Sukses

Gaya adalah Penyebab Benda Bergerak, Ketahui Rumus dan Macamnya

Gaya adalah topik penting dalam fisika.

Liputan6.com, Jakarta Gaya adalah topik penting dalam fisika. Dalam kehidupan sehari-hari, gaya adalah penyebab segala sesuatu bisa bergerak. Contoh dari gaya adalah jatunhnya buah dari pohon ke tanah, gerakan tarik menarik magnet, gerakan orang berlari, dan masih banyak lagi. 

Gaya adalah konsep yang berkaitan dengan dorongan atau tarikan. Gaya adalah reaksi yang selalu mengiringi manusia. Ada banyak macam gaya yang ada di bumi.

Semua gaya adalah hasil dari interaksi benda. Memahami apa itu gaya adalah dasar mempelajari fisika. Berikut pengertian gaya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(29/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Apa itu gaya?

Gaya adalah tarikan dan dorongan yang terjadi pada suatu benda. Dalam ilmu fisika gaya adalah interaksi apapun yang dapat menyebabkan sebuah benda bermassa mengalami perubahan gerak, baik dalam bentuk arah, maupun konstruksi geometris.

Secara sederhana, gaya adalah dorongan atau tarikan pada suatu benda bermassa yang menyebabkan benda tersebut berubah kecepatannya. Setiap kali ada interaksi antara dua benda, ada gaya pada masing-masing benda. Ketika interaksi berhenti, kedua benda tidak lagi mengalami gaya.

Gaya disimbolkan dengan huruf F (Force). Dalam Satuan Internasional (SI), satuan yang digunakan untuk mengukur gaya adalah Newton yang dilambangkan dengan N. Alat pengukur gaya adalah dinamometer, atau neraca pegas.

3 dari 8 halaman

Rumus gaya

Satuan SI untuk gaya adalah newton (N). Dalam persamaan dan diagram, gaya biasanya dilambangkan dengan simbol F. Ada tiga rumus gaya yang digunakan hingga saat ini. Rumus gaya adalah rumus yang terdapat pada Hukum Newton. Berikut ketiga rumus gaya sesuai Hukum Newton:

Hukum Newton 1

Dalam hukum Newton 1 dijelaskan bahwa:

Setiap benda akan mempertahankan keadaan diam atau bergerak lurus beraturan, kecuali ada gaya yang bekerja untuk mengubahnya.

∑F = 0

Keterangan: ∑F = resultan gaya (kilogram m/s2)

Hukum Newton 2

Dalam hukum Newton 2 dijelaskan bahwa:

Benda bermassa M mengalami gaya resultan sebesar F akan mengalami percepatan a yang arahnya sama dengan arah gaya, dan besarnya berbanding lurus terhadap F dan berbanding terbalik terhadap M.

∑F = m.a

Keterangan:

∑F = resultan gaya (kilogram m/s2) m = massa benda (kilogram)

a = percepatan (m/s2)

Hukum Newton 3

Dalam hukum Newton 3 dijelaskan bahwa:

Untuk setiap aksi selalu ada reaksi yang sama besar dan berlawanan arah atau gaya dari dua benda pada satu sama lain selalu sama besar dan berlawanan arah.

∑F aksi = -∑F reaksi

 

4 dari 8 halaman

Macam-macam gaya

Gaya normal

Gaya normal adalah gaya reaksi yang timbul ketika suatu benda diletakkkan secara tegak lurus di atas sebuah permukaan bidang. Besarnya gaya normal yang terjadi pada suatu benda ditentukan oleh besarnya gaya lain yang juga bekerja pada benda pada saat yang sama.

Contohnya, jika sebuah buku bertumpu pada suatu permukaan, maka permukaan tersebut mengerahkan gaya ke atas pada buku tersebut untuk menopang bobot buku.

Gaya otot

Gaya otot adalah macam-macam gaya yang dimiliki makhluk hidup yang mempunyai otot. Gaya ini timbul dari adanya koordinasi antara struktur otot dengan rangka tubuh. Gaya otot termasuk ke dalam kelompok Gaya sentuh.

Contoh gaya otot adalah ketika seseorang mengangkat beban. Untuk mengangkat beban, otot di dalam tubuhnya berkoordinasi sehingga mampu menggerakkan tangan untuk mengangkat beban yang ada.

5 dari 8 halaman

Macam-macam gaya

Gaya pegas

Gaya Pegas adalah macam gaya yang dihasilkan oleh sebuah pegas yang memiliki sifat elastis. Gaya pegas muncul karena pegas bisa merapat dan merenggang sehingga bentuknya bisa kembali seperti semula setelah terjadi gaya tersebut. Contoh gaya pegas adalah ketika seseorang pemanah menarik anak panah.

Gaya gesek

Gaya gesek adalah macam-macam gaya yang muncul akibat adanya sentuhan langsung antara dua permukaan benda. Gaya gesek memiliki arah yang selalu berlawanan dengan arah gerak benda. Contoh gaya gesek adalah saat berjalan, ada gesekan antara kaki dan tanah.

6 dari 8 halaman

Macam-macam gaya

Gaya mesin

Gaya mesin adalah gaya yang dihasilkan dari kerja mesin. Contoh gaya mesin terdapat pada mobil, motor, atau peralatan elektronik. Gaya mesin dinilai sangat efektif dalam membantu meringankan aktivitas manusia.

Gaya gravitasi

Gaya gravitasi adalah macam-macam gaya tarik terhadap seluruh benda bermassa yang terdapat pada permukaannya. Salah satu contoh paling dekat adalah gaya gravitasi bumi. Jika tidak terdapat gaya gravitasi di bumi, maka setiap benda yang ada akan melayang seperti di luar angkasa.

7 dari 8 halaman

Macam-macam gaya

Gaya listrik

Gaya listrik yaitu jenis gaya yang dihasilkan oleh benda-benda bermuatan listrik dalam medan listrik. Contohnya kipas angin yang bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi gerak.

Gaya magnet

Gaya magnet merupakan konsekuensi dari gaya elektromagnetik, salah satu dari empat gaya dasar alam, dan disebabkan oleh gerakan muatan. Dua benda yang mengandung muatan dengan arah gerak yang sama memiliki gaya tarik magnet di antara keduanya. Demikian pula, benda-benda dengan muatan yang bergerak ke arah berlawanan memiliki gaya tolak di antara mereka. Contoh gaya magnet adalah saat kamu menempelkan magnet dekoratif pada pintu kulkas.

8 dari 8 halaman

Macam-macam gaya

Gaya tegangan

Gaya tegangan adalah macam-macam gaya yang disalurkan melalui tali, kabel atau kawat saat ditarik kencang oleh gaya yang bekerja dari ujung yang berlawanan. Gaya tegangan diarahkan di sepanjang kabel dan menarik secara merata pada objek di ujung kabel yang berlawanan. Contoh gaya tegangan adalah saat menderek mobil yang mogok.

Gaya hambatan udara

Hambatan udara adalah jenis gaya gesekan khusus yang bekerja pada benda saat bergerak di udara. Gaya hambatan udara sering diamati untuk melawan gerakan suatu benda. Gaya ini bisa terlihat pada objek yang bergerak dengan kecepatan tinggi. Contohnya skydiver, pemain ski yang menuruni bukit, atau objek dengan area permukaan yang luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.