Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Iklan? Berikut Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Apa yang dimaksud dengan iklan perlu kamu pahami dalam kegiatan promosi dan pemasaran.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan iklan perlu kamu pahami dalam kegiatan promosi dan pemasaran. Iklan memiliki dampak yang sangat besar terhadap penjualan dan keuntungan pengiklan. Iklan membuat suatu produk atau merek lebih dikenali masyarakat.

Tujuan iklan yang paling utama tentunya adalah untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan. Sementara itu, secara umum tujuan iklan sama saja seperti tujuan promosi. Mengenali tujuan iklan dapat membantu kamu menyusun promosi dengan baik.

Apa yang dimaksud dengan iklan perlu diketahui jenis-jenisnya hingga fungsinya. Iklan biasanya disampaikan melalui media seperti televisi, radio, surat kabar dan internet. Iklan tentunya harus benar-benar dimanfaatkan bagi pemilik usaha untuk mempromosikan produknya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/3/2022) tentang apa yang dimaksud dengan iklan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Iklan?

Apa yang dimaksud dengan iklan? Hal ini tentu harus dipahami oleh orang-orang yang bekerja atau terlibat dalam kegiatan promosi dan pemasaran. Apa yang dimaksud dengan iklan yaitu media informasi yang berisi tentang pesan, yang memiliki tujuan untuk membujuk dan mengajak orang, untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Selain digunakan untuk promosi masalah komersial, iklan juga digunakan untuk membuat pembaca melakukan hal yang baik.

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa yang dimaksud dengan iklan yaitu berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Apa yang dimaksud dengan iklan juga didefinisikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Pengertian iklan menurut para ahli

Menurut Rachmat Kriyantono, apa yang dimaksud dengan iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk, yang pesannya disampaikan melalui sebuah media, yang dibiayai oleh pemrakarsa dan ditujukan untuk seluruh masyarakat.

Sementara itu, menurut Rhenald Kasali, apa yang dimaksud dengan iklan adalah sebuah pesan yang menawarkah suatu produk, yang ditujukan kepada masyarakat melalui sebuah media.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Iklan

Apa yang dimaksud dengan iklan tentunya memiliki jenis-jenis tertentu yang perlu kamu kenali. Berikut jenis-jenis iklan yang perlu kamu ketahui:

- Iklan cetak. 

Iklan cetak adalah iklan yang ada pada media cetak seperti majalah, surat kabar, poster, atau selebaran. Hingga kini iklan cetak masih jadi cara yang efektif untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa.

- Baliho. 

Baliho banyak ditemukan menjulang tinggi di kota-kota di seluruh dunia. Baliho atau papan reklame dapat menjadi iklan produk statis atau bergerak untuk hampir semua hal.

- Iklan Televisi. 

Iklan televisi adalah cara paling populer untuk menampilkan produk kepada orang-orang selama lebih dari 50 tahun. Daya tariknya hanya sedikit menurun sejak pemasaran digital dan seluler mulai populer. Namun, jenis iklan ini masih tetap efektif sebagai media promosi.

- Iklan Radio. 

Iklan radio, meskipun hanya audio, tanpa gambar untuk dipasangkan, masih sangat efektif. Ada dua audiens yang berbeda: audiens yang lebih tua dan mereka yang mendengarkan radio selama perjalanan kerja mereka. Membuat iklan yang pendek dan langsung ke intinya akan membuat pendengar tetap tertarik.

- Iklan Media Sosial. 

Platform Media Sosial semakin populer dan menjadi media periklanan yang sangat efektif saat ini. Menempatkan iklan promosi di situs yang disukai ini sangat bagus karena Anda dapat menargetkan demografi lebih dekat daripada sebelumnya. Dengan iklan media sosial, pengiklan bisa memilih kelompok usia, minat, lokasi, dan banyak lagi hanya dengan beberapa klik.

- Iklan Penelusuran dan Tampilan. 

Iklan melalui mesin pencari juga menjadi jenis iklan yang sangat efektif pada masa saat ini. Jenis iklan ini memanfaatkan penggunaan iklan pencarian dan tampilan yang disesuaikan dengan pencarian kata kunci. Bentuk iklan promosi ini sangat bagus untuk penargetan ulang dan pemasaran ulang kepada orang-orang yang pernah mengunjungi situs web pengiklan.

- Periklanan Seluler. 

Penggunaan seluler telah berkembang sepuluh kali lipat dalam waktu yang singkat. Iklan yang memprioritaskan seluler dapat mencakup iklan SMS, iklan aplikasi, dan iklan situs web yang ditujukan untuk pengguna seluler.

- Pop-up. 

Menggunakan popup yang menyertakan iklan juga menjadi iklan digital yang menjanjikan. Pop-up yang memberikan kode diskon atau tautan ke produk persis yang dicari calon konsumen dapat membuat perbedaan besar bagi pelanggan potensial.

4 dari 4 halaman

Fungsi Iklan

Apa yang dimaksud dengan iklan tentunya memiliki fungsi tertentu yang bisa didapatkan. Berikut fungsi iklan yang bisa didapatkan oleh perusahaan:

- Mempromosikan produk. 

Membuat iklan produk adalah langkah pertama yang penting dalam siklus hidup produk. Iklan berfungsi sebagai pengantar produk untuk para calon konsumennya. Iklan juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memperkenalkan nama perusahaan atau merk ke audiens.

- Memberi informasi. 

Iklan membuat konsumen sadar akan merek atau produk baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat produk, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif. Iklan juga memfasilitasi pengenalan produk baru.

- Membujuk audiens. 

Salah satu ciri iklan adalah adanya pesan persuasif. Tujuan utama iklan adalah membujuk pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.

- Pengingat. 

Iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. Iklan yang efektif juga meningkatkan konsumen terhadap merek yang sudah ada dan pembelian sebuah merek yang mungkin tidak akan dipilihnya.

- Penambahan nilai. 

Iklan memberi nilai tambah yang berupa inovasi, penyempurnaan kualitas atau mengubah persepsi konsumen. Periklanan yang efektif menyebabkan merek dipandang sebagai lebih elegan, lebih bergaya, lebih bergengsi dan bisa lebih unggul dari tawaran pesaing.

- Pendampingan. 

Pada saat lain periklanan adalah pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran.

- Kompetisi. 

Periklanan memungkinkan seseorang mengadu bisnisnya dengan pesaing di panggung publik. Bagaimana ia dan pesaingnya bereaksi sangat penting karena hal itu membentuk pasar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.