Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Poster? Ciri, Fungsi, dan Tujuannya

Poster punya banyak tujuan.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan poster termasuk media promosi yang sering ditemui. Poster biasanya ditempel di tempat umum untuk menginformasikan sesuatu. Apa yang dimaksud dengan poster masih menjadi alat promosi yang efektif.

Tema poster berkisar pada acara budaya, sosial, politik, wisata atau olahraga, dan tema yang lebih luas lagi. Apa yang dimaksud dengan poster bahkan sudah digunakan sejak ratusan tahun lalu.

Apa yang dimaksud dengan poster adalah bahasa slogan, yang mendorong penyederhanaan. Poster mampu menjangkau audiens yang luas. Apa yang dimaksud dengan poster ditempatkan di area yang sesuai di ruang publik untuk menyampaikan pesan.

Tujuan utama dari apa yang dimaksud dengan poster adalah membuat penasaran orang yang lewat dan mengirim pesan. Berikut apa yang dimaksud dengan poster, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(22/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa yang dimaksud dengan poster?

Menurut KBBI, apa yang dimaksud dengan poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum. Poster adalah pemberitahuan atau gambar tercetak besar yang ditempel di dinding untuk mengumumkan atau mengiklankan sesuatu. Poster biasanya berupa pengumuman atau iklan.

Poster adalah media untuk menyampaikan pesan dengan cara yang lebih informatif dan menarik. Biasanya, poster mencakup elemen tekstual dan grafis, meskipun poster dapat berupa teks seluruhnya atau seluruhnya. Poster dirancang agar menarik dan informatif. Poster dapat digunakan untuk berbagai tujuan.

Melansir Ensiklopedia Britannica, poster adalah pengumuman kertas cetak atau iklan yang dipertontonkan secara umum. Baik mempromosikan produk, acara, atau sentimen (seperti patriotisme), poster harus segera menarik perhatian orang yang lewat.

Di zaman modern ini, poster biasanya digunakan sebagai bentuk iklan, tetapi juga digunakan oleh pengunjuk rasa dan propagandis untuk menyampaikan pesan tertentu. Poster biasanya dirancang untuk mengirim pesan, tetapi juga harus secara estetika menarik perhatian.

3 dari 6 halaman

Ciri-ciri poster

Ciri-ciri apa yang dimaksud dengan poster adalah:

- Memuat komposisi huruf dan gambar

- Dibuat dengan menggunakan bahasa yang singkat padat, dan jelas

- Berisi sesuatu yang menarik perhatian orang

- Ukurannya disesuaikan dengan tempat pemasangan

- Menggunakan perpaduan warna yang kuat dan kontras

4 dari 6 halaman

Fungsi poster

Fungsi apa yang dimaksud dengan poster adalah untuk menangkap audiens yang bergerak dengan sebuah pesan. Poster biasanya dirancang untuk menyampaikan pesan, tetapi juga harus secara estetika menarik perhatian orang yang lewat. Fungsi poster secara umum adalah:

- sebagai penggerak perhatian masyarakat

- sebagai petunjuk

- sebagai peringatan

- sebagai pengalaman kreatif

- sebagai alat kampanye

5 dari 6 halaman

Tujuan poster

Tujuan apa yang dimaksud dengan poster adalah menarik perhatian, menginformasikan, meyakinkan dan memprovokasi. Jika audiens merasa terpanggil, poster dapat memengaruhi keputusannya melalui teks dan gambar. Poster yang dirancang secara optimal menarik keingintahuan audiens, dan juga secara tidak sadar sisi emosionalnya.

Reaksi audiens terhadap poster bergantung pada minat, kecenderungan, dan terutama situasi sosialnya. Akibatnya, setiap audiens dapat menafsirkan poster secara berbeda, berdasarkan asalnya, latar belakang, dan realitas sosial serta politik.

6 dari 6 halaman

Komponen poster

Penyaji menggunakan apa yang dimaksud dengan poster untuk menarik audiens untuk membaca tentang pekerjaan mereka, dan memahami dan mengingat informasi yang disajikan. Maka dari itu, penting memperhatikan komponen utama poster. Berikut komponen poster:

Pesan

Komponen utama poster adalah pesan. Poster harus berisi pesan yang menarik perhatian, menginformasikan, dan meyakinkan. Poster biasanya dirancang untuk menyampaikan pesan, tetapi juga harus secara estetika menarik perhatian orang yang lewat.

Judul

Judul adalah indikator deskriptif dari isi poster, dan tidak boleh melebihi dua baris teks. Untuk judul, sebaiknya gunakan font 48 poin (atau lebih besar) dan huruf tebal.

Teks

Poster biasanya menggunakan sekitar 800 kata (dan tidak lebih dari 1000 kata) teks. Teks perlu diatur menjadi beberapa bagian dan diberi label dengan judul bagian yang sesuai sehingga pembaca dapat dengan mudah menavigasi isi poster.

Grafis

Grafis harus muncul dalam konteks dengan teks utama. Saat memilih grafik, selalu pilih gambar beresolusi tinggi (300 dpi atau lebih tinggi), dan pastikan gambar ini cukup besar sehingga orang yang berdiri sejauh 5 kaki dapat melihatnya.

Ruang putih

Ruang putih ada sebagai fitur utama karena diperlukan untuk menentukan batas presentasi. Ini juga menciptakan​“ ruang bernapas” di dalam poster yang membantu pemirsa agar tidak merasa kewalahan dengan informasi yang disajikan.

Tata letak

Tata letak yang tepat untuk poster akan menjadi yang paling menggambarkan tujuan. Beberapa opsi populer termasuk kolom vertikal, bidang kontras, dan desain yang berpusat pada grafis.

Alur

Alur berkoordinasi dengan bagaimana mata bergerak di sekitar berbagai bagian poster. Dalam desain poster terbaik, alurnya logis dan pembaca tidak pernah bingung bagaimana menemukan informasi di poster atau bagaimana menghubungkan titik-titik di antara bagian yang berbeda.

Warna

Menambahkan warna pada presentasi adalah cara terbaik untuk menarik perhatian pembaca dan menentukan bagian berbeda dari poster. Tetapi warna harus selalu digunakan dengan hemat dan dengan pertimbangan yang matang. Perubahan sembarangan dalam font dan warna hanya mengalihkan perhatian dari pesan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.