Sukses

Tujuan Pengendalian Internal, Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

Pengendalian internal terutama penting dalam bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Tujuan pengendalian internal penting dalam menjalankan sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan menetapkan tujuan pengendalian internal untuk melindungi kepentingan perusahaan. Tujuan pengendalian internal yang kuat dapat meningkatkan efisiensi operasional.

Salah satu tujuan pengendalian internal dimaksudkan untuk mendeteksi potensi kesalahan sebelum terjadi. Pengendalian internal terutama penting dalam bisnis. Tujuan pengendalian internal memberikan kohesi dan konsistensi untuk menetapkan protokol dalam bisnis.

Tujuan pengendalian internal akan membantu perusahaan menjaga organisasi dan mencapai tujuannya. Berikut tujuan pengendalian internal, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(21/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Pengertian pengendalian internal

Menurut The Committee of Sponsoring Organizations, pengendalian internal adalah proses yang dilaksanakan oleh dewan direksi, manajemen, dan mereka yang berada di bawah arahannya untuk memberikan keyakinan memadai bahwa tujuan pengendalian tercapai sehubungan dengan efektivitas dan keefektifan operasi, keandalan pelaporan keuangan, dan kepatuhan terhadap undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Menurut The American Institute of Certified Public Accountans, pengendalian adalah rencana organisasi dan semua ukuran dan metode terkoordinasi yang diterapkan dalam suatu perusahaan untuk melindungi aktiva, menjaga keakurasian dan keterpercayaan data akuntansi, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan kepatuhan terhadap kebijakan manajemen.

3 dari 8 halaman

Pengertian pengendalian internal secara umum

Pengendalian internal adalah proses dimana manajemen menyusun suatu organisasi untuk memberikan jaminan bahwa suatu entitas beroperasi secara efektif dan efisien, memiliki sistem pelaporan keuangan yang andal dan mematuhi undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Pengendalian internal adalah prosedur dan proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencegah penipuan, meningkatkan akuntabilitas, dan memastikan integritas data keuangan. Pengendalian internal bersifat unik untuk setiap perusahaan dan dirancang sesuai dengan ukuran dan struktur perusahaan. Tujuan pengendalian internal adalah untuk memenuhi tujuan perusahaan dan melindungi kepentingan perusahaan.

4 dari 8 halaman

Tujuan pengendalian internal

Tujuan pengendalian internal yang paling utama adalah untuk membantu menjaga organisasi dan mencapai tujuannya. Pengendalian internal berfungsi untuk meminimalkan risiko dan melindungi aset, memastikan keakuratan catatan, meningkatkan efisiensi operasional, dan mendorong kepatuhan terhadap kebijakan, aturan, peraturan, serta undang-undang.

Pengendalian internal dirancang untuk memberikan jaminan yang masuk akal mengenai pencapaian tujuan dalam kategori efektivitas dan efisiensi operasi, keandalan pelaporan keuangan, dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.

5 dari 8 halaman

Komponen dalam pengendalian internal

Menurut Committee of Sponsoring Organizations of the Treatway Commission (COSO), ada 5 komponen pengendalian internal. Ini meliputi pemantauan, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, penilaian risiko dan lingkungan pengendalian.

Pemantauan

Pemantauan atau pengawasan melibatkan evaluasi kinerja karyawan dan dilakukan dengan menyelesaikan penilaian diri atau tinjauan sejawat. Pemantauan melibatkan penggunaan evaluasi oleh manajemen dan pihak ketiga dari kontrol yang ada untuk mengidentifikasi masalah dan mengomunikasikan masalah ini kepada pihak yang tepat untuk diambil tindakan korektif.

Aktivitas pengendalian

Aktivitas pengendalian membantu mengurangi dan mengelola risiko dalam suatu organisasi. Misalnya, kata sandi ditempatkan pada program komputer untuk mencegah akses yang tidak sah. Aktivitas pengendalian adalah kebijakan dan prosedur yang membantu memastikan arahan manajemen dilaksanakan. Mereka mencakup berbagai kegiatan yang beragam seperti persetujuan, otorisasi, verifikasi, rekonsiliasi, tinjauan kinerja operasi, keamanan aset dan pemisahan tugas.

6 dari 8 halaman

Komponen dalam pengendalian internal

Informasi dan komunikasi

Informasi dan komunikasi melibatkan penyediaan karyawan dan pelanggan dengan kemampuan untuk mengekspresikan dan mengumpulkan informasi. Komunikasi dan informasi yang sukses berkisar dari teknologi komputer yang canggih hingga pertemuan staf yang diadakan secara teratur.

Penilaian risiko

Penilaian risiko adalah proses manajemen untuk mengidentifikasi risiko dan menilai kemungkinan dan dampak dari suatu peristiwa risiko. Penilaian risiko adalah proses untuk mengidentifikasi potensi risiko dan menganalisis apa yang bisa terjadi jika risiko terjadi. Ini mengambil penilaian risiko dan memetakan kontrol internal ke risiko untuk menentukan apakah ada kesenjangan antara risiko dan kontrol.

Pengendalian lingkungan

Pengendalian lingkungan adalah seperangkat standar, proses, dan struktur yang memberikan dasar untuk melaksanakan pengendalian internal di seluruh organisasi. Pengendalian lingkungan mengatur nada suatu entitas, mempengaruhi kesadaran kontrol orang-orang dalam suatu organisasi dan merupakan dasar untuk semua komponen lain dari sistem pengendalian internal.

7 dari 8 halaman

Manfaat pengendalian internal

Menetapkan proses

Pengendalian internal menguraikan protokol dan prosedur karyawan sehingga karyawan tidak dibiarkan menebak-nebak bagaimana melakukan tugas pekerjaan mereka atau prosedur mana yang harus diikuti.

Meningkatkan kinerja proses

Saat proses diimplementasikan, pemantauan terus menerus terhadap efektivitasnya membantu manajemen membuat keputusan tentang apakah proses tersebut berjalan atau jika perlu perhatian tambahan.

Meningkatkan efisiensi operasional

Pengendalian internal dapat meningkatkan efisiensi operasi dengan menghilangkan langkah-langkah yang tidak perlu atau duplikat dalam suatu prosedur atau proses.

8 dari 8 halaman

Manfaat pengendalian internal

Membuat tugas tetap terpisah

Pengendalian internal memastikan pemisahan tugas untuk menghindari konflik kepentingan dan mengurangi kemungkinan salah urus keuangan.

Mengurangi risiko bisnis

Salah satu fungsi pengendalian internal adalah untuk membatasi kerugian perusahaan akibat penyelewengan atau penyalahgunaan dana oleh karyawan atau manajemen.

Mengatur informasi

Kontrol internal melindungi kepentingan perusahaan dan klien dengan membuat sistem untuk mengarsipkan data atau dokumen klien, atau dengan menerapkan pembatasan seperti mengharuskan kata sandi untuk mengakses data.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.