Sukses

Ekspor adalah Penjualan Barang ke Luar Negeri, Tujuan dan Jenisnya

Ekspor adalah salah satu tindakan ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta Ekspor adalah salah satu tindakan ekonomi. Bersama dengan impor, ekspor adalah kegiatan yang membentuk perdagangan internasional. Ekspor adalah bagian penting bagi ekonomi modern.

Ekspor adalah kegiatan yang bisa menguntungkan bagi seluruh unsur utama ekonomi. Melalui ekspor, cakupan pasar menjadi lebih luas. Bagi konsumen, ekspor adalah salah satu cara untuk mendapatkan barang-barang yang tidak mereka dapatkan di wilayahnya.

Ekspor adalah kegiatan yang juga membantu suatu negara tumbuh. Berikut pengertian tentang ekspor, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (28/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Arti ekspor

Ekspor adalah kata kerja yang berasal dari kata Latin exportare yang berarti “melaksanakan” atau “mengirimkan”. Menurut KBBI, ekspor adalah pengiriman barang dagangan ke luar negeri.

Mengekspor sesuatu berarti memindahkannya melintasi perbatasan. Produk ekspor adalah barang, jasa, atau ide yang dikirim atau dijual ke negeri asing.

Mengekspor sesuatu berarti memindahkannya dari lokasinya saat ini ke wilayah yang berbeda. Misalnya, perusahaan makanan di negara A menjual dan mengirim barang ke negara B.

Melansir Investopedia, ekspor adalah barang dan jasa yang diproduksi di satu negara dan dijual kepada pembeli di negara lain. Ekspor adalah salah satu bentuk transfer ekonomi tertua dan terjadi dalam skala besar antar negara.

3 dari 6 halaman

Tujuan ekspor

Melansir byjus, tujuan dari perdagangan ekspor adalah:

Penjualan kelebihan produksi

Suatu negara dapat memproduksi lebih dari yang dibutuhkannya. Kemudian, dalam hal ini, surplus dapat dijual ke luar negeri.

Pemanfaatan optimal sumber daya dalam negeri

Setiap negara memiliki sumber daya alam yang melimpah. Sumber daya ini dapat digunakan untuk meningkatkan produksi dan menjual ke negara-negara yang kekurangannya.

Kesempatan kerja

Bisnis internasional membantu perusahaan bisnis untuk fokus pada lebih banyak produksi yang membutuhkan lebih banyak tenaga kerja yang berarti lebih banyak kesempatan kerja.

Perolehan devisa

Suatu negara dengan produksi surplus dapat memperoleh devisa dengan menjual barang dan jasa ke negara lain.

Meningkatkan pendapatan nasional

Perolehan devisa karena ekspor menambah pendapatan nasional suatu negara. Ini membantu dalam meningkatkan standar hidup masyarakat.

 

4 dari 6 halaman

Jenis ekspor

Ekspor adalah kegiatan yang terdiri dari dua jenis. Ini meliputi ekspor langsung dan ekspor tidak langsung.

Ekspor langsung

Ekspor langsung adalah penjualan barang ke luar negeri tanpa melibatkan perantara. Dalam hal ekspor langsung, perusahaan itu sendiri melakukan penjualan produknya ke luar negeri dan bertanggung jawab untuk berurusan dengan perusahaan asing secara langsung.

Ekspor tidak langsung

Ekspor tidak langsung adalah penjualan barang ke luar negeri melalui perantara. Ekspor tidak langsung, melibatkan penggunaan bantuan perantara independen dan perantara penjualan yang bertanggung jawab mengirimkan produk ke luar negeri.

5 dari 6 halaman

Keuntungan ekspor

Bagi produsen

Mengekspor dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan jika mencapai pasar baru, dan bahkan dapat menghadirkan peluang untuk menangkap pangsa pasar global yang signifikan. Produksi yang lebih besar dapat menghasilkan skala ekonomi yang lebih besar dan margin yang lebih baik.

Bagi distributor

Dengan ekspor, muncul distributor pasar internasional. Distributor ini memungkinkan konsumen mengakses pasar internasional sambil menghindari masalah logistik dan banyak risiko terkait perdagangan. Distributor biasanya bertanggung jawab atas pengiriman barang, dan formalitas pabean serta dokumen yang menyertainya.

Bagi konsumen

Konsumen dapat memperoleh manfaat dari ekspor dengan mendapat produk yang tidak bisa didapatkannya secara lokal. Ini membuat konsumen memiliki banyak pilihan menentukan produk.

Bagi negara

Ekspor memfasilitasi perdagangan internasional dan merangsang kegiatan ekonomi domestik dengan menciptakan lapangan kerja, produksi, dan pendapatan. Suatu negara memiliki surplus perdagangan ketika mengekspor barang lebih banyak daripada mengimpor.

6 dari 6 halaman

Kekurangan ekspor

Sementara keuntungan mengekspor jauh lebih besar daripada kerugiannya, usaha kecil dan menengah terutama menghadapi beberapa tantangan ketika menjelajah di pasar internasional. Kekurangan ekspor adalah:

- Dibutuhkan lebih banyak waktu untuk mengembangkan pasar ekstra, dan periode pembayaran kembali lebih lama, biaya di muka untuk mengembangkan materi promosi baru, mengalokasikan personel untuk bepergian, dan biaya administrasi lain yang terkait dengan memasarkan produk dapat membebani sumber daya keuangan yang sedikit dalam ukuran kecil.

- Saat mengekspor, perusahaan mungkin perlu memodifikasi produk mereka untuk memenuhi kode keselamatan dan keamanan negara asing, dan batasan impor lainnya. Paling tidak, modifikasi seringkali diperlukan untuk memenuhi persyaratan pelabelan atau pengemasan negara pengimpor.

- Penagihan pembayaran dengan metode yang tersedia (rekening terbuka, prabayar, konsinyasi, penagihan dokumenter dan letter of credit) tidak hanya lebih memakan waktu daripada untuk penjualan domestik, tetapi juga lebih rumit. Dengan demikian, perusahaan harus hati-hati mempertimbangkan risiko keuangan yang terlibat dalam melakukan transaksi internasional.

- Meskipun kecenderungannya mengarah pada persyaratan lisensi ekspor yang lebih sedikit, fakta bahwa beberapa perusahaan harus mendapatkan lisensi ekspor untuk mengekspor barang-barang mereka membuat mereka kurang kompetitif. Dalam banyak kasus, dokumentasi yang diperlukan untuk ekspor lebih banyak terlibat daripada untuk penjualan domestik.

- Menemukan informasi tentang pasar luar negeri tidak diragukan lagi lebih sulit dan memakan waktu daripada mencari informasi dan menganalisis pasar domestik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.