Sukses

15 Manfaat Madu yang Tersembunyi, Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Madu murni memberikan manfaat yang beragam baik bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Madu merupakan suatu pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah. Rasanya yang manis, membuat madu sering menjadi sebagai pengganti gula.

Madu mempunyai banyak nutrisi yang beragam. Di samping gula yang membuatnya terasa manis, madu mengandung banyak sekali senyawa aktif, seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, serta flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid. 

Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut, madu sangat populer dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Bahkan hingga sekarang, madu dipercaya sebagai bahan obat herbal maupun skincare kecantikan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menangkal radikal bebas

Senyawa fitonutrien dan sejumlah vitamin pada madu merupakan antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas berlebih dalam tubuh. Manfaat madu ini sangat berguna untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang disebabkan oleh aktivitas oksidasi. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kemampuan madu yang satu ini, di antaranya memperkuat sel imun tubuh, mencegah dan meredakan peradangan, mencegah reaksi alergi, serta mencegah diabetes, serangan jantung, hingga kanker.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, senyawa fitonutrien yang terkandung dalam madu dapat memperkuat sel-sel imun dalam tubuh. Hal ini tentunya akan memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit infeksi. Ditambah lagi, madu juga diketahui memiliki khasiat sebagai antibakteri dan antijamur.

3. Meredakan batuk

Rasa madu yang manis dapat memicu produksi air liur untuk melembapkan tenggorokan yang kering sehingga mengurangi rasa gatal di tenggorokan dan keinginan untuk batuk. Selain itu, berbagai antioksidan pada madu juga bermanfaat untuk meredakan peradangan yang bisa memicu batuk. Manfaat madu sebagai obat batuk telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Dari penelitian-penelitian tersebut disimpulkan bahwa madu bisa menjadi obat batuk alami yang tidak kalah dari obat batuk medis yang sering diresepkan dokter untuk orang dewasa, bahkan pada ibu menyusui, dan anak-anak berusia di atas 2 tahun.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa madu sangat efektif dalam mempercepat penyembuhan luka. Madu atau produk yang mengandung madu, misalnya beeswax, diketahui dapat membantu menyingkirkan jaringan yang mati, membunuh bakteri yang ada pada luka, dan merangsang pembentukan kulit baru untuk menutup luka. Jenis-jenis luka yang mungkin bisa disembuhkan oleh manfaat madu adalah luka bakar, lecet, luka bekas gigitan nyamuk, dan luka diabetes. Namun, perlu diingat bahwa madu yang bisa digunakan adalah madu yang terjamin steril.

5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa madu juga merupakan prebiotik, sehingga dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Sifat madu ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

6. Menjaga kesehatan jantung

Senyawa fitonutrien pada madu diduga bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan cara melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa manfaat madu dapat menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah.

7. Memiliki potensi menurunkan risiko kanker

Madu memiliki senyawa aktif yang bersifat antikanker. Oleh karena itulah, salah satu penelitian pada jurnal Pharmacognosy research menyebutkan bahwa madu mungkin memberi manfaat untuk menurunkan risiko berbagai kanker. Penyakit kanker terjadi akibat sel-sel tubuh menjadi abnormal, tumbuh tanpa kendali dan tidak mati. Akibatnya, sel menumpuk dan membentuk tumor. Senyawa aktif pada madu dapat mencegah poliferasi sel dan merangsang apoptosis. Poliferasi sel adalah siklus pembelahan sel, saat sel membelah menjadi dua sel turunan. Sementara, apoptosis adalah program yang memerintahkan sel untuk mati.

8. Menurunkan tekanan darah

Madu mengandung senyawa antioksidan yang telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Penelitian yang dilakukan pada tikus dan manusia menunjukkan sedikit penurunan tekanan darah dengan mengonsumsi madu.

9. Menurunkan kadar trigliserida

Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang ditemukan dalam darah. Peningkatan jenis lemak ini merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Uniknya, banyak penelitian yang telah mengaitkan konsumsi madu secara berkala dengan kadar trigliserida yang lebih rendah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Madu Bagi Kecantikan

10. Merawat kulit agar awet muda

Adanya radikal bebas akan membuat terjadinya gangguan pada sel-sel tubuh dan mengakibatkan penuaan pada kulit. Kandungan antioksidan pada madu mampu menangkal bahaya radikal bebas tersebut dan mencegah berbagai gangguan yang disebabkan oleh radikal bebas, termasuk penuaan dini. Tinggi rendahnya kandungan antioksidan pada madu juga dapat Anda amati dari warna madu. Semakin gelap warna madu, makin tinggi pula kandungan antioksidan yang terkandung.

11. Melembapkan kulit wajah

Manfaat madu bisa membantu melembabkan kulit wajah anda dikarenakan adanya kandungan senyawa humektan dalam madu yang mampu merawat kulit kering. Namun, buat anda yang memiliki kulit berminyak, tetap bisa mendapatkan manfaat madu untuk wajah karena zat pemanisnya dapat membantu mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit.

12. Mengatasi jerawat

Manfaat madu juga bisa mengatasi jerawat. Madu yang mengandung zat antiinflamasi dan antibakteri mampu untuk meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat. Menggunakan madu sebagai masker bisa memberikan manfaat madu untuk meredakan peradangannya dalam waktu satu malam saja. Cara untuk mendapatkan manfaat madu ini adalah dengan mencampurkan madu murni dan bubuk kunyit secukupnya. Aplikasikan campuran tersebut pada jerawat yang meradang sebelum tidur. Bilas wajah di pagi hari dan rasakan perbedaannya.

13. Eksfoliasi

Anda bisa menggunakan masker madu sebagai eksfoliasi alami agar bisa mendapatkan manfaat madu untuk wajah. Perlu diketahui bahwa, tidak semua eksfoliasi harus memiliki tekstur kasar di kulit. Madu yang memiliki tekstur lembut juga bisa menjadi satu di antara bahan eksfoliasi yang ampuh untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan enzim di dalamnya. Anda bisa menggunakan scrub madu atau mencampurkannya dengan bahan lain untuk hasil yang maksimal. Bagi anda yang memiliki kulit kering, direkomendasikan mencampurkan oat dengan madu untuk dijadikan masker dan scrub wajah. Sedangkan yang memiliki kulit berminyak, bisa mencampurkan tepung dan gram dengan madu. Aplikasikan campuran tersebut sambil memijat halus wajah selama 3-5 menit. Setelah itu diamkan masker madu selama 5 menit di wajah, baru kemudian bilas dengan air.

14. Melindungi terhadap kerusakan

Madu merupakan satu di antara bahan antioksidan yang dapat melindungi organ internal dari jenis kerusakan yang disebut stress oksidatif atau keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya, Selain itu, madu juga efektif sebagai pelindung kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

15. Mencerahkan kulit wajah

Madu merupakan cara alami terbaik untuk memutihkan kulit. Manfaat antibakterinya membantu menenangkan peradangan dan melindungi kulit dari kuman sehingga membuat kulit menjadi lembab dan bergizi. Mencampur madu dengan bahan alami lain, seperti lemon dan yoghurt, dapat membuat warna kulit menjadi lebih putih. Campurkan satu sendok makan yoghurt segar dan satu setengah sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.