Sukses

Pengertian Komunikasi adalah Proses Menyampaikan dan Memahami Pesan, Simak Penjelasan Ahli

Komunikasi adalah wujud perhubungan

Liputan6.com, Jakarta Apa arti komunikasi? Komunikasi adalah wujud perhubungan. Memahami pengertian komunikasi adalah sebenarnya bukan sekadar perhubungan, tetapi proses dalam menjelaskan sesuatu hingga pesan bisa saling dipahami.

Dalam buku berjudul Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar oleh Dedy Mulyana, mengutip dari Harorl D. Lasswell dijelaskan pengertian komunikasi adalah proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa dan dengan akibat atau hasil apa?

Apa tujuan dari komunikasi? Ahli dalam bidang ini, Onong Uchjana Effendy menjelaskan tujuan komunikasi adalah memberitahukan, mengubah sikap, pendapat atau prilaku. Penyampaian pesan tersebut baik dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang istilah komunikasi dan pengertian komunikasi menurut para ahli, Rabu (30/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

1. Harorl D. Lasswell

Pengertian komunikasi adalah proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa dan dengan akibat atau hasil apa?

2. John R. Wenburg dan William W Wilmot

Pengertian komunikasi adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh makna.

3. Judy C pearson & Paul E melson

Pengertian komunikasi adalah proses untuk saling memahami dan berbagi mana.

4. Mary B. Cassata dan Molefi K. Asante

Pengertian komunikasi adalah proses transmisi informasi yang dilakukan dengan tujuan untuk mempengaruhi khalayak.

5. Djenamar. SH,

Pengertian komunikasi adalah sebuah seni dalam menyampaikan informasi, ide, gagasan seseorang kepada orang yang lain.

6. Mulyana, Deddy.

Pengertian komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dsb yang dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang atau kata-kata, gambar, bilangan, grafik, dll.

7. Murphy & Mendelson

Pengertian komunikasi adalah proses untuk membangun dan mempertahankan hubungan interpersonal.

8. Onong Uchjana Effendy

Pengertian komunikasi adalah proses penyampaian pesan yang dilakukan seseorang kepada orang lain, dengan tujuan untuk memberitahukan, mengubah sikap, pendapat atau prilaku orang tersebut. Penyampaian pesan dapat dilakukan secara lisan (langsung) maupun melalui media (tidak langsung).

9. Dr. Alo Liliweri

Pengertian komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima. Pengalihan pesan dilakukan agar penerima mendapatkan pemahaman mengenai sesuatu.

10. Profesor Wilbur Schramm

Pengertian komunikasi adalah komunikasi dan masyarakat menjadi dua kata kembar yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

11. Raymond S. Ross

Pengertian komunikasi adalah proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol. Proses tersebut dilakukan sedemikian agar dapat membantu pendengarnya untuk membangkitkan makna atau respons yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator dari pikirannya.

12. Rogers & D. Lawrence Kincaid

Pengertian komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, yang pada gilirannya akan memunculkan saling pengertian yang sifatnya mendalam.

13. Shannon & Weaver

Pengertian komunikasi adalah bentuk interaksi manusia, dimana secara sengaja maupun tidak disengaja terjadi upaya saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bentuk interaksi ini tidak sebatas penggunaan bahasa verbal, namun juga dalam bentuk ekspresi muka, lukisan, seni, atau teknologi.

14. Steven

Pengertian komunikasi adalah reaksi yang diberikan suatu organisme terhadap suatu objek atau stimuli. Reaksi ini dapat terjadi kapan saja, dan berasal dari seseorang atau lingkungannya.

15. Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss

Pengertian komunikasi adalah suatu proses makna, yang terjadi diantara dua orang atau lebih.

16. William Albig

Pengertian komunikasi adalah suatu proses pengoperan lambang yang berarti, yang terjadi antara individu dengan individu lainnya.

17. William I. Gordon

Pengertian komunikasi adalah suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan.

3 dari 4 halaman

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli Selanjutnya

18. William J. Seller

Pengertian komunikasi adalah proses di mana simbol verbal dan nonverbal di kirimkan, diterima, dan diberi arti.

19. Wuryanano

Pengertian komunikasi adalah keterlibatan keseluruhan pribadi, cara berbicara, sikap, tingkah laku, dan segala sesuatu yang terpancar dari pribadi seseorang.

20. Achmad S. Ruky

Pengertian komunikasi adalah proses pemindahan dan pertukaran pesan, dimana pesan ini dapat berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kepada orang lain. Proses ini dilakukan dengan tujuan untuk mempengaruhi dan/atau mengubah informasi yang dimiliki serta tingkah laku orang yang menerima pesan tersebut.

21. Anderson

Pengertian komunikasi adalah proses yang dinamis. Proses ini secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.

22. Anwar Arifin

Pengertian komunikasi adalah sebuah konsep multi makna. Dalam makna sosial, komunikasi merupakan proses sosial yang berkaitan dengan kegiatan manusia dan kaitannya dengan pesan dan prilaku.

23. Atep Aditya Barata

Pengertian komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan, berita, atau informasi yang terjadi diantara dua orang atau lebih. Proses ini dilakukan secara efektif agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh penerimanya.

24. Barnlund

Pengertian komunikasi adalah timbul oleh karena adanya dorongan kebutuhan seseorang untuk mengurangi rasa ketidakpastian, untuk bertindak secara efektif, dan untuk mempertahankan atau memperkuat ego.

25. Bernard Berelson & Gary A. Steiner

Pengertian komunikasi adalah sebuah tindakan atau proses transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan semacamnya. Hal yang di transmisikan ini dapat berupa simbol-simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik dan semacamnya.

26. Skinner

Pengertian komunikasi adalah prilaku verbal atau simbolik dimana pengirimnya berusaha mendapatkan efek yang dikehendakinya dari penerima.

27. Gode

Pengertian komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu yang awalnya dimiliki oleh satu orang menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.

28. Gerald R. Miller

Pengertian komunikasi adalah terjadi ketika suatu sumber menyampaikan pesan kepada penerima, dengan kesadaran niat untuk mempengaruhi prilaku penerima pesan.

29. Carl I. Hovland

Pengertian komunikasi adalah sebuah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) untuk dapat menyampaikan rangsangan, dengan tujuan untuk dapat mengubah prilaku orang lain (komunikan).

30. David K. Berlo

Pengertian komunikasi adalah instrumen dari interaksi sosial, yang berguna untuk mengetahui dan memprediksi sikap orang lain, serta mengetahui keberadaan diri sendiri. Dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan keseimbangan dalam masyarakat.

31. Agus M. Hardjana, M.Sc., ED

Pengertian komunikasi adalah suatu kegiatan disampaikannya suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain melalui media tertentu. Setelah pesan tersebut diterima dan dipahami sejauh kemampuannya, penerima pesan kemudian menyampaikan tanggapan  melalui media tertentu pula kebada penyampai pesan.

32. Redi Panuju, Msi

Pengertian komunikasi adalah sistem aliran yang menghubungkan, dan kinerja antar bagian didalam sebuah organisasi, yang menghasilkan adanya suatu sinergi.

33. Everett M. Rogers

Pengertian komunikasi adalah proses pengalihan ide dari sumber ke penerima, dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku penerima tersebut.

34. Forsdale

Pengertian komunikasi adalah suatu proses dimana sebuah sistem dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan sutu tujuan, yaitu agar sinyal-sinyal yang dikirim dapat diterima dan dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

35. Frank E.X. Dance

Pengertian komunikasi adalah proses di mana melalui proses ini seseorang (komunikator) dapat menyampaikan stimulus dengan tujuan untuk merubah atau membentuk prilaku orang lain (komunikan).

36. New Comb

Pengertian komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber ke penerima.

37. Aristoteles

Pengertian komunikasi adalah sarana yang warga negara dapat berpartisipasi dalam masyarakat demokratis.

38. Hoben

Pengertian komunikasi adalah pertukaran pikiran dan gagasan secara lisan.

39. Leksikograf

Pengertian komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kesatuan. Jika dua orang untuk berkomunikasi pemahaman yang sama dari pesan yang dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.

40. Sindu Mulianto

Pengertian komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh pengirim kepada penerima pesan melalui cara dan media tertentu.

4 dari 4 halaman

Tujuan Komunikasi dan Fungsinya

Apabila sudah memahami tentang pengertian komunikasi, selanjutnya pelajari tentang tujuan dan fungsi komunikasi. Ini penjelasannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

Tujuan Komunikasi

1. Agar Komunikator Dimengerti Komunikan

Tujuan komunikasi adalah untuk memastikan informasi atau pesan dari komunikator dapat dimengerti oleh orang lain (komunikan). Karena itu komunikator harus menyampaikan pesan utama sejelas mungkin kepada komunikan.

2. Agar Dapat Mengenal Orang Lain

Tujuan komunikasi adalah agar dapat mengenal orang lain. Dengan adanya interaksi dan komunikasi maka setiap orang dapat saling mengenali dan memahami satu sama lain. Kemampuan mendengar/ membaca/ mengartikan pesan orang lain dengan baik merupakan hal penting dalam aktivitas komunikasi.

3. Agar Pendapat Diterima oleh Orang Lain

Tujuan komunikasi adalah agar pendapat kamu diterima oleh orang lain. Komunikasi secara persuasif sering kali dilakukan untuk menyampaikan gagasan atau ide seseorang pada orang lain. Tujuannya adalah agar ide dan gagasan tersebut diterima.

Fungsi Komunikasi

1. Sebagai Alat Kendali

Fungsi komunikasi adalah sebagai alat kendali atau kontrol. Dalam hal ini alat kendali berarti dengan komunikasi maka perilaku individu dapat dikontrol dengan penyampaian aturan yang harus dipatuhi.

2. Sebagai Alat Motivasi

Fungsi komunikasi adalah alat motivasi. Komunikasi yang baik dan persuasif dapat meningkatkan motivasi seseorang dalam melakukan sesuatu. Menyampaikan informasi yang dapat diraih dalam kehidupan akan membangun motivasi seseorang.

3. Sebagai Ungkapan Emosional

Fungsi komunikasi adalah ungkapan emosional. Berbagai perasaan yang ada di dalam diri seseorang dapat diungkapkan kepada orang lain dengan cara berkomunikasi. Emosi ini bisa persaan senang, marah, kecewa, gembira, dan lain-lain.

4. Sebagai Alat Komunikasi

Fungsi komunikasi adalah alat komunikasi. Berkomunikasi maka kita dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh orang lain atau kelompok sehingga dengan informasi itu maka proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.