Sukses

Berakhir Damai, Begini Kronologi Kisruh Ayu Ting Ting dan Haternya Asal Bojonegoro

Liputan6.com, Jakarta Sosok Ayu Ting Ting memang kerap kali menjadi perbincangan hangat publik. Sebagai seorang artis, Ayu Ting Ting bukanya hanya diganderungi oleh penggemar namun juga memiliki hater. 

Kedua orang tua penyanyi dangdut asal Depok ini bahkan pernah sampai melabrak hater sang putri hingga mengunjungi rumahnya. Ayah Rozak dan Umi Kalsum sempat berseteru langsung dengan orangtua KD, hater Ayu Ting Ting yang berasal dari Bojonegoro.

Namun aksi orang tua Ayu Ting Ting ini sempat mendapatkan kritikan masyarakat karena dianggap keterlaluan. Mereka justru terancam balik dilaporkan usai dituding melayangkan makian.

Setelah berlangsung cukup lama, kini diketahui jika kedua belah pihak sudah mencabut tuntutan masing-masing. Kisruh Ayu Ting Ting dan KD berakhir damai. Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum kronologinya dari berbagai sumber, Senin (28/3/2022).

2 dari 6 halaman

1. Berawal dari Unggahan Akun Hater

Permasalahan keluarga Ayu Ting Ting dan hater tersebut berawal dari unggahan akun @gundik_empang. Lewat akun tersebut ia menuliskan ujaran kebencian hingga fitnah soal Ayu dan putrinya, Bilqis.

“Alhamdulillah anak ibu dah pandai nyongong. Keturunan dari emak ama nenek kakeknya ya nak,” tulis akun Instagram @gundik_empang milik KD.

Awalnya pelantun lagu Sambalado itu enggan menanggapi komentar pedas di media sosial itu. Namun orang tuanya diketahui langsung berangkat ke Bojonegoro, Jawa Timur untuk melabrak si pemilik akun.

3 dari 6 halaman

2. Dilabrak Orang Tua Ayu Ting Ting

Ujaran kebencian KD itu kemudian direspons oleh Umi Kalsum. Lewat Instagramnya, ibu Ayu Ting Ting tersebut meminta netizen mencari nama dan alamat di pemilik akun. Tak berselang lama, identitas admin akun hater tersebut terungkap. Ia diketahui tinggal di Bojonegoro, Jawa Timur.

Abdul Rozak dan Umi Kalsum pun mengambil langkah tegas dengan menyambangi rumah KD. Bersama keluarga Ayu Ting Ting, pihak kepolisian juga turut hadir mendatangi rumah pelaku yang diduga telah menghina anak Ayu Ting Ting. Momen labrak itu diketahui dari unggahan Instagram ibunda Ayu, Umi Kalsum @mom_ayting92_ pada 28 Juli 2021 lalu.

"Inilah rumah heters alhamduliah ibu ayah berserta aparat kepolisian kapolda setempat bisa sampai kerumah orang tuanya heters yang pertempat tinggal podomulo bojonegoro jawa timur yang bernama kartika damayanti," tulis Umi Kalsum pada postingannya.

4 dari 6 halaman

3. KD Minta Maaf

Sayangnya meski sudah menyambangi kediaman KD, sosok yang dicari rupanya tengah berada di Singapura. Umi Kalsum bahkan sempat mengusahakan agar sang hater diusut untuk meminta bantuan ke KBRI Singapura untuk memulangkan KD.

Tahu dirinya disambangi ke rumah, KD akhirnya minta maaf kepada Ayu Ting Ting dan keluarga lewat sebuah video. Ia menyebut tak akan lagi mengulangi perbuatannya. Ia bahkan mengakui kesalahan dengan sengaja membuat akun Instagram pribadinya @gundik_empang menjadi akun hater untuk menghina Ayu Ting Ting dan Bilqis.

Meski telah melakukan permintaan maaf, Ayu Ting Ting dan keluarga memilih untuk menutup pintu damai. Mereka ingin hukum tetap berjalan. Ayah Rozak meminta KD untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan hukum.

5 dari 6 halaman

4. Dilaporkan Balik

Rupanya aksi Ayah Rozak dan Umi Kalsum sambangi rumah KD disorot oleh Komisi C DPRD Kabupaten Bojonegoro, Sutikno. Kedatangan rombongan keluarga Ayu Ting Ting itu dianggap tidak etis dan melontarkan makian.

Bahkan politisi muda PKB tersebut meminta agar segera melakukan konsolidasi lapangan dengan membentuk tim untuk mengkajinya. Meski tak punya bukti rekaman saat orang tua Ayu disebut lontarkan makian, pihaknya menyebut memiliki saksi.

6 dari 6 halaman

5. Kini Berakhir Damai

Kini keluarga Ayu Ting Ting dan KD diketahui sudah memilih untuk mencabut masing-masing tuntutannya. Edi Prasetyo, mewakili pihak keluarga KD juga menyambut baik kesepakatan untuk berdamai dan mencabut laporan polisi tersebut. 

"Kita sudah sepakat untuk sama-sama mencabut laporan, jadi sebelum bulan Ramadan memang sudah sama-sama ingin mencabut laporan," kata Pengacara Ayu Ting Ting, Sandy Arifin di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (27/3/2022).

Edi Prasetyo juga menyebut bahwa pihaknya memang telah sejak lama berharap kasus ini bisa segera berakhir damai. Meski begitu, baik Ayu Ting Ting dan KD sama-sama tidak hadir dalam kesempatan penandatanganan surat perdamaian tersebut.

"Saya rasa dengan adanya kita sebagai tim kuasa hukum, dan kita sudah menerima kuasa secara resmi, dan juga dengan kesibukan Ayu, apalagi pihak keluarga KD juga sudah sepuh dan berada di luar kota," lanjut Sandy.