Sukses

Cara Membuat Peta Konsep di Word yang Menarik, Mudah dan Praktis

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat peta konsep di Microsoft Word selalu digunakan oleh banyak ketika ingin menyelesaikan berbagai pekerjaan. Peta konsep umumnya menggunakan diagram yang digambar untuk menjelaskan topik atau ide sentral.

Peta konsep adalah sebagai ilustrasi grafis konkret yang mengindikasikan bagaimana sebuah konsep tunggal dikaitkan dengan konsep lain dalam kategori yang sama. Peta konsep dinilai sebagai metode penjelasan yang praktis dan efisien.

Pada dasarnya, peta konsep mirip dengan peta jalan. Kendati demikian, peta ini fokus kepada hubungan antara ide-ide, bukan antara tempat. Selain itu, peta konsep juga fokus terhadap hubungan sebab akibat.

Berikut ini cara membuat peta konsep beserta pengertian dan ciri-cirinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (28/3/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Pengertian Peta Konsep

Sebelum mengetahui cara membuat peta konsep, anda perlu mengenal pengertian peta konsep. Menurut Novak dan Canas, peta konsep adalah sebuah alat bantu berbentuk grafik yang berfungsi untuk mengorganisir dan merepresentasikan pengetahuan. Sedangkan menurut Cassata dan French, memandang peta konsep sebagai alat metakognitif yang bisa meningkatkan pemikiran reflektif seseorang terkait apa yang sudah diketahui lewat representasi arti konsep dan hubungannya.

Sedangkan menurut Novak dan Gowin, peta konsep adalah strategi digunakan oleh seseorang dalam memahami dan menyusun konsep-konsep yang telah dipelajari supaya terlihat keterkaitannya. keterkaitan hubungan antarkonsep bisa dilihat dari cakupan materi berdasarkan urutan atau hierarkinya. Materi yang lebih umum diletakkan di atas, sementara materi yang khusus diletakkan di bagian bawahnya. Pada umumnya, peta konsep tersusun dari beberapa konsep yang saling memiliki keterkaitan. Konsep penting dicatat agar mudah diingat. Selain itu, keterikatan antarkonsep juga memiliki makna yang diwujudkan dalam bentuk poin-poin tertentu.

Lebih sederhananya, peta konsep merupakan organiser grafis yang dimanfaatkan untuk membantu peserta didik guna mengatur dan mewakili pengetahuan tentang suatu subjek. Peta konsep biasanya terdiri atas kata-kata, gambar, garis, dan warna.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Peta Konsep

Sebelum mengetahui cara membuat peta konsep, anda perlu memahami ciri-ciri peta konsep. Berikut ini sejumlah ciri-ciri dari peta konsep yang dapat menjadi patokan:

1. Peta konsep ialah suatu cara untuk memperlihatkan konsep, uraian, kata kunci, dan poin penting dalam suatu bidang pembelajaran.

2. Peta konsep menunjukkan hubungan antara konsep-konsep materi yang dirangkum.

3. Peta konsep harus mempunyai kata kunci. Poin penting ini bertujuan agar materi mudah diingat karena dapat menggambarkan uraian yang lebih bermakna daripada pembahasan yang lain.

4. Penyusunan materi agar lebih teratur.

5. Kata-kata kunci dalam peta konsep saling berkaitan, serta memerlukan ide dan tajuk di tengahnya.

4 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Peta Konsep

Sebelum mengetahui cara membuat peta konsep, anda perlu mengenal jenis-jenis peta konsep. Peta konsep dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

1. Pohon Jaringan

Peta konsep jenis pohon jaringan cocok digunakan untuk memvisualisasikan suatu informasi yang sebab-akibat, hierarki, serta prosedur yang bercabang. Peta konsep ini dibuat dengan menempatkan ide-ide pokok dalam persegi empat. Selanjutnya, beberapa kata lain dihubungkan oleh garis penghubung. Kata-kata pada garis penghubung tersebut menyatakan hubungan antara konsep-konsep.

2. Laba-laba

Kebanyakan orang menggunakan peta konsep laba-laba untuk curah pendapat. Curah pendapat sendiri merupakan bentuk diskusi yang dilakukan untuk menghimpun gagasan, informasi, pendapat, pengetahuan, dan pengalaman.

3. Rantai Kejadian

Biasanya, rantai kejadian dimanfaatkan untuk menyatakan urutan kejadian hingga langkah-langkah dalam suatu prosedur. Untuk membuatnya, Anda harus menemukan kejadian yang mengawali rantai. Lalu, temukan kejadian berikutnya hingga mencapai hasil.

4. Peta Konsep Siklus

Peta konsep jenis ini tidak menghasilkan suatu hasil akhir. Kejadian akhir pada rantai tersebut akan terhubung kembali ke kejadian awal. Artinya siklus ini terus berulang tanpa akhir.

5 dari 6 halaman

Manfaat Peta Konsep

Ada beberapa manfaat peta konsep, antara lain adalah:

1. Mempermudah pemahaman terhadap suatu materi.

2. Mempermudah seseorang untuk konsentrasi dan mengingat suatu materi.

3. Membantu proses belajar agar lebih cepat dan efisien.

4. Melatih otak untuk melihat secara keseluruhan dan terperinci.

5. Membantu menghasilkan ide-ide baru (brainstorming).

6. Menghemat waktu dalam belajar.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Peta Konsep di Word

1. Buka Microsoft Word di Laptop atau PC

Cara membuat peta konsep yang pertama adalah anda bisa membuka Microsoft Word di desktop PC atau laptop, kemudian pilih halaman kosong.

2. Buka Tab 'Insert' di Microsoft Word

Selanjutnya, cara membuat peta kosong adalah buka tab Insert dan klik panah drop-down di bawah Shapes. Nantinya, anda akan menemukan beberapa bentuk yang berbeda, seperti persegi panjang, bentuk dasar, garis, panah, blok, bentuk persamaan, diagram, alur, dan lainnya.

3. Pilih Bentuk yang Diinginkan

Kemudian, cara membuat peta konsep adalah dengan pilih bentuk yang diinginkan untuk ditampilkan sebagai judul utama. Lalu, letakkan saja di halaman yang kosong tadi. Untuk memilih dan mengatur berbagai bentuk menggambar peta, anda perlu mengingat peta konsep yang digambarkan dalam hierarki, sehingga dapat memulainya dari atas dan mengembangkan ide utama ke dalam sub-topik yang berbeda.

4. Gunakan Garis untuk llustrasikan Hubungan dan Teks

Setelah itu, cara membuat peta konsep adalah menggunakan garis untuk mengilustrasikan hubungan dan tambahkan teks pada tautan silang untuk menunjukkan jenis hubungannya.

5. Edit dan Kustomisasi

Microsoft Word menyediakan banyak pilihan format untuk mengedit dan kustomisasi peta konsep. Jadi, hal itu dapat memudahkan anda untuk berkreasi sesuai kebutuhan. Pada langkah ini, anda dapat mengisi peta konsep tersebut dengan data-data yang ingin anda sampaikan.

6. Menyimpan File Peta Konsep

Cara membuat peta konsep yang terakhir adalah anda bisa menyimpan file peta konsep yang sudah dibuat. Langkahnya, klik file dan simpan di dalam dokumen anda.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS