Sukses

20 Wisata Pasuruan Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Memesona

Wisata Pasuruan terdiri dari pantai dan air terjun yang indah.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Pasuruan terdiri dari pantai dan air terjun yang indah. Hal ini tidak lepas dari kondisi geografis wilayah Pasuruan yang berada di dataran rendah dan dikelilingi oleh beberapa pegunungan. Wilayah Pasuruan juga berbatasan langsung dengan laut utara pulau Jawa.

Banyak wisata alam menarik yang bisa kamu kunjungi di Pasuruan. Apalagi, kabupaten Pasuruan juga berada di kompleks pegunungan Tengger dengan Gunung Bromo merupakan atraksi wisata utama di Kabupaten Pasuruan. Pasuruan bisa menjadi alternatif tempat berlibur ketika pergi ke Jawa Timur.

Wisata Pasuruan Jawa Timur menyuguhkan keindahan alam yang menawan. Banyak destinasi pantai dan air terjun mengagumkan yang dapat kamu kunjungi saat di Pasuruan, keindahannya tidak kalah dengan destinasi di daerah lain. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi kebun raya dan pemandian alami yang menyegarkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/3/2022) tentang wisata Pasuruan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Pasuruan

Pantai Penunggul

Pantai Penunggul adalah pantai yang terkenal dengan pasirnya yang putih. Selain itu, di wisata Pasuruan ini kamu bisa menikmati wisata mangrove atau bakau yang memiliki luas 144 hektar. Pantai berpasir putih ini barada di alamat Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Pasuruan. Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai ini akan dikenakan tiket seharga Rp 10.000 saja. 

Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno berada di Jl. Putuk Truno, Prigen, Pasuruan. Air terjun ini dikenal dengan legenda kisah cinta tak direstui Pangeran Joko Taruno dan Putri Sri Gading Lestari, yang hidup pada era kejayaan Kerajaan Majapahit.

Konon wisata Pasuruan ini merupakan tempat Putri Sri Gading Lestari diasingkan agar tidak bertemu lagi dengan sang pangeran. Namun, dengan kekuatan cinta, keduanya dapat bersatu mengalahkan halangan yang melintang. Sampai sekarang, para pengunjung percaya, jika berkunjung ke air terjun Putuk Truno, akan diberkahi cinta yang kekal abadi.

Pemandian Banyu Biru

Wisata Pasuruan berikutnya adalah Pemandian Banyu Biru. Hanya berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Pasuruan ke arah selatan, atau bisa ditempuh dalam waktu 30-40 menit, kamu bisa singgah ke Pemandian Banyu Biru yang sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda.

Selain fasilitas yang cukup lengkap dan suasana alam yang menyejukkan, di kolam ini terdapat ikan-ikan berukuran besar yang konon dikeramatkan. Lokasinya berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Air Terjun Alap-alap

Air terjun Alap-alap berada tak jauh dari air terjun Kakek Bodo, tepat berada di atasnya. Air terjun Alap-Alap mempunyai tinggi sekitar 40 meter dan mempunyai tiga tingkatan. Medan menuju wisata Pasuruan ini cukup curam sehingga tak banyak orang yang menjangkaunya. Namun, keindahan yang disajikan air terjun ini tak dapat diragukan lagi.

3 dari 6 halaman

Wisata Pasuruan

Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi merupakan pusat konservasi tumbuhan di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Lokasinya berada di Jalan Raya Surabaya Malang, Capang, Purwodadi. Suasananya yang sangat asri membuat tempat ini cocok sebagai pelepas penat. Keindahannya membuat tempat ini juga kerap dijadikan spot foto pre wedding. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi spot wisata air terjun Coban Baung yang tak kalah memesona.

Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar merupakan wisata Pasuruan yang berlokasi di Jalan Raya Ledug, Prigen, Pasuruan. Jika air terjun biasanya memiliki aliran sungai untuk mengaliri air yang jatuh dari atas, Air Terjun Gumandar sedikit berbeda. Air Terjun Gumandar tidak memiliki aliran sungai. Air yang jatuh dari atas diserap kembali ke tanah dan akan leluar di sekitar pemukiman penduduk.

Pantai Lekok

Pantai Lekok adalah salah satu wisata Pasuruan yang wajib kamu kunjungi. Pasir putih kecoklatan jadi daya tariknya. Pantai yang berlokasi di Desa Pangaletan, Jatirejo, Kecamatan Lekok, Pasuruan ini mengeksplor pemandangan yang memukau dan juga wisata bahari. Di sini pengunjung bisa berburu berbagai ikan-ikan segar. 

Hanya perlu membayar tiket seharga Rp 7.500 saja, pengunjung bisa menikmati deru ombak dan angin. Sembari melihat perahu-peahu nelayan di bibir pantainya. Di Pantai Lekok juga sering diadakan acara pertunjukan rakyat.

Air Terjun Kakek Bodo

Wiasta Pasuruan lainnya yaitu Air Terjun Kakek Bodo. Air Terjun Kakek Bodo berada di Jalan Taman Wisata No.541, Prigen, Semeru, Pasuruan. Air terjun ini berada di Lereng Gunung Arjuno. Di sepanjang perjalanan menuju air terjun ini mata pengunjung akan dimanjakan dengan hijaunya pegunungan. Curug Kakek Bodo sendiri memiliki ketinggian pancur mencapai 40 meter dan airnya bersumber dari aliran Sungai Kaligetik. Konon, curug ini dulunya adalah tempat pertapaan seorang kakek yang disebut kakek Bodo.

4 dari 6 halaman

Wisata Pasuruan

Coban Baung

Wisata Pasuruan selanjutnya adalah Coban Baung. Coban Baung atau Air Terjun Baung terletak di Taman Wisata Air (TWA) di lereng gunung Baung. Air terjun ini berdekatan dengan Kebun Raya Purwodadi di sebelah barat dan merupakan pertemuan dua aliran yaitu Sungai Welang dan Sungai Beji.

Pantai Blandongan

Jika kamu ingin merasakan pemandangan indah dan romantis, Pantai Blandongan bisa menjadi pilihan. Pantai yang buka selama 24 jam ini hanya mematok harga tiket sebesar Rp 5.000. Dengan harga yang murah kamu bisa menikmati suasana romantis terutama saat matahari terbenam. Pantai Blandongan menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto dan juga bermain menikmati alam baharinya.

Coban Waru

Coban Waru berada di Taman, Kayu Kebek, Tutur, Pasuruan. Coban Waru mempunyai ketinggian kira kira 25 meter. Kondisi alam yang sejuk membuat wisata Pasuruan ini cocok sebagai lokasi refreshing melepas penat. Coban Waru dikelola secara swadaya oleh warga sekitar dan menjadi destinasi baru di Pasuruan.

Kampung Kelir

Kampung Kelir Tosari adalah salah satu wisata Pasuruan berupa sebuah kampung di lereng gunung Bromo. Kampung kelir merupakan destinasi yang menarik, dengan adanya pemukiman penduduk warna-warni dan tentunya alam yang indah dan sejuk. Apalagi dengan latar gunung Bromo, menambah kecantikan kampung ini.

5 dari 6 halaman

Wisata Pasuruan

Ranu Grati

Danau yang lokasinya berada di tengah-tengah pemukiman warga ini memiliki luas sekitar 1.085 hektare. Wisata Pasuruan ini merupakan satu-satunya danau yang berada di dataran rendah Jawa Timur. Ranu Grati merupakan danau alami yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik salah satu gunung berapi. Bentuknya yang menyerupai corong dengan dasar danau yang dalam dan mengandung sedimen mineral, menjadi bukti penguat status Ranu Grati sebagai danau vulkanik.

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di tempat wisata pasuruan ini. Mulai dari mengayuh becak air, sepeda air, dan berkeliling dengan boat sambil menyaksikan panorama keindahan alam, hingga memancing atau sekadar duduk-duduk santai di pinggir danau.

Pantai Tambak Bahak

Tak hanya ingin menikmati keindahan pemandangan alam, di Tambak Bahak pengunjung juga bisa menikmati berbagai olahan ikan. Sama seperti pantai Blandongan, pantai yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan ini buka 24 jam. Cukup dengan bayar Rp 5.000 untuk tiket masuknya, pengunjung bisa melihat air laut yang biru jernih dan juga pasir putih yang memanjakan mata. 

Air Terjun Sumber Nyonya

Air Terjun Sumber Nyonya berlokasi di Gunung Sari, Tutur, Pasuruan. Air Terjun Sumber Nyonya mempunyai tinggi pancur sekitar 15 meter. Uniknya, sebelum jatuh ke hulu sungai, pancuran air terjun Sumber Nyonya membentur bebatuan cadas yang ada di badan air terjun. Ada 3 tingkatan di air terjun ini. Tingkatan pertama memiliki tinggi sekitar 15 m, tingkat dua 7 m dan tingkat tiga setinggi 15 m.

Coban Cemoro Gading

Coban Cemoro Gading merupakan wisata Pasuruan yang berlokasi di Cemorogading, Ngadirejo, Tutur, Pasuruan. Lokasi air terjun ini cukup mudah dijangkau dan memiliki fasilitas lengkap seperti parkir, musala, kamar mandi, hingga rumah makan. Coban Cemoro Gading juga aman untuk bermain air karena kolam airnya yang tidak terlalu dalam.

6 dari 6 halaman

Wisata Pasuruan

Pantai Kesek

Pantai Kesek adalah salah satu pantai yang masih sepi dari pengunjung. Di pantai ini pengunjung bisa melihat banyak kapal nelayan dan pemandangan yang indah di sore hari. Karena masih belum terlalu terkenal, wisata pantai ini buka 24 jam.  Di wisata Pasuruan ini pengunjung bisa menikmati pemandangan perahu-perahu nelayan yang berderet di pinggir pantai. Pemandangannya semakin indah ketika hari mulai senja. 

Air Terjun Rambut Moyo

Air Terjun Rambut Moyo berlokasi di Palangsari, Puspo, Pasuruan. Wisata Pasuruan satu ini masih memiliki keasrian yang alami dan indah. Air Terjun Rambut Moyo memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Konon, air terjun ini dulunya merupakan tempat bersemayamnya pertapa bernama Mbah Moyo.

Air Terjun Grojogan Limo

Air Terjun Grojogan Limo berada di Krikilan, Ngembe, Kec. Beji, Pasuruan. Lokasi ini cukup populer di Pasuruan dan menjadi salah satu primadona wisata pasuruan. Sesuai namanya, terdapat 5 grojogan kecil di lokasi air terjun ini.

Bromo Forest

Wisata Pasuruan selanjutnya adalah Bromo Forest. Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang berada di empat wilayah yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Di Bromo Forest Park Tosari, Pasuruan kamu akan menemukan berbagai spot foto instagramable. Udaranya yang sejuk tentunya menambah kenyamanan kamu dalam menikmati liburan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.