Sukses

Cara Menggambar Orang untuk Pemula, Perhatikan Langkah-langkahnya yang Mudah

Liputan6.com, Jakarta Cara menggambar orang mungkin agak sulit bagi sebagian orang, terutama yang memang tidak biasa menggambar. Menggambar orang bisa menjadi sangat sulit dan banyak bagian-bagian yang tidak proporsional bagi kamu yang masih pemula.

Namun, kamu bisa mengikuti beberapa langkah mudah dalam membuat orang. Mulai dari membuat wajah hingga menggambar keseluruhan badan tidak akan terlalu sulit saat mengikuti langkah-langkahnya. Kamu harus memperhatikan langkah-langkahnya dengan cermat.

Cara menggambar orang dimulai dengan menggambar wajah, baru selanjutnya dilanjutkan pada bagian tubuh lainnya. Kamu bisa menyiapkan pensil, penggaris, penghapus, kertas putih polos, serta rautan. Kemudian ikuti langkah-langkah mudah membuat gambar orang dengan saksama.

Langkah-langkah membuat gambar orang seluruh badan ini sangat cocok diterapkan oleh pemula yang belum terlalu terbiasa menggambar secara rutin. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/3/2022) tentang cara menggambar orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Cara Menggambar Orang

Membuat Wajah

Cara menggambar orang  dimulai dengan membuat wajah. Berbeda dengan bagian tubuh lainnya, cara menggambar wajah memang dibutuhkan ketelitian karena terdiri dari cukup banyak komponen. Cara menggambar wajah tentunya harus memikirkan posisi mata, hidung, telinga, hingga mulut. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memikirkan rambut dalam cara menggambar orang di bagian kepala ini.

Berikut cara menggambar orang pada bagian wajah dan kepala:

1. Buat sebuah lingkaran. Lalu buat garis vertikal yang berada di tengah lingkaran tersebut. Setelah itu kamu buat garis seolah kamu akan membuat dagu. Usahakan garis yang kamu buat simetris agar wajah terlihat rapi.

2.  Selanjutnya kamu bisa gunakan penggaris untuk mengukur jarak dalam wajah. Hal ini dibutuhkan agar ukurannya lebih terlihat nyata dan tidak besar atau kecil pada salah satu bagian wajah.

Buat 8 bagian garis secara horizontal menggunakan penggaris dan beri tanda ABC, garis tengah dan 1,2,3 seperti pada gambar.

3 dari 6 halaman

Menggambar Mata, Alis, dan Hidung

Cara menggambar orang selanjutnya adalah membuat mata, alis, hidung.

3. Buat gambar mata pada garis tengah. Usahakan dengan ukuran sama dan pada posisi yang pas antara kanan dan kiri.

Lalu buat sketsa hidung dengan dua garis vertikal dekat pada ujung dalam mata. Buat pula lingkaran kecil pada garis 2 yang berada di tengah sebagai penanda ujung hidung. Lalu beri garis-garis kecil untuk membentuk hidung.

4. Buat alis pada atas mata dengan sedikit menarik garis ujung batang hidung. Jika punya, kamu bisa gunakan pensil 4B untuk membuat alis agar lebih halus.

4 dari 6 halaman

Menggambar Bibir, Telinga, dan Rambut

Cara menggambar orang selanjutnya adalah membuat bibir, telinga, dan rambut.

5. Lalu buat segitiga pada bawah hidung sebagai penanda sketsa bibir. Kamu juga perlu menarik garis vertikal dari tengah kedua mata hingga bagian bibir. Garis ini berfungsi untuk posisi bibir yang pas pada wajah.

6. Kamu bisa menambahkan telinga pada kanan dan kiri wajah. Buat telinga yang memiliki tinggi dari garis tengah hingga garis 2. Lalu kamu bisa tambahkan hiasan seperti rambut sesuai dengan keinginan dan imajinasimu. Usahakan rambut berada pada garis A dan B agar dahinya tidak terlalu besar atau kecil.

5 dari 6 halaman

Cara Menggambar Orang

Menggambar Badan

Sama seperti menggambar wajah, cara menggambar orang seluruh badan juga memerlukan sketsa terlebih dahulu. Bahan dan alat yang perlu kamu perlukan sebelum mencermati cara menggambar orang seluruh badan sama seperti sebelumnya yaitu pensil dan kertas putih polos. Kamu juga bisa gunakan kertas kanvas.

Berikut cara menggambar orang seluruh badan:

1. Buat lingkaran dengan bentuk sedikit oval. Lalu buat garis vertikal panjang ke bawah dan garis horizontal dekat dengan lingkaran tadi. Untuk garis horizontal tak perlu terlalu panjang.

2. Lalu buat garis horizontal sama seperti sebelumnya. Kemudian buat garis untuk menghubungkannya pada sisi kanan dan kirinya, sehingga membentuk kotak. Setelah itu buat lengkungan garis U untuk menghubungkan bagian bawah dengan melewati sisa garis vertikal yang memanjang.

3. Lalu buat sketsa paha dengan bentuk lonjong yang diberi lingkaran kecil pada ujungnya. Kemudian buat bentuk lonjong lagi dengan ukuran lebih kecil dan ramping untuk sketsa betis. Buat dua untuk sisi kanan dan kirinya.

6 dari 6 halaman

Menggambar Tangan dan Menyelesaikan Gambar Orang

4. Buat sketsa leher dan lengan tangannya. Kamu cukup gambar dengan bentuk lonjong untuk tangannya dan diberi lingkaran kecil pada ujungnya. Pada ujung lingkarannya beri sketsa jari-jarinya. Buat dua untuk sisi kanan dan kirinya.

5. Hapus sketsa garis-garis bantu tadi dan beri detail pada jari tangan dan jari kakinya. Selesai.

Itulah cara menggambar orang untuk pemula, mulai dari menggambar wajah yang detail sampai dengan menggambar seluruh badannya. Dengan bantuan garis-garis yang dibuat sebelumnya membuat kamu akan lebih rapi dalam menggambar dan tentu saja lebih memudahkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS