Sukses

6 Penyebab Kantung Mata Hitam dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab kantung mata hitam dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kantung mata hitam perlu diperhatikan setiap orang. Pasalnya, kondisi ini bisa menghampiri siapa saja. Kantung mata hitam berkaitan dengan berbagai faktor yang berkaitan dengan gaya hidup yang kurang sehat.

Pola hidup yang kurang sehat, kebiasaan tidur malam atau begadang, dan menatap layar hp dalam waktu lama, bisa meningkatkan risiko munculnya kantung mata hitam. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan kebiasaan sehari-hari untuk mencegah kantung mata.

Penyebab kantung mata hitam dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat. Selain itu, faktor genetik dan alergi juga bisa menjadi faktor lain yang mengakibatkan mata panda ini. Oleh karena itu, kamu perlu menghindari penyebabnya serta segera mengatasinya dengan bahan-bahan alami yang ampuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/3/2022) tentang penyebab kantung mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Kantung Mata Hitam

Kurang Tidur

Penyebab kantung mata hitam yang paling utama adalah kurang tidur. Saat kurang tidur, darah tidak mengalir dengan baik. Akibatnya, darah yang terkumpul di bawah mata dapat terlihat, karena kulit di daerah ini sangat tipis. Selain kantung mata hitam, kurang tidur juga membuat mata menjadi tampak bengkak. Hal ini karena kurang tidur dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah, maka penampilan wajah pun dapat menjadi kusam dan muncul mata panda.

Penuaan

Penuaan bisa menjadi penyebab kantung mata hitam yang harus diperhatikan. Penuaan tidak melulu berlaku bagi orang-orang yang sudah lanjut usia, sebab penuaan bisa terjadi pada seseorang yang berusia 20 tahun ke atas. Kantung mata akibat penuaan akan memberi kesan penggelapan di bawah mata.

Penyebab kantung mata hitam yang diakibatkan penuaan terjadi akibat penipisan kulit bawah mata. Kondisi ini membuat pembuluh darah menjadi lebih jelas dan lebih gelap. Penggunaan concealer dapat menyamarkannya. Namun, penggelapan hanya bisa diatasi dengan krim berkafein/niacinamide.

Alergi

Saat mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin. Penyebab kantung mata hitam pada wanita ini akan menyebabkan pelebaran pembuluh darah area mata. Kantung mata kehitaman yang disebabkan alergi disebut dengan Allergic Shiner. Alergi ini biasanya disebabkan kebiasaan menggosok mata dan adanya akumulasi cairan pada bawah mata.

3 dari 5 halaman

Penyebab Kantung Mata Hitam

Faktor Genetik

Penyebab kantung mata hitam juga bisa dipengaruhi faktor genetik. Kondisi seperti ini akan lebih sulit diatasi, sebab kantung mata sudah muncul sejak kecil. Faktor genetik bisa berupa pigmentasi hingga bentuk tulang mata. Faktor genetik ini juga akan membuat mata terlihat lebih gelap.

Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Penyebab kantung mata hitam lainnya adalah kebiasaan merokok dan minum alkohol. Gaya hidup yang tidak baik ini dapat menjadi penyebab kantung mata hitam karena menumpuknya cairan di dalam tubuh. Efek mengonsumsi alkohol dan merokok lama kelamaan dapat membuat aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar sehingga lingkar mata terlihat lebih gelap seperti mata panda.

Dehidrasi

Penyebab kantung mata hitam yang selanjutnya adalah dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, mata panda akan muncul dengan sendirinya. Dehidrasi juga akan membuat kulit di sekitar mata tampak kering dan kasar. Selain itu, kulit di bawah mata akan terlihat cekung dan sayu.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kantung Mata Hitam Secara Alami

Mentimun

Cara menghilangkan kantung mata secara alami yang mungkin sudah dikenal banyak orang adalah menggunakan mentimun. Kandungan vitamin A, B, dan C, serta kandungan air yang tinggi dan berbagai mineral seperti kalium, magnesium atau silikon pada mentimun sangat baik untuk mendukung mata agar sehat dan terlihat lebih segar.

Caranya taruh irisan mentimun pada area mata lebih kurang selama 30 menit. Menempelkan irisan mentimun pada area mata, tentu saja merupakan cara menghilangkan kantong mata yang sudah diketahui oleh banyak orang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mentimun memiliki banyak khasiat luar biasa untuk kesehatan mata. Lakukan secara rutin.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bukan hanya bermanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit, tapi juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata. Ini berkat antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun membantu mencerahkan kulit di bawah mata yang gelap.

Selain itu, ia juga mampu menghidrasi dan melembapkan kulit. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ke area kantung mata dan pijat perlahan. Gunakan setiap hari sebelum tidur. Lakukan cara ini secara rutin hingga mata panda mulai memudar.

Kentang

Kentang mempunyai kandungan asam fosfat dan asam sitrat yang tinggi sehingga bermanfaat untuk mengurangi radang dan menjaga kelenturan kulit. Cara menghilangkan kantung mata dengan kentang mudah saja diterapkan.

Kupas dan cuci bersih kentang hingga tidak ada getah kentang. Blender kentang sampai halus. Masukkan kentang yang sudah halus ke dalam kantong yang bersih dan lembut. Kompreskan kain tersebut pada kedua mata selama 15 menit. Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan. Lakukan langkah ini secara rutin untuk hasil maksimal.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kantung Mata Hitam Secara Alami

Lidah Buaya

Kandungan vitamin E, A, dan C pada lidah buaya dapat membantu menutrisi kulit dan memperbaiki kondisi kulit. Berkat kandungan tersebut, rutin mengaplikasikan lidah buaya di bagian bawah mata setiap tidur malam, dapat membantu untuk menghilangkan kantung mata. Caranya, usapkan gel lidah buaya pada bagian bawah mata yang menghitam, dan diamkan selama 15 menit. Bilas dan bersihkan dengan air.

Kantong Teh

Kantong the juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata. Pasalnya, tannin pada kantong teh celup dapat mengurangi pembengkakan dan perubahan warna lingkar mata.

Caranya, simpan kantong teh semalaman di dalam kulkas untuk digunakan pagi harinya. Letakkan di atas matamu (dalam keadaan terpejam) selama 10-15 menit. Penggunaan kantong teh sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata ini cukup sering dilakukan orang-orang.

Es Batu

Es batu sejak dulu dikenal dapat mengatasi berbagai permasalahan kecantikan, termasuk untuk cara menghilangkan kantung mata. Pasalnya, es batu dapat mengontrol peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebihan pada plantar fascia (jaringan). Penggunaan es batu sangat mudah dan digadang-gadang sangat ampuh untuk menghilangkan kantung mata hitam. Cara menghilangkan kantung mata dengan es batu adalah, bungkus es batu dengan handuk atau kain bersih. Gunakan untuk mengompres area mata sekitar 10 menit dengan jeda waktu beberapa kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.