Sukses

16 Macam Poster Berdasarkan Isi dan Fungsi, Lengkap dengan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Poster merupakan sebuah media yang menggunakan tulisan, gambar, serta warna yang dikombinasikan hingga membentuk suatu informasi yang ditujukan untuk dibaca oleh masyarakat umum. Berdasarkan fungsinya tersebut, poster dibagi menjadi berbagai macam.

Untuk memudahkan masyarakat melihatnya, biasanya poster dipasang di tempat yang strategis dan ramai oleh masyarakat. Hal tersebut bertujuan supaya poster dapat terbaca dan bisa mengajak masyarakat untuk melakukan sesuatu sesuai isi dengan apa yang ada di dalam poster.

Penggunaan poster biasanya ditujukan untuk berbisnis, informasi publik, sebuah acara komersial, media edukatif, dan juga tujuan kemanusiaan lainnya. Sasaran poster ini tergantung dengan apa isi poster tersebut.

Untuk lebih memahami, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai macam poster berdasarkan fungsinya beserta ciri-ciri dan contohnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/3/2022).

2 dari 6 halaman

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum, yang bisa berupa pengumuman atau iklan. Sedangkan, ada sejumlah pendapat yang berbeda dari para ahli mengenai pengertian poster, yaitu:

Azhar Arsyad

Menurut Azhar Arsyad, poster adalah sebuah media dengan bentuk dua dimensi visual yang berisi gambar dan pesan singkat yang ditulis untuk menyampaikan suatu hal khusus, dan dapat memengaruhi orang-orang yang melihatnya.

Sri Anitah

Menurut Sri Anitah, poster merupakan gabungan dari beberapa unsur visual seperti garis, tulisan, dan gambar yang memiliki tujuan untuk menarik perhatian serta menyampaikan pesan singkat di dalam sebuah poster.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Menurut mereka, poster merupakan kombinasi yang ditampilkan secara visual yang di dalamnya terdapat unsur desain yang kuat serta dilengkapi dengan warna-warna dan pesan. Hal tersebut bertujuan untuk mendapat perhatian dari masyarakat serta menanamkan ide yang memiliki arti dalam ingatan.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Poster

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri poster, antara lain:

1. Poster harus didesain dengan komposisi huruf dan gambar di atas media datar (kertas atau kain) berukuran besar.

2. Dipasang dengan cara ditempelkan di bidang dengan permukaan rata, seperti dinding atau papan di tempat keramaian agar menarik perhatian banyak orang.

3. Dibuat dengan teknik pewarnaan yang kontras dan pemilihan yang berani.

4. Bahasa yang digunakan singkat, padat, jelas dan harus mudah dipahami.

5. Diberi gambar agar pesan lebih mudah tersampaikan.

6. Harus dapat dibaca sambil lalu, tetapi meninggalkan kesan yang mendalam.

4 dari 6 halaman

Macam-Macam Poster Berdasarkan Isi

Berikut ini terdapat beberapa macam poster berdasarkan isinya, antara lain:

1. Poster Layanan Masyarakat

Macam poster berdasarkan isinya yang pertama adalah poster layanan masyarakat. Poster layanan masyarakat adalah jenis poster yang berisi informasi tentang pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, seperti poster layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat. Contoh poster layanan masyarakat:

a. Poster program KB pemerintah untuk menyukseskan kesejahteraan keluarga.

b. Poster tentang pentingnya vaksin COVID-19.

c. Poster tentang informasi varian baru COVID-19.

2. Poster Niaga

Macam poster berdasarkan isinya yang lainnya adalah poster niaga. Poster ini yang berisikan tentang menjual dan mempromosikan suatu atau jasa yang dijual oleh perusahaan. Contoh poster niaga antara lain:

a. Poster kuliner yang baru dibuka ataupun sedang ada promo.

b. Poster jasa potong rambut yang menerapkan potongan harga dan fasilitas lengkap.

3. Poster Kegiatan

Macam poster berdasarkan isinya yang lainnya adalah poster kegiatan. Poster yang berisikan tentang informasi pada suatu kegiatan yang akan dilaksanakan supaya kegiatan tersebut diketahui oleh banyak orang dengan harapan orang-orang tersebut dapat menghadiri kegiatan yang akan dilaksanakan. Contoh poster kegiatan:

a. Poster konser musik yang berisikan penampil atau penyanyi, waktu, tempat, dan keterangan harga tiket.

b. Poster webinar yang berisi narasumber, tema, waktu, dan link acara.

4. Poster Karya Seni

Macam poster berdasarkan isinya yang selanjutnya adalah poster karya seni. Poster karya seni adalah jenis poster yang memiliki sifat yang ekspresif dan belum tentu diartikan sama antara orang satu dengan orang lainnya. Contoh poster karya seni:

a. Poster yang memiliki tema, pesan, atau gambar berdasarkan ekspresi seni pembuatnya.

5. Poster Pendidikan

Macam poster berdasarkan isinya yang berikutnya adalah poster pendidikan. Poster pendidikan adalah jenis poster yang berisi tentang informasi, yang dapat memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat. Contoh poster pendidikan:

a. Poster literasi dengan ajakan membaca bertuliskan "Tanpa membaca, manusia akan mudah kehilangan pengalamannya”.

b. Poster pendidikan bertuliskan "Ilmu dan pengetahuan yang diamalkan adalah harta yang paling mulia".

5 dari 6 halaman

Macam-Macam Poster Berdasarkan Fungsinya

Berikut ini terdapat sejumlah macam poster berdasarkan fungsinya, yaitu:

1. Poster Propaganda

Macam poster berdasarkan isinya yang berikutnya adalah poster propaganda. Poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi atau semangat kepada masyarakat umum. Poster propaganda dapat juga dikatakan poster yang digunakan untuk memengaruhi orang lain. Contoh poster propaganda:

a. Poster tentang semangat perjuangan dengan tulisan "Darahku Merah, Tak Sudi Dijajah!"

2. Poster Kampanye

Macam poster berdasarkan isinya yang berikutnya adalah poster kampanye. Poster yang biasanya sering muncul saat masa-masa Pilkada atau Pemilu. Poster tersebut bertujuan untuk meraih simpati masyarakat sebanyak mungkin agar masyarakat memilihnya saat Pemilu tiba. Contohnya poster kampanye:

a. Poster bergambar calon pejabat politik dengan tulisan berisi 'janji-janji' kepada masyarakat.

3. Poster Afirmasi

Macam poster berdasarkan isinya yang selanjutnya adalah poster afirmasi. Poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para pembaca dengan kalimat yang dapat memengaruhi. Contoh poster afirmasi:

a. Poster motivasi agar tidak menjadi pemalas dengan tulisan "Seburuk-buruk manusia adalah yang menyia-nyiakan waktu dengan menjadi pemalas".

b. Poster motivasi agar kuat saat gagal dengan tulisan "kegagalan adalah hal biasa, hal yang luar biasa adalah jalani sebaik yang kita bisa”.

4. Poster "Dicari"

Macam poster berdasarkan isinya yang selanjutnya adalah poster dicari. Poster yang bertujuan untuk mencari orang maupun benda-benda yang diperlukan, misalnya poster perusahaan yang mencari pekerja, poster mengenai orang hilang, dan lain-lain.

5. Poster Film

Macam poster berdasarkan isinya yang selanjutnya adalah poster film. Poster yang bertujuan untuk mempromosikan film-film terbaru yang akan atau sedang ditayangkan. Hal tersebut agar masyarakat tertarik untuk menontonnya.

6. Poster Komik

Macam poster berdasarkan isinya yang berikutnya adalah poster komik. Poster yang bertujuan untuk mempopulerkan komik-komik kepada masyarakat umum atau banyak orang.

6 dari 6 halaman

Macam-Macam Poster Berdasarkan Fungsinya

Berikut ini terdapat sejumlah macam poster berdasarkan fungsinya, yaitu:

7. Poster "Cheesecake"

Macam poster berdasarkan isinya yang lainnya adalah poster cheesecake. Poster yang bertujuan untuk mencari perhatian masyarakat umum atau orang banyak. Poster ini biasanya berisi gambar-gambar orang terkenal, seperti selebritas, penyanyi, dan lain-lain, yang dapat menarik perhatian khalayak umum.

8. Poster Riset

Macam poster berdasarkan isinya yang lainnya adalah poster riset. Poster yang bertujuan untuk menginformasikan kegiatan penelitian riset kepada orang banyak. Poster jenis ini sering ditemui di sekolah atau kampus.

9. Poster Komersial

Macam poster berdasarkan isinya yang berikutnya adalah poster komersial. Poster yang bertujuan mempromosikan produk atau jasa yang dijual oleh suatu perusahaan. Poster jenis ini sering disebut sebagai poster niaga.

10. Poster Kelas

Macam poster berdasarkan isinya yang berikutnya adalah poster kelas. Poster yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan motivasi kepada siswa. Poster jenis ini biasanya terlihat di dalam kelas-kelas yang ada di sekolah.

11. Poster Penerangan

Macam poster berdasarkan isinya yang terakhir adalah poster penerangan. Poster penerangan bertujuan mempengaruhi pembaca untuk melakukan hal yang diimbau atau untuk tidak melakukan perbuatan tertentu. Contoh poster penerangan:

a. Poster untuk menjauhi narkoba dan obat-obatan terlarang.