Sukses

8 Penyebab Laptop Mati Total dan Cara Mengatasinya

Penyebab laptop mati total tidak selalu pengaruh kerusakan sistem parah.

Liputan6.com, Jakarta Laptop yang mati total secara tiba-tiba memang bikin panik. Apa sebenarnya penyebab laptop mati total tersebut? Jangan buru-buru diservis, karena tidak semua penyebab laptop mati total karena pengaruh kerusakan sistem yang parah. 

Ada delapan penyebab laptop mati total yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber. Mulai dari penyebab laptop mati total dan tiba-tiba karena masalah prosessor, adaptor, komponen power, baterai laptop, RAM, mainboard, virus atau malware, dan telah terjadi kesalahan pada sistem operasi.

Ketika sudah memahami penyebab laptop mati total, coba cek satu persatu untuk memastikannya sebelum membawanya ke tempat servis. Bagaimana cara mengecek dan mengatasi laptop mati total tiba-tiba sesuai penyebabnya tersebut?

Berikut Liputan6.com ulas delapan penyebab laptop mati total dan cara mengatasinya yang tepat, Selasa (22/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Laptop Mati Total dan Tiba-Tiba

1. Terjadi Masalah pada Processor Laptop

Memahami penyebab laptop mati total bisa karena terjadinya kesalahan pada prosessor. Umumnya penyebab laptop mati total pengaruh prosessor adalah ketika ada kerusakan di sana. Jika processor mengalami kerusakan maka bisa dipastikan laptop akan kehilangan kontrol serta tak mampu memberikan perintah pada komponen lain untuk bekerja maksimal.

Processor bisa rusak lantaran terjadi overheating. penyebab laptop mati total pengaruh prosessor pun beragam mulai dari pasta processor yang mengalami kekeringan, fan dan heatsink yang kotor. Cobalah cara mengatasi laptop mati ini dengan membersihkan pasta yang menempel dan menggantinya dengan yang baru. Setelah itu, pasanglah kembali dengan posisi yang benar.

2. Ada Masalah pada Adaptor Laptop

Memahami penyebab laptop mati total bisa karena ada masalah pada adaptor. Cobalah cek penyebab laptop mati total pengaruh adaptor dengan mengecek pasokan listrik, dan pastikan bahwa daya listrik mengalir melalui stop kontak atau stabilizer yang sudah digunakan.

Apabila output stabilizer tidak menunjukkan tegangan yang terukur maka terjadi masalah pada stabilizer laptop tersebut. Maka perlu menghubungkan charger langsung ke sumber listrik agar dapat menyelesaikan masalah.

Jangan lupa untuk mengecek adaptor, apakah sudah menyala atau tidak untuk mengetahui penyebab laptop mati total sebenarnya. Jika tidak menyala berarti hal ini memungkinkan adanya kerusakan pada adaptor laptop. Periksa sambungan kabel adaptor lantaran sering terjadi kabel power bermasalah karena cara pemakaian yang sembarangan.

Cara mengatasi laptop mati total ini bisa dengan menggunakan adaptor lain yang dayanya sesuai untuk menghidupkan laptop untuk memastikan adaptor bermasalah atau pun tidak. Jika adaptor serta kabelnya normal, maka permasalah dapat disebabkan oleh kerusakan komponen power.

3. Komponen Power Bermasalah

Memahami penyebab laptop mati total bisa pengaruh komponen power yang bermasalah. Dalam dunia elektronika, penyebab laptop mati total pengaruh komponen power akan ditandai dengan matinya lampu indikator, sementara adaptor dalam keadaan normal.

Maka pemilik laptop perlu memeriksa bagian soket DC laptop, sebab kerusakan soket mengakibatkan listrik tidak dapat mengalir dengan benar ke komponen dalam laptop sehingga menjadi penyebab laptop mati total dan tiba-tiba.

Bagian soket kadang kala menjadi sedikit longgar. Pada kondisi seperti itu, coba pasangkan kembali jack adaptor guna memastikannya. Apabila soket tidak ada masalah, kemungkinan besar penyebab laptop mati total ada di bagian komponen power.

Lonjakan listrik yang terjadi pun dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen power yang menjadi pengaruh penyebab laptop mati total ini. Guna memastikannya, sangat perlu memeriksa tombol on atau off power pada laptop dan jangan lupa untuk memeriksa ic power.

4. Baterai Laptop Bermasalah

Memahami penyebab laptop mati total bisa karena baterai laptop yang bermasalah. Baterai adalah sumber energi atau daya laptop. Apakah penyebab laptop mati total karena kehabisan daya? Coba pastikan.

Apabila benar penyebab laptop mati total pengaruh kehabisan daya, coba hubungkan laptop dengan adaptor listrik guna mengisi baterai. Jika tetap tidak mau menyala, tetap sambung adaptor dan biarkan hingga beberapa saat kemudian.

Pada baterai yang sudah habis total, biasanya akan membutuhkan beberapa waktu untuk mengembalikan dayanya. Daya yang tercukupi akan membuat laptop bisa dinyalakan kembali. Jika masih tidak mau menyala, lepaskan baterai dari posisinya.

Perhatikan baik-baik, apabila penyebab laptop mati total bukan pengaruh baterai bisa ada kerusakan pada baterai atau pun konektornya.

3 dari 3 halaman

Penyebab Laptop Mati Total dan Tiba-Tiba Selanjutnya

5. Masalah pada RAM

Memahami penyebab laptop mati total bisa pengaruh masalah pada bagian RAM. RAM memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang dijalankan. Saat lampu indikator, kipas, dan mesin menyala tetapi layar tidak menampilkan apapun, ini perlu dicurigai.

Ini indikasi penyebab laptop mati total karena RAM bermasalah. Ketika kondisi ini terjadi, kemungkinan besar akan ada gagalnya proses pengolahan data guna ditampilkan dan membuat layar menjadi blank.

Coba mengatasinya dengan melepas RAM dan membersihkan pinnya dengan penghapus pensil dan kemudian pasang kembali. Pasang RAM ke soket yang berbeda apabila tersedia sebanyak 2 soket RAM pada mainboard laptop yang mati total.

Pastikan juga RAM terpasang dalam kondisi sempurna. Jika laptop masih menampilkan layar blank, penyebab laptop mati total adalah terjadi kerusakan pada RAM dan disarankan agar segera menggantinya dengan yang baru.

6. Masalah pada Mainboard

Penyebab laptop mati total dan tiba-tiba bisa karena adanya masalah pada mainboard. Cobalah memastikan penyebab laptop mati total ini dengan melepaskan komponen termasuk harddisk, DVD, Wif-Fi card dan lain-lain. Kemudian bersihkan segala komponen tersebut dari debu-debu.

Jika sudah, pasang kembali satu per satu pada posisinya masing-masing. Jika mainboard tetap tidak bekerja, kemungkinan penyebab laptop mati total adalah masalah pada mainboard.

Langkah terakhir yang bisa dilakukan guna memastikannya, cek apa ada komponen terbakar pada mainboard atau tidak. Jika hal tersebut terjadi maka pemilik laptop perlu segera menggantinya.

7. Ada Virus atau Malware

Memahami penyebab laptop mati total bisa pengaruh virus atau malware. Adanya berbagai virus atau malware yang menghantui akan menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat, cepat panas, bahkan berpotensi untuk membuat laptop mati secara tiba-tiba.

Cara mengatasi penyebab laptop mati total karena virus adalah membersihkan laptop dari gangguan virus dengan berbagai software anti-virus dan anti-malware. Lakukan tindakan scan laptop dengan anti-virus dan anti-malware yang sudah diupdate secara rutin supaya laptop tetap aman dan performa terjaga.

8. Ada Kesalahan Sistem Operasi

Memahami penyebab laptop mati total bisa karena ada kesalahan pada sistem operasi. Mengotak-atik sistem operasi atau telah mengubah driver pada laptop merupakan penyebab laptop mati total. Terutama jika telah bermain-main dengan BIOS.

Kesalahan pada driver selalu dapat mematikan laptop sepenuhnya. Driver tampilan AMD atau AMD Catalyst Suite adalah dua driver tampilan umum yang telah dikenal sering mengalami crash. Cek driver yang crash, saat laptop dinyalakan kembali, lihat apakah ada file dump di bagian atas posting kerusakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.