Sukses

10 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Manfaat kunyit untuk kesehatan bisa kamu dapatkan karena kandungan nutrisinya yang melimpah.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kunyit untuk kesehatan bisa kamu dapatkan karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Salah satu kandungan yang paling terkenal pada kunyit tentunya adalah kurkumin Zat pewarna kuning tersebut diduga mampu membantu proses penyembuhan pada tubuh. Kunyit juga mengandung arabinosa, fruktosa, glukosa, kalsium, kalium natrium, kobalt, seng, dan minyak atsiri yang baik untuk tubuh. 

Dikenal sebagai bahan pelengkap makanan yang menambahkan cita rasa dan warna khas, kunyit tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, tetapi juga untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Kamu bisa mengolah kunyit menjadi minuman dengan berbagai tambahan bahan sehat lainnya.

Manfaat kunyit bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur. Dengan mengonsumsi kunyit secara teratur, kamu bisa mendapatkan khasiatnya seperti meredakan peradangan hingga baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/3/2022) tentang manfaat kunyit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kunyit untuk Pencernaan

Membantu Mengatasi Sakit Maag

Manfaat kunyit yang pertama adalah dapat membantu mengatasi sakit maag. Kunyit sudah sejak lama digunakan sebagai obat gangguan pencernaan yang ampuh. Jadi, ketika gejala maag kambuh, kamu bisa menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyeri.

Sebuah artikel dalam jurnal Systematic Reviews menyatakan, kunyit membantu mengurangi frekuensi gejala maag karena kurkumin mampu mengendalikan produksi asam lambung dan empedu yang berlebih. Selain itu, penelitian dari jurnal Pharmacognosy Reviews menyatakan, efek kurkumin dapat mengobati peradangan yang disebabkan luka dan melindungi perut dari iritan-iritan dengan meningkatkan produksi lendir pada lambung.

Meredakan Gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome (IBS) merupakan peradangan pada usus besar yang menyebabkan adanya masalah BAB dalam waktu lama. Peradangan tersebut membuat usus sering berkontraksi yang mengakibatkan diare kronis.

Peradangan tersebut juga bisa menyebabkan otot usus jarang berkontraksi sehingga berujung menjadi sembelit kronis. Sebuah penelitian dari Singapura mendapati bahwa manfaat kunyit dapat mengurangi intensitas rasa sakit pada perut yang disebabkan gejala IBS.

Mengempiskan Perut Kembung

Manfaat kunyit juga dapat mengempiskan perut kembung. Kurkumin dalam kunyit dapat membantu otot organ pencernaan bergerak lebih lancar. Hal ini membuat otot organ dapat bergerak seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas dalam perut dan menghentikan produksi asam lambung berlebih yang menyebabkan perut kembung.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Meredakan Peradangan

Manfaat Kunyit untuk kesehatan yang berikutnya adalah dapat meredakan peradangan. Zat aktif kurkumin dalam kunyit merupakan antioksidan yang mengandung efek anti radang. Pada satu sendok teh kunyit bubuk mengandung sekitar 200 miligram kurkumin yang bekerja memblokir sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh.

Kurkumin juga mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin dan meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal. Berbagai hasil uji praklinis menunjukkan bahwa kunyit dapat mengobati berbagai penyakit terkait peradangan, mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan aterosklerosis.

Mengurangi Nyeri pada Osteoarthritis

Salah satu manfaat kunyit yang tak kalah baik adalah dapat mengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis. Penyakit ini merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan fleksibilitasnya.

Sebuah studi menunjukkan kinerja kunyit sebanding dengan obat ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis. Jika kamu ingin mengurangi rasa sakit akibat osteoarthritis, bisa mengonsumsi ekstrak kunyit dosis 500 mg dua kali sehari.

Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat kunyit juga bisa mengatasi masalah kulit. Hal ini disebabkan karena sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan di dalamnya. Kunyit dapat kamu gunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah pada kulit, seperti jerawat, penuaan dini, eksim, hingga psoriasis.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, manfaat kunyit juga bisa diterapkan. Kurkumin pada kunyit berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, temasuk sel pankreas, lemak, dan otot.

Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol serta gangguan metabolik lainnya akibat berat badan berlebih. Namun, kamu perlu menambahkannya dnegan asam jawa. Dalam jangka panjang, minum jamu kunyit asam dapat membuat hasil penurunan berat badan jadi lebih maksimal.

Meredakan Gatal

Salah satu manfaat kunyit yang tidak boleh dianggap sepele yaitu dapat meredakan gatal di kulit. Studi menunjukkan bahwa kunyit dapat meredakan gatal pada kulit yang disebabkan oleh penyakit ginjal kronis. Kamu bisa mengonsumsi kunyit 3 kali sehari selama 8 minggu, dengan mengombinasikan produk yang mengandung kurkumin dan ekstrak lada hitam guna meredakan rasa gatal.

Meredakan Nyeri Haid

Manfaat kunyit selanjutnya sangat berguna bagi perempuan. Bagi para perempuan yang sedang mengalami nyeri haid, mengonsumsi kunyit dapat membantu meredakan nyeri haid. Kandungan kurkumin dalam kunyit berfungsi sebagai pereda nyeri alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.

Kurkumin juga mengurangi aliran ion kalsium yang masuk pada sel-sel epitel rahim. Selain itu, kurkumin juga mengurangi produksi hormon penyebab rasa sakit dan peradangan. Mengonsumsi kunyit secara teratur tentunya sangat baik dalam rangka menjaga kesehatan kamu.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat kunyit juga baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Kurkumin dalam kunyit berfungsi menekan respon peradangan dan oksidasi dalam sel tubuh yang berperan pada penyakit jantung, juga membantu meningkatkan lapisan saluran darah.

Hal ini karena kurkumin memiliki efek antiperadangan dan berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Namun, kandungan kurkumin dalam kunyit hanya sekitar 3 persen dari beratnya, sehingga sulit mendapat manfaat optimal hanya dari kunyit saja. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkannya dengan konsumsi lada hitam yang mengandung piperin untuk membantu penyerapan.

Kandungan kurkumin dalam kunyit diserap lebih lama ke dalam darah sehingga manfaatnya bisa hilang. Piperin dalam lada hitam dapat meningkatkan penyerapan kurkumin ke dalam darah hingga 20 ribu persen lebih cepat.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Minuman Kunyit untuk Kesehatan

Kunyit Asam

Bahan-bahan:

- 600 ml air

- 100 gram gula jawa

- 20 gr asam jawa

- 8 buah kunyit ukuran besar

Cara membuat kunyit asam:

1. Cuci bersih kunyit yang masih segar, kemudian kupas kulitnya. Parut atau blender dengan sedikit air, kemudian peras airnya hingga benar-benar habis.

2. Didihkan air, kemudian rebus air perasan kunyit, gula, dan asam jawa.

3. Setelah jamu mendidih, angkat dari kompor dan tunggu sampai dingin. Saring ke dalam gelas atau botol.

 

Kunyit Jahe

Bahan-bahan:

- 1 rimpang kunyit (kupas, cuci bersih)

- 1 rimpang jahe (kupas, cuci bersih)

- 2 sdm gula pasir

- 2 sdm gula jawa (sisir halus)

- 2 sdm madu

- 4 gelas air

Cara membuat kunyit jahe:

1. Siapkan panci yang telah diisi air.

2. Memarkan kunyit dan jahe lalu iris tipis-tipis. Masukkan ke dalam air di dalam panci.

3. Tambahkan gula pasir dan gula jawa.

4. Rebus air kunyit dengan api kecil hingga mendidih dan kunyit maupun jahe matang.

5. Jika sudah matang, angkat lalu saring air kunyit jahe. Tambahkan madu ke dalamnya dan aduk rata.

6. Sajikan di gelas saji. Ramuan kunyit jahe sudah siap untuk menjadi minuman sehat di sore atau pagi hari.

 

Kunyit Madu

Bahan-bahan:

- 2 rimpang kunyit

- 2 sdm madu

- 1 gelas air

Cara membuat kunyit madu:

1. Parut 2 rimpang kulit hingga halus.

2. Rebus 1 gelas air hingga mendidih.

3. Masukkan parutan kunyit hingga matang.

4. Matikan api dan saring kunyit ke dalam gelas.

5. Tambahkan madu dan aduk hingga rata.

6. Minum selagi masih hangat secara rutin setiap malam sebelum tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.