Sukses

Contoh Gerak Lokomotor, Pengertian, dan Manfaatnya untuk Tubuh

Contoh gerak lokomotor terdiri dari gerakan-gerakan sederhana yang membuat seseorang berpindah tempat.

Liputan6.com, Jakarta Contoh gerak lokomotor perlu dikenali oleh setiap orang. Pasalnya, gerakan satu ini memiliki manfaat yang baik untuk seseorang yang melakukannya secara rutin. Gerak lokomotor adalah gerakan yang menyebabkan perpindahan tubuh dari satu tempat ke tempat lain. 

Gerak lokomotor biasanya diajarkan pada anak anak usia dini, yakni saat latihan keterampilan gerak. Keterampilan gerak lokomotor bisa berkembang dari hasil tingkat kematangan perkembangan tertentu. Namun, latihan secara rutin memiliki peran penting untuk mencapai kecakapan lokomotor.

Contoh gerak lokomotor terdiri dari gerakan-gerakan sederhana yang membuat seseorang berpindah tempat. Beberaa di antaranya yaitu berjalan,berlari, melompat, memanjat, hingga skipping. Kamu bisa melakukannya di rumah dalam rangka menjaga kesehatan dan kebugaran.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/3/2022) tentang contoh gerak lokomotor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Gerak Lokomotor

Sebelum mengenali contoh gerak lokomotor, kamu tentunya perlu memahami apa itu gerak lokomotor terlebih dahulu. Gerak lokomotor adalah bagian dari gerak untuk bisa berpindah tempat dengan sesuatu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gerak lokomotor adalah gerak berpindah tempat.

Sementara menurut keterangan tertulis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian gerak lokomotor adalah gerakan tubuh yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat. Pada umumnya, gerak lokomotor adalah menggunakan kaki sebagai penunjang utama gerakan.

Gerak lokomotor ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling. Contoh gerak lokomotor di antaranya adalah berjalan, berlari, melompat, meloncat, dan meluncur. Gerak lokomotor adalah gerak memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

3 dari 5 halaman

Contoh Gerak Lokomotor

Mengutip materiipa, berikut contoh gerak lokomotor yang bisa kamu lakukan:

1. Berjalan

Contoh gerak lokomotor yang pertama yaitu berjalan. Berjalan merupakan gerakan tubuh untuk memindahkan tubuh dari tempat yang satu menuju tempat yang lainya dengan cara melakukan langkah kaki secara bergantian.

2. Berlari

Berlari adalah gerakan yang dilakukan seperti berjalan, namun dengan tempo yang dipercepat.

3. Melompat

Contoh gerak lokomotor berikutnya yaitu melompat. Melompat dilakukan dengan menolakkan badan ke atas dan kemudian mendarat menggunakan satu kaki. Gerakan ini memerlukan kekuatan otot, keseimbangan tubuh, serta koordinasi tubuh.

4. Berjingkat

Berjingkat merupakan gerakan memindahkan tubuh dengan memakai satu kaki untuk menumpu dan bergerak, sementara kaki yang ditekuk di lutut.

5. Merayap

Contoh gerak lokomotor selanjutnya adalah merayap. Gerakan merayap dilakukan dengan posisi badan tengkurap di lantai dengan posisi kepala sedikit diangkat, kemudian tangan digerakan maju secara bersama.

6. Meloncat

Berbeda dengan melompat, gerak meloncat dilakukan dengan menolakkan badan ke atas dan mendarat menggunakan dua kaki. Keseimbangan, kelincahan, dan koordinasi dari tubuh sangat harus diperhatikan.

7. Menderap

Gerakan menderap atau sering juga disebut dengan mencongklang merupakan salah satu contoh gerak lokomotor. Menderap adalah aktivitas gerak jalan yang dipadukan dengan lompatan, baik ke depan atau ke belakang, dan dilakukan dengan menggunakan kedua kaki.

8. Memanjat

Memanjat merupakan gerakan yang dilakukan untuk memindahkan seluruh tubuh menuju ke atas dengan bertumpu pada benda. Cara melakukan geraknya adalah dengan mencengkramkan dengan kedua tangan kemudian menarik tubuh ke atas dengan dibantu pijakan kaki.

9. Rolling

Contoh gerak lokomotor lainnya adalah rolling. Gerakan rolling adalah gerak berguling baik ke depan atau ke belakang. Gerak rolling ke depan dilakukan dengan bertumpuan pada kedua telapak tangan.

10. Skipping

Skipping dapat diartikan sebagai gerakan yang berasal dari campuran antara gerakan berjalan dan berjingkat secara berurutan atau bergantian. Setelah berjalan satu langkah lalu dilanjut dengan berjingkat, seperti itu seterusnya dengan bergantian kaki kanan dan kiri.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Gerak Lokomotor

Setelah memahami contoh gerak lokomotor, kamu tentunya penasaran dengan manfaatnya. Mengutip dari Bola.com, berikut beberapa manfaat gerak lokomotor:

- Kesadaran tubuh sendiri.

- Kesadaran konsep arah.

- Melatih kelincahan dan ketangkasan.

- Sebagai gerakan dasar yang biasa dilakukan manusia.

- Melatih keterampilan dan keberanian dalam melakukan suatu gerakan.

- Melatih kekuatan dan keseimbangan tubuh.

- Mengembangkan kemampuan mengenali ruang.

- Menjaga kesehatan dan kebugaran badan.

5 dari 5 halaman

Contoh Gerak Manipulatif

Gerak manipulatif adalah salah satu jenis gerak dalam olahraga, di samping gerak lokomotor dan gerak non-lokomotor. Sederhananya, gerak manipulatif adalah gerak memainkan benda atau alat tertentu, seperti bola, raket, atau kayu pemukul. Gerakan ini perlu dipelajari dalam olahraga karena digunakan dalam berbagai teknik dasar olahraga.

Contoh gerak manipulatif adalah sebagai berikut:

1. Melempar

Melempar adalah suatu keterampilan manipulatif yang kompleks di mana satu atau dua tangan digunakan untuk melontarkan suatu objek menjauhi tubuh ke ruang tertentu.

2. Menangkap

Menangkap adalah gerakan yang melibatkan penghentian momentum suatu objek dan menambahkan kontrol terhadap objek tersebut dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan.

3. Menendang

Menendang adalah suatu pola keterampilan manipulatif yang menggunakan kaki untuk memukul suatu benda. Jenisnya yang pertama yaitu tendangan kura-kura kaki, yaitu tendangan dengan bagian atas atau punggung kaki, dan tendangan dengan bagian dalam kaki.

4. Menggiring

Menggiring (bola) adalah keterampilan manipulatif khusus yang berkaitan dengan kegiatan menggerakkan suatu benda (bola) dengan pengontrolan dan penguasaan yang terus-menerus. Keterampilan menggiring ini dibedakan antara menggiring bola dengan kaki dan menggiring bola dengan tangan.

5. Memukul

Memukul adalah keterampilan yang dilakukan menggunakan satu atau dua tangan, dapat juga menggunakan alat untuk menunjukkan daya dorongan kepada suatu obyek. Gerak manipulatif yang satu ini sering dilatih dengan memakai benda bergerak, contohnya memukul bola menggunakan tongkat dalam permainan bola kasti atau soft ball.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.