Sukses

12 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami, Enggak Ribet

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bruntusan bisa menggunakan bahan-bahan alami. Bruntusan sendiri merupakan kondisi di mana permukaan kulit terasa kasar dan tidak rata. Bruntusan membuat kulit memiliki bintik atau bentol kecil yang menonjol.

Bruntusan sering muncul di wajah, terutama pada dahi, hidung, atau dagu. Penyebab bruntusan bisa disebabkan beberapa kondisi kulit. Bruntusan biasanya bisa menjadi gejala sebuah masalah kulit seperti jerawat atau alergi.

Cara menghilangkan bruntusan bisa kamu terapkan secara teratur di rumah. Selain itu, kamu juga bisa mencegahnya dengan menghindari penyebab umumnya seperti alergi, digigit serangga, cuaca, polusi udara, infeksi, tidak tahan bahan kimia, atau saat sedang melakukan pengobatan tertentu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/3/2022) tentang cara menghilangkan bruntusan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami

Kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu untuk menyembuhkan kulit serta menghilangkan bruntusan berserta bekasnya. Cara menghilangkan bruntusan dengan kentang adalah sebagai berikut:

- Iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada area bekas jerawat.

- Biarkan selama 10 menit.

- Cuci wajah dengan air bersih.

- Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Madu

Salah satu cara menghilangkan bruntusan yang bisa kamu praktikkan adalah menggunakan madu. Kandungan alami dalam madu seperti antibiotik mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat dan berfungsi memudarkan bekasnya. Cara menghilangkan bruntusan dengan madu adalah sebagai berikut:

- Siapkan madu murni.

- Oleskan pada bekas jerawat.

- Biarkan hingga madu mengering.

- Bilas dan bersihkan dengan air hangat.

Kayu Manis

Salah satu cara menghilangkan bruntusan adalah dengan memanfaatkan kayu manis. Caranya cukup dengan mencampurkan sesendok teh jus lemon dengan sesendok teh bubuk kayu manis. Larutan ini siap kamu oles merata ke area wajah yang bruntusan. Biarkan dulu kira-kira 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan 1-2 kali dalam seminggu. Tidak perlu khawatir karena cara ini cukup aman bagi kulit wajah yang sensitif sekalipun.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami

Putih Telur

Kandungan enzim lysozome di dalam putih telur dapat memusnahkan bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga dapat mengangkat debu dan sel-sel kulit mati sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Cara membuatnya pun mudah:

- Siapkan telur, pisahkan putih dengan kuningnya.

- Kocok putih telur hingga mengembang.

- Oleskan pada bagian berjerawat dan bekasnya.

- Biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Tomat

Cara menghilangkan bruntusan dengan cepat dapat juga dilakukan menggunakan Tomat. Tomat adalah buah yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Cara menghilangkan bruntusan menggunakan tomat adalah sebagai berikut:

- Pilih buah tomat yang segar dan sudah matang.

- Haluskan tomat dengan menggunakan blender sampai menjadi bubur.

- Setelah halus, ambil bubur tomat tadi dan aplikasikan pada wajah sebagai masker secara merata.

- Biarkan masker tomat di wajah hingga mengering, kurang lebih selama 1 jam.

- Setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air bersih.

Air Dingin

Cara menghilangkan bruntusan berikutnya yaitu menggunakan air dingin. Sensasi dingin akan membantu meredakan gatal karena menenangkan sel syaraf. Oleh karena itu, apabila bruntusan terasa gatal, jangan digaruk. Lebih baik dikompres saja dengan air dingin sampai gatalnya mereda.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami

Baking Soda

Cara menghilangkan bruntusan salah satunya adalah dengan baking soda. Baking soda mengandung kristal sodium bicarbonate yang berfungsi untuk mengelupas kulit mati pada saat digunakan sebagai scrub. Berikut cara membuatnya:

- Siapkan beberapa sendok teh baking soda dan air secukupnya.

- Campurkan hingga mengental.

- Oleskan pada area bekas jerawat sambil dipijat.

- Diamkan selama 2 menit.

- Basuh wajah dengan air hangat.

Lidah Buaya

Lidah buaya yang mengandung antioksidan, mineral, vitamin C dan E menjadi salah satu cara menghilangkan bruntusan secara alami yang cukup sering digunakan. Gunakan gel dari lidah buaya sebagai masker lalu biarkan mengering dan bilas dengan air.

Selain itu, lidah buaya juga memberikan efek dingin sehingga mampu meredakan rasa gatal akibat bruntusan. Lidah buaya yang kaya akan vitamin E ini, ampuh mengatasi luka bakar dan gatal akibat iritasi. Cara menggunakannya cukup mudah. Cukup aplikasikan gel lidah buaya di area yang gatal. Kemudian bilas dengan air dingin. Apabila kamu tidak ingin ribet, kamu bisa membeli gel lidah buaya di apotik atau toko obat terdekat.

Lemon

Lemon bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan selanjutnya. Lemon juga ampuh untuk mengatasi gatal dan berperan sebagai antiseptik serta anti peradangan. Cukup iris tipis lemon, kemudian aplikasikan di area wajah yang bruntusan. Biarkan sejenak dan rasa gatal akan terasa berkurang, kulit juga akan terasa lebih dingin.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami

Jeruk Nipis

Jeruk nipis punya kandungan senyawa alami Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang diklaim mampu digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan. Caranya cukup mudah:

- Siapkan 2-3 jeruk nipis.

- Belah jadi 2 bagian.

- Peras dengan saringan.

- Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah.

- Biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Oatmeal

Mengandung bahan antioksidan dan ampuh mengatasi iritasi, oatmeal akan memberikan efek mendinginkan serta membuat kulit jadi lebih lembut. Cara membuatnya:

- Campurkan oatmeal dengan air hangat dan biarkan mekar.

- Kemudian diamkan sejenak sampai agak dingin.

- Aplikasikan pada wajah atau kulit bagian lain yang mengalami bruntusan.

- Biarkan selama 30 menit kemudian baru dibilas dengan air dingin.

Minyak Cengkeh

Cara menghilangkan bruntusan juga bisa menggunakan minyak cengkeh. Kamu bisa menemukan minyak cengkeh ini di salon atau tempat spa. Cari sebotol kecil minyak cengkeh. Minyak ini mengandung bahan eugenol yang mampu mengatasi rasa gatal dan menenangkan kulit. Sebelum mengaplikasikannya di wajah yang mengalami bruntusan, lebih baik dicampur dengan sedikit air terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.