Sukses

Gagasan Utama adalah Pikiran Pokok, Kenali dalam Paragraf

Liputan6.com, Jakarta Gagasan utama adalah bagian penting dalam sebuah teks atau paragraf. Mencari gagasan utama adalah cara untuk memahami sebuah bacaaan. Gagasan utama adalah pernyataan yang menjadi dasar dari berkembangnya sebuah paragraf.

Tapi, terkadang gagasan utama sering sulit ditemukan. Ini karena gagasan utama adalah bagian yang bisa diletakkan di mana saja dalam sebuah teks. Menemukan gagasan utama adalah salah satu keterampilan membaca yang paling penting untuk dikuasai.

Gagasan utama adalah tentang apa isi teks yang dibaca. Mencari gagasan utama adalah kemampuan yang harus dimiliki siapa saja. Berikut pengertian gagasan utama, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (29/3/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Apa itu gagasan utama?

Melansir ThoughtCo, gagasan utama adalah pokok atau konsep utama yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca tentang topik tersebut. Gagasan utama memberikan gagasan menyeluruh tentang apa paragraf itu dan didukung oleh perincian dalam kalimat-kalimat berikutnya dalam paragraf.

Gagasan utama adalah pernyataan yang paling penting, dalam sebuah paragraf. Ini menyatakan tujuan dan menetapkan arah paragraf. Novel, esai, cerita pendek, puisi, dan artikel berita semuanya memiliki.

Gagasan utama dapat dinyatakan secara tersurat atau tersirat. Ketika gagasan utama paragraf dinyatakan tersurat, ia paling sering ditemukan di kalimat pertama paragraf. Namun, gagasan utama dapat ditemukan dalam kalimat apa pun dari paragraf.

3 dari 7 halaman

Tujuan gagasan utama

Gagasan utama adalah kalimat yang mencakup semua yang dibicarakan paragraf secara umum, tetapi tidak termasuk secara spesifik. Detail tersebut akan muncul dalam kalimat atau paragraf selanjutnya dan menambahkan nuansa dan konteks. Gagasan utama akan membutuhkan detail tersebut untuk mendukung argumennya.

Tujuan gagasan utama adalah sebagai titik sentral atau pemikiran yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca. Gagasan utama menjawab pertanyaan spesifik: siapa atau apa yang sedang dibahas. Dalam artikel multi-paragraf, gagasan utama diungkapkan dalam pernyataan tesis, yang kemudian didukung oleh poin-poin individu yang lebih kecil.

4 dari 7 halaman

Letak gagasan utama

Letak gagasan utama bisa menentukan jenis sebuah paragraf. Berikut letak gagasan utama menurut jenis paragrafnya:

Paragraf deduktif

Paragraf deduktif merupakan jenis paragraf yang gagasan utamanya berada di awal paragraf. Paragraf ini dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas.

Paragraf Induktif

Paragraf Induktif merupakan kebalikan dari paragraf deduktif. Paragraf ini memiliki gagasan utama di akhir paragraf. Paragraf induktif dimulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan kemudian diakhiri dengan kalimat topik. Paragraf induktif dapat dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu generalisasi, analogi, dan kausalitas.

Paragraf campuran

Paragraf campuran merupakan jenis paragraf yang memiliki gagasan utama di awal dan akhir paragraf. Jenis paragraf ini dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok diikuti kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat utama lagi sebagai penjelas.

Paragraf ini didahului dengan menuangkan kalimat ide pokok di awal paragraf. Kemudian kalimat ide pokok tersebut dikembangkan menjadi beberapa kalimat penjelas. Setelahnya, di akhir paragraf ditarik simpulan berupa kalimat pendukung untuk menegaskan gagasan pokok di awal paragraf.

5 dari 7 halaman

Cara mencari gagasan utama

Gagasan utama adalah bagian yang bisa menyebar di mana saja dalam sebuah paragraf. Melansir ThoughtCo, berikut cara mencari gagasan utama dalam sebuah teks:

Identifikasi topik

Bacalan teks ecara menyeluruh, lalu cobalah untuk mengidentifikasi topiknya. Tentang siapa atau tentang apa paragraf itu?

Meringkas

Setelah membaca teks dengan seksama, ringkaslah teks dalam satu kalimat. Anggaplah kamu hanya memiliki sepuluh hingga dua belas kata untuk memberi tahu seseorang tentang teks itu.

6 dari 7 halaman

Cara mencari gagasan utama

Lihat kalimat pertama dan terakhir

Pengarang sering kali meletakkan gagasan utama di dalam atau di dekat kalimat pertama atau terakhir paragraf atau artikel. Jadi, pisahkan kalimat-kalimat itu untuk melihat apakah kalimat itu masuk akal sebagai tema keseluruhan paragarf.

Cari pengulangan ide

Jika kamu membaca sebuah paragarf dan idak tahu bagaimana meringkasnya karena ada begitu banyak informasi, mulailah mencari kata, frasa, atau ide terkait yang berulang. Apa yang secara konsisten dibicarakan oleh paragraf ini? Apa yang coba disampaikan?

Tinjau fakta atau statistik

Biasanya, jika seorang penulis mengutip cerita atau statistik tertentu, itu dimaksudkan untuk meningkatkan poin menyeluruh, atau gagasan utama mereka. Jika beberapa baris pertama atau terakhir tidak memberimu indikasi apa pun, kunjungi kembali cuplikan kecil atau cerita yang dibagikan di seluruh teks, serta fakta atau statistik apa pun.

7 dari 7 halaman

Beda gagasan utama dan tema

Tema dan gagasan utama adalah dua bagian teks yang sering disamakan. Tapi, sebenarnya keduanya adalah bagian yang berbeda.

Tema adalah pesan mendasar yang ingin disampaikan penulis. Tema adalah subjek umum dari sebuah paragraf atau esai. Topiknya sederhana dan dijelaskan hanya dengan kata atau frasa.

Sementara gagasan utama adalah kalimat lengkap. Ini termasuk topik dan apa yang ingin dikatakan penulis tentangnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS