ke pantai ini, kamu membutuhkan jarak tempuh sekitar 70 kilometer dari kota Wonogiri.

Pantai Banyutowo

Tidak kalah indahnya dengan Pantai Nampu, Pantai Banyuwoto ini juga memiliki keunikannya sendiri, yaitu airnya tidak asin. Soalnya, Pantai Banyuwoto ini merupakan muara atau tempat pertemuan antara air tawar sungai dan air laut. Air tawar yang bersumber dari air bawah tanah ini bermuara di tepi pantai.

Selain itu, pemandangan pantainya juga sangat memesona. Kamu dapat melihat langsung air tawar yang terjatuh dari bebatuan karang tepat di bibir pantai. Jika dilihat dari kejauhan, airnya nampak bening. Tidak berhentinya dibuat untuk berdecak kagum. Kecantikan pantai ini dipoles juga dengan hamparan karst yang terbentang di sepanjang pantai. Hal ini membuat Pantai Banyutowo menjadi salah satu destinasi wajib saat berkunjung ke Wonogiri.

Pantai Sembukan

Masih berasal dari pantai, yaitu Pantai Sembukan. Pantai ini sangat banyak menyimpan keindahan pesona alam dan mitos yang tersembunyi rapat, yang terletak di balik bebatuan karang-karangnya yang besar. Wisata Wonogiri yang satu ini memang sudah dikenal oleh kalangan para aktivis spiritual. Namun dengan begitu, tidak perlu takut, kamu tetap bisa mengunjungi pantai ini dengan aman. Pantai ini terletak di Dusun Sembukan, Kecamatan Paranggupito, tepatnya berada di ujung selatan Wonogiri atau sekitar 40 kilometer dari pusat kota.

5 dari 5 halaman

Wisata Wonogiri Lainnya

Soko Langit

Wisata Wonogiri yang lainnya adalah Soko Langit. Kamu dapat menikmati sejuknya air kolam renang sambil melihat hamparan sawah dan pegunungan hijau yang mampu menyegarkan mata di sini. Pemandangan tersebut tidak hanya dapat dinikmati di area kolam renang, namun juga dapat dilihat dari gardu pandang. Soko Langit berlokasi di Dusun Nglarangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto.

Kampung Bali

Wisata Wonogiri yang lainnya adalah Kampung Bali. Di sini, kamu bisa menikmati nuansa Pulau Dewata sembari berfoto-foto di sejumlah spot foto kekinian, seperti gapura emas dan bangunan Villa Abimana. Selain itu, kamu juga bisa berwisata kuliner di Kampung Bali ini. Beragam menu dengan kisaran harga mulai dari Rp 15.000–Rp 26.000-an siap disajikan, mulai dari ayam goreng, bebek goreng sambal matah, hingga berbagai minuman, termasuk wedang uwuh.

Museum Sewu Rai

Wisata Wonogiri yang lainnya adalah Museum Sewu Rai. Lokasinya berada di Jalan altrenatif Jatiroto-Wonogiri, Gupit, Kebonagung, Sidoharjo. Di sini, kamu dapat melihat beragam topeng dengan ekspresi yang berbeda-beda. Museum Sewu Rai memiliki beberapa spot menarik yang Instagramable.

Salah satunya adalah area bernuansa Jepang yang dipenuhi dengan lentera merah dan bunga sakura. Selain dapat berfoto di bawah lentera yang digantung di deretan gapura dengan hiasan tanaman rambat, ada juga beberapa bangunan kayu yang terlihat menarik untuk dijadikan spot berfoto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.