Sukses

5 Cara Membuat Diagram Lingkaran Secara Digital, Simak Langkah-Langkahnya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat diagram lingkaran dapat dilakukan dengan mudah menggunakan peranti lunak pengolah kata atau program internet secara gratis di laptop maupun PC. Diagram lingkaran merupakan bentuk penyajian data statistika dalam sebuah gambar atau bidang yang berbentuk lingkaran.

Dengan kata lain, digaram lingkaran ialah diagram yang berbentuk lingkaran dan berisi data-data statistika di dalamnya. Dari segi fungsinya, diagram lingkaran biasanya digunakan untuk menunjukan perbandingan dari suatu data terhadap keseluruhan data dalam ilmu statistik.

Statistika merupakan suatu metode pengumpulan, penyusunan, pengolahan, penganalisaan, dan penarikan kesimpulan data. Untuk mempermudah membandingkan keseluruhan data maka perlu dibuat diagram lingkaran.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara membuat diagram lingkaran yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/3/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Rumus Menghitung Diagram Lingkaran

Diagram lingkaran dalam bahasa Inggris disebut sebagai pie chart. Untuk menyajikan data statistik dalam sebuah pie chart atau diagram lingkaran tersebut, maka anda bisa menghitung data berdasarkan 3 cara berbeda. Adapun cara menghitung data dalam pie chart ialah sebagai berikut:

1. Diagram Lingkaran Normal (Angka Biasa)

Untuk menyajikan data berupa angka biasa seperti 56, 89, atau 15 dan lain sebagainya, para pelajar dapat menggunakan rumus berikut ini:

Data yang ditanyakan = total data – (data total yang diketahui)

2. Diagram Lingkaran dalam Derajat

Sesuai dengan namanya, diagram lingkaran ini akan menyajikan data dalam bentuk derajat. Lingkaran diketahui memiliki total sebesar 360 derajat, maka rumus untuk menghitung data dalam diagram lingkaran derajat ialah sebagai berikut:

Nilai yang diperlukan = (nilai sudut / 360°) x nilai total

3. Diagram Lingkaran dalam Persen

Untuk menyajikan diagram lingkaran dalam persen, maka data perlu memenuhi keseluruhan nilai 100 persen dengan rumus berikut:

Nilai yang diperlukan = (Persentase nilai yang ditanyakan/ 100%) x nilai total

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Diagram Lingkaran dengan Mudah

Berikut ini terdapat beberapa cara membuat diagram lingkaran dengan mudah secara digital, antara lain:

1. Cara Membuat Diagram Lingkaran di Excel dengan Alat Grafis

Cara membuat diagram lingkaran yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Windows Microsoft Excel. Caranya sebagai berikut ini:

a. Pada lembar spreadsheet Excel ketikkan setiap label data dalam kolom di kiri. Ketik setiap poin data yang bersangkutan dalam baris di sebelahnya.

b. Sorot label dan angka dengan mengeklik dan menahan tetikus, lalu geser pada semua label dan poin data.

c. Lepaskan tetikus dan klik ikon kecil yang muncul di sebelah angka.

d. Klik “Charts” (diagram), lalu klik “Pie Chart” (diagram pai) untuk membuat diagram lingkaran.

2. Cara Membuat Diagram Lingkaran dengan Tombol Grafik di Word

Cara membuat diagram lingkaran yang selanjutny adalah dengan menggunakan Microsoft Word, berikut langkah-langkahnya:

a. Klik label “Insert” di bagian atas program.

b. kemudian, klik 3 bilah dengan kata “Chart” di bagian atas halaman.

c. Anda akan melihat beberapa model diagram. Jika ingin membuat diagram lingkaran, pilih “Pie” dan klik dua kali pada bentuk diagram yang diinginkan. Jendela baru berisi sampel set baris, warna, dan judul akan dimunculkan.

d. Sesuaikan kata-kata di setiap label supaya mencerminkan data yang diwakilkan sepenuhnya. Klik dan ubah judul diagram sehingga mencerminkan subjek diagram lingkaran. Ganti setiap angka di sebelah label sehingga mewakili data Anda.

e. Semua diagram lingkaran yang dibuat di Excel atau Word bisa disalin dan tempel pada PowerPoint.

f. Diagram lingkaran yang dibuat di Word akan terlihat sama dengan diagram lingkaran yang dibuat di Excel.

3. Cara Membuat Diagram Lingkaran di PowerPoint

Berikut ini cara membuat diagram lingkaran dengan mudah di PowerPoint, yaitu:

a. Buka aplikasi PowerPoint dan klik ‘Insert’. Selanjutnya, pilih saja ‘Chart’.

b. Pilih ‘Pie’ jika ingin membuat diagram lingkaran. Lalu, klik dua kali pada model diagram lingkaran yang diinginkan.

c. Masukkan data pada spreadsheet yang akan muncul di bawah diagram lingkaran.

d. Terakhir, tutup spreadsheet.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Diagram Lingkaran dengan Mudah

4. Cara Membuat Diagram Lingkaran dengan Website Gratis di Internet

Saat ini, terdapat beberapa situs daring gratis yang dapat Anda gunakan untuk memasukkan data dan cara membuat diagram lingkaran secara otomatis. Anda bisa mencari situs-situs pembuatan diagram lingkaran ini secara online, dan memilih salah satu yang paling memungkinkan Anda untuk mengatur desain dan memasukkan nilai sendiri. Berikut cara membuat diagram lingkaran dengan menggunakan website gratis di internet, yaitu:

a. Dua situs pembuat diagram yang paling populer di internet adalah meta-chart.com dan onlinecharttool.com. Keduanya memungkinkan Anda untuk mengontrol berbagai unsur desain dan memasukkan informasi Anda sendiri.

b. Untuk menggunakan Meta-Chart, klik “Pie Chart” pada layar utama. Klik label “Data” untuk memasukkan angka dan label “Labels” untuk memasukkan nama bagi setiap poin data. Klik “Display” untuk memunculkan diagram Anda.

c. Untuk menggunakan Online Chart Tool, pilih “Pie” dari menu tarik turun pada bagian atas layar. Pilih penampilan, warna, dan desain. Tekan “next” untuk memasukkan label dan poin data. Klik “next” dan pilih font. Klik “next” sekali lagi untuk membuat diagram.

 5. Cara Membuat Diagram Lingkaran di Canva

Jika membuat diagram melalui Canva, anda akan memperoleh diagram dalam format foto (.jpg atau .png). Cara membuat diagram lingkaran dengan menggunakan aplikasi Canva, yaitu:

a. Buka lembar kerja kosong di Canva, lalu klik ‘Element’.

b. Pilih ‘Bagan’ dan pilih ‘Diagram Lingkaran’.

c. Selanjutnya, masukkan data.

d. Setelah selesai, anda bisa mengubah warna pada diagram lingkaran sesuai keinginan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS