Sukses

12 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri yang Perlu Diwaspadai, Bisa Jadi Indikasi Penyakit

Liputan6.com, Jakarta Penyebab sakit kepala sebelah kiri dapat terjadi karena beberapa faktor, mulai dari gaya hidup, makanan, hingga penyakit tertentu. Sakit kepala sebelah kiri bisa datang secara perlahan atau tiba-tiba dan sering kali terasa seperti nyeri yang hebat atau berdenyut.

Terkadang, rasa nyeri saat sakit kepala sebelah kiri juga bisa menjalar sampai ke leher, gigi, atau di daerah belakang mata. Sakit kepala sebelah kiri yang hanya terjadi sesekali dan berlangsung dalam waktu singkat umumnya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, Anda perlu waspada apabila rasa nyeri saat sakit kepala sebelah kiri terasa sangat sakit, sering, dan tak kunjung hilang.

Apabila sakitnya tak kunjung hilang, ini bisa menjadi pertanda kondisi yang lebih serius. Supaya rasa sakit tersebut dapat teratasi dengan cara yang tepat dan untuk mengantisipasi kondisi yang berbahaya, kenali apa saja penyebab sakit kepala sebelah kiri beserta gejalanya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai penyebab sakit kepala sebelah kiri beserta ciri-ciri dan cara mengatasinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (28/3/2022).

2 dari 5 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri yang Perlu Diwaspadai

1. Konsumsi minuman keras secara berlebihan

Penyebab sakit kepala sebelah kiri yang pertama adalah karena gaya hidup berupa sering minum alkohol berlebih. Minuman beralkohol seperti bir, wine, dan minuman alkohol lainnya mengandung etanol. Etanol adalah senyawa kimia yang memicu pelebaran pembuluh darah di kepala, sehingga dapat menyebabkan sakit kepala di bagian kiri.

2. Makan tidak teratur

Penyebab sakit kepala sebelah kiri yang selanjutnya adalah karena gaya hidup berupa makan tidak teratur. Otak Anda membutuhkan gula (glukosa) dari makanan agar bisa berfungsi optimal. Itu sebabnya, ketika Anda sering melewatkan waktu makan, gula darah akan menurun drastis. Akibatnya, otak Anda pun tidak bisa berfungsi optimal dan mengakibatkan sakit kepala.

3. Kurang tidur

Penyebab sakit kepala sebelah kiri yang selanjutnya adalah karena gaya hidup berupa kurang tidur. Kondisi ini meningkatkan hormon stres kortisol yang bisa memicu sakit kepala di salah satu bagian kepala. Itu alasan sakit kepala tegang (tension headache) lebih sering muncul dan memburuk setelah Anda begadang. Selain itu, orang yang memiliki gangguan tidur seperti obstructive sleep apnea lebih berpotensi untuk mengalami sakit kepala bagian kiri akibat kurang tidur.

4. Makanan sehari-hari

Penyebab sakit kepala sebelah kiri yang selanjutnya adalah karena gaya hidup berupa makanan sehari-hari. Beberapa makanan bisa jadi penyebab sakit kepala bagian kiri. Hal yang paling umum adalah makanan berpengawet atau berpemanis buatan, kafein, daging olahan, dan makanan asin.

3 dari 5 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri yang Perlu Diwaspadai

5. Stres

Setiap waktu, Anda bisa saja mengalami stres. Hal ini mungkin terjadi karena pekerjaan, masalah keuangan, masalah dengan pasangan atau keluarga, atau bisa saja hanya karena kemacetan di jalan. Stres menyebabkan tubuh Anda menimbulkan respon “fight or flight” yang membuat otot menegang dan menurunkan sirkulasi darah, sehingga dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri.

6. Sakit kepala cluster dan migrain

Sakit kepala bisa dirasakan di seluruh bagian kepala, tapi bisa juga terasa lebih berat atau terfokus di bagian tertentu, seperti sisi kiri atau kanan kepala. Sakit kepala yang terasa lebih dominan di salah satu sisi kepala biasanya disebabkan oleh sakit kepala cluster atau migrain. Kondisi ini biasanya lebih sering muncul ketika kelelahan, stres, kurang tidur, atau rangsangan tertentu, seperti aroma yang kuat atau cahaya yang silau. Durasi sakit kepala sebelah kiri karena migrain atau sakit kepala cluster juga bervariasi, dari yang hanya beberapa menit hingga seharian.

7. Infeksi dan alergi

Penyebab sakit kepala sebelah kiri yang selanjutnya adalah infeksi dan alergi. Infeksi saluran pernapasan, seperti flu, kerap disertai dengan gejala demam, batuk, pilek, dan sakit kepala. Sementara itu, reaksi alergi dapat memicu saluran napas dan rongga sinus mengalami penyempitan, sehingga memicu sakit kepala sebelah kiri. Kondisi ini umumnya lebih sering terjadi pada orang yang memiliki sinusitis.

8. Trigeminal neuralgia

Trigeminal neuralgia merupakan gangguan saraf trigeminus yang berfungsi menghantarkan sensasi atau rangsang fisik dari area wajah menuju otak. Kondisi ini bisa ditandai dengan rasa sakit pada satu sisi wajah, sehingga mungkin untuk menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri.

4 dari 5 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri yang Perlu Diwaspadai

9. Tekanan darah tinggi

Meski tidak memiliki gejala fisik yang khas, tekanan darah tinggi bisa memicu timbulnya sensasi tegang pada leher, hingga sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah kiri.

10. Stroke

Penyebab sakit kepala sebelah kiri yang selanjutnya adalah stroke. Sakit kepala secara mendadak dan parah bisa menjadi pertanda adanya serangan stroke. Oleh karena itu, Anda perlu waspada bila mengalami gejala ini dan segera konsultasikan ke dokter, terutama jika diiringi dengan kelemahan pada satu sisi tubuh dan kesulitan menelan atau berbicara.

11. Gegar otak

Gegar otak biasanya disebabkan karena benturan atau pukulan keras yang mengakibatkan cedera pada otak. Gegar otak dapat menimbulkan gejela, termasuk sakit kepala sebelah kiri.

12. Tumor otak

Penyebab sakit kepala sebelah kiri yang selanjutnya adalah tumor otak. Tumor otak merupakan kondisi ketika sel tumor atau kanker tumbuh di jaringan otak. Tumor dapat menyebabkan sakit kepala yang intens, mendadak, berulang, dan bersamaan dengan gejala lain, seperti kehilangan penglihatan, gangguan bicara, kesulitan berjalan, sering muntah, dan kejang.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Beberapa jenis sakit kepala menyebabkan rasa sakit hanya pada satu sisi kepala. Biasanya, kita bisa meredakan sakit kepala ini dengan obat yang dijual bebas dan perubahan gaya hidup, seperti relaksasi dan istirahat. Temui dokter jika mengalami sakit kepala parah atau yang mengganggu aktivitas harian. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah sebagai cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri dengan cepat, antara lain:

1. Mengaplikasikan kompres hangat atau dingin ke kepala atau leher.

2. Berendam di bak mandi air hangat, berlatih pernapasan dalam.

3. Mendengarkan musik yang menenangkan untuk bersantai.

4. Beristirahat yang cukup, yakni tidur selama 7 hingga 9 jam setiap harinya.

5. Makan sesuatu jika gula darah rendah.

6. Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti aspirin, ibuprofen (Advil), atau acetaminophen (Tylenol).