Sukses

8 Cara Membuat Pamflet yang Menarik dan Praktis

Cara membuat pamflet bisa dilakukan secara online dan offline.

Liputan6.com, Jakarta Pamflet adalah surat selembaran yang berfungsi sebagai media promosi atau sekadar memuat informasi seperti pemberitahuan. Bagaimana cara membuat pamflet yang menarik dan praktis dipraktikkan? 

Cara membuat pamflet bisa dilakukan secara online dan offline. Baik cara membuat pamflet di HP dan perangkat komputer bisa dipraktikkan. Praktis banget!

Ada delapan cara membuat pamflet yang bisa dicoba. Mulai dari memanfaatkan aplikasi desain profesional seperti Adobe Ilustrator hingga Corel Draw. Kemudian aplikasi desain sederhana seperti Microsoft Word hingga PicsArt.

Lebih lengkap, berikut Liputan6.com ulas cara membuat pamflet di Adobe Ilustrator, Adobe Photoshop, Corel Draw, Canva, Microsoft Word, Aplikasi Flyr Maker, Aplikasi Brochure Maker, dan Aplikasi PicsArt, Rabu (30/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Pamflet yang Menarik dan Praktis

Cara Membuat Pamflet di Adobe Ilustrator

1. Siapkan jaringan internet yang stabil pada perangkat yang akan digunakan untuk cara membuat pamflet di Adobe Ilustrator.

2. Kemudian cara membuat pamflet di Adobe Ilustrator mulai buka browser favorit dan buka halaman www.freepik.com.

3. Tuliskan “pamflet” dan filter dengan format vektor.

4. Kemudian cara membuat pamflet di Adobe Ilustrator bagian ini, akan muncul banyak desain template pamflet yang diinginkan dan bisa disesuaikan kebutuhan.

5. Download dengan format EPS.

6. Jika sudah terdownload atau terunduh, buka dengan Adobe Ilustrator.

7. Secara otomatis file format Ilustrator bisa diedit dengan ungroup terlebih dahulu.

8. Lakukan cara membuat pamflet di Adobe Ilustrator dengan mengubah pada tulisan, warna, gambar, perpindahan posisi, dan lain sebagainya.

9. Jika sudah, cara membuat pamflet di Adobe Ilustrator adalah lakukan penyimpanan sesuai format untuk mencetak atau yang dibutuhkan untuk mengakhiri cara membuat pamflet.

10. Cara membuat pamflet di Adobe Ilustrator selesai.

Cara Membuat Pamflet di Adobe Photoshop

1. Siapkan jaringan internet yang stabil pada perangkat yang akan digunakan untuk cara membuat pamflet di Adobe Photoshop.

2. Kemudian cara membuat pamflet di Adobe Photoshop mulai buka browser favorit dan buka halaman www.freepik.com.

3. Tuliskan “pamflet.”

4. Kemudian cara membuat pamflet di Adobe Photoshop bagian ini, akan muncul banyak desain template pamflet yang diinginkan dan bisa disesuaikan kebutuhan.

5. Download dengan format PSD atau yang bisa dibuka pada Photoshop.

6. Jika sudah terdownload atau terunduh, buka dengan Photoshop.

7. Secara otomatis file format Photoshop bisa diedit dengan ungroup terlebih dahulu.

8. Lakukan cara membuat pamflet di Adobe Photoshop dengan melakukan perubahan pada tulisan, warna, gambar, perpindahan posisi, dan lain sebagainya.

9. Jika sudah, lakukan penyimpanan sesuai format untuk mencetak atau yang dibutuhkan untuk mengakhiri cara membuat pamflet.

10. Cara membuat pamflet dengan Photoshop selesai.

Cara Membuat Pamflet di Canva

1. Siapkan koneksi internet yang stabil pada perangkat yang akan digunakan untuk cara membuat pamflet di Canva.

2. Cara membuat pamflet di Canva mulai dengan buka www.canva.com untuk memulai pada browser favorit.

3. Lakukan login atau signup.

4. Masuk dan pilih jenis desain pamflet yang diinginkan.

5. Pada halaman ini sudah tersedia banyak template lucu dan unik berbentuk layout untuk cara membuat pamflet.

6. Untuk memudahkan, cara membuat pamflet di Canva pilih sesuai kategori pamflet yang akan dibuat.

7. Lakukan perbaikan atau pengeditan dengan gambar yang ada atau gambar yang sudah disediakan sendiri.

8. Perbaiki font, ukuran, filter, dan perpindahan yang lainnya.

9. Simpan dan bisa lakukan pencetakan untuk mengakhiri cara membuat pamflet.

10. Cara membuat pamflet di Canva selesai.

Cara Membuat Pamflet di Corel Draw

1. Siapkan jaringan internet yang stabil pada perangkat yang akan digunakan untuk cara membuat pamflet di Corel Draw.

2. Cara membuat pamflet di Corel Draw mulai dengan buka browser favorit dan buka halaman www.freepik.com.

3. Tuliskan “pamflet” dan filter dengan format vektor.

4. Kemudian cara membuat pamflet di Corel Draw bagian ini, akan muncul banyak desain template pamflet yang diinginkan dan bisa disesuaikan kebutuhan.

5. Download dengan format EPS.

6. Jika sudah terdownload atau terunduh, buka dengan Corel Draw.

7. Secara otomatis file format Ilustrator bisa diedit dengan ungroup terlebih dahulu.

8. Lakukan cara membuat pamflet di Corel Draw dengan melakukan perubahan pada tulisan, warna, gambar, perpindahan posisi, dan lain sebagainya.

9. Jika sudah, lakukan penyimpanan sesuai format untuk mencetak atau yang dibutuhkan untuk mengakhiri cara membuat pamflet.

10. Cara membuat pamflet di Corel Draw selesai.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Pamflet yang Menarik dan Praktis Selanjutnya

Cara Membuat Pamflet di Microsoft Word

1. Siapkan dokumen kosong pada Word atau mulai dengan salah satu template pamflet. Di Word sendiri menawarkan template pamflet yang bisa dipilih.

2. Sesuaikan tata letak cara membuat pamflet di Microsoft Word yang diinginkan.

- Orientation

Jika memulai dengan halaman kosong, buat tata letak brosur dengan membuka tab ‘Layout’. Kemudian pilih ‘Orientation’ dan ubahlah dari portrait ke landscape.

- Margin

Kemudian klik ‘Margin’ dan sesuaikan ke 0,5” atau yang lebih kecil. Perlu diingat, Margin di sini untuk menciptakan ruang putih di sekitar batas pada brosur.

Jadi, kalau menggunakan latar belakang berwarna, dan kamu ingin membuat margin yang lebih kecil, bisa lakukan Margin > Margin Custom. Disarankan untuk 25” kanan dan kiri, dan 31” atas dan bawah.

3. Cara membuat pamflet di Microsoft Word selanjutnya, ke tab ‘Design’ dan pilih ‘Theme’ sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Tema akan otomatis mengisi ke bagian laman kerjamu.

4. Memasuki proses inti cara membuat pamflet di Microsoft Word adalah mulai buat struktur dasarnya.

- Ruler dan Gridlines

Lanjut ke tab ‘View’ kemudian pilih ‘Ruler’ dan ‘Gridlines’. Gunakan pilihan tersebut untuk membuat jarak yang akurat.

- Text Box

Kalau tadi kamu menggunakan margin 0.5”, buatlah kotak teks yang lebarnya sebesar 3”. Namun ini bisa dibuat lebih pendek atau sebaliknya, tergantung dari teks yang ingin kamu sajikan. Misalnya, cukup gunakan kotak pendek untuk membuat judul, dan kotak panjang untuk menambahkan beberapa paragraf teks.

Untuk menyisipkan kotak teks, buka tab Sisipkan > Kotak teks.

- Columns

Kamu membutuhkan dua halaman dengan tiga kolom. Halaman pertama untuk lipatan depan, belakang, dan dalam brosur. Sedangkan halaman kedua akan menjadi bagian dalam brosur. Gunakan Ruler dan Gridlines untuk menempatkan kotak teks menjadi tiga kolom.

5. Setelah itu kamu bisa masukkan konten tentang produk barang atau jasa dalam proses cara membuat pamflet di Microsoft Word ini. Tak hanya menambahkan teks tentang konten produkmu. Di bagian cara membuat pamflet di Microsoft Word ini bisa menambahkan gambar, bentuk, dan bagan.

6. Konten akan masuk ke dalam grup konten seperti header dan subjudul, atau sekumpulan bentuk yang membentuk desain tadi. Pilih masing-masing objek ini dan ubah ke dalam ‘Group’ untuk mengakhiri cara membuat pamflet di Microsoft Word.

Cara Membuat Pamflet di HP dengan Aplikasi Flyr Maker

1. Jika belum mempunyai aplikasi Flyr Maker, cara membuat pamflet di HP dengan aplikasi Flyr Maker bisa dimulai dengan download dan instal di Playstore.

2. Apabila sudah punya aplikasi Flyr Maker, langsung login.

3. Setelah masuk ke halaman awal, cara membuat pamflet di HP dengan aplikasi Flyr Maker langsung memilih tamplate pamflet yang tersedia dengan klik menu Edit. Kemudian kalian bisa mulai membuat pamflet.

4. Selain menu edit, ada pula menu lain untuk menyelesaikan cara membuat pamflet di HP dengan aplikasi Flyr Maker seperti rotation, size, dan crop yang bisa kalian gunakan. Kalian bisa menyempurnakan pamflet kalian dengan memanfaatkan menu-menu tersebut.

5. Apabila cara membuat pamflet di HP dengan aplikasi Flyr Maker selesai, simpan dengan menekan tombol Save. Di samping itu, simpanlah dengan cara download kemudian membagikannya via media sosial.

Cara Membuat Pamflet di HP dengan Aplikasi Brochure Maker

1. Jika belum mempunyai aplikasi Brochure Maker, cara membuat pamflet di HP dengan aplikasi Brochure Maker mulai dengan download dan instal di Playstore.

2. Apabila sudah punya aplikasi Brochure Maker, langsung login.

3. Setelah berhasil login, cara membuat pamflet di HP dengan aplikasi Brochure Maker berikutnya langsung masuk ke menu Graphic.

4. Pada menu tersebut, cara membuat pamflet di HP dengan aplikasi Brochure Maker adalah mulai memilih gambar dan tamplate yang telah disediakan.

5. Untuk menyempurnakan hasil cara membuat pamflet di HP dengan aplikasi Brochure Maker, gunakan beberapa fitur seperti Color Overlay dan Brightness.

6. Jika cara membuat pamflet di HP dengan aplikasi Brochure Maker sudah selesai, simpan hasil desain dengan klik tombol download yang ada di sisi kanan atas. Pilih format file mulai dari jpg, png, pdf, pptx, dan HTML5.

Cara Membuat Pamflet di HP dengan Aplikasi PicsArt

1. Jika belum mempunyai aplikasi PicsArt, cara membuat pamflet di HP dengan aplikasi PicsArt mulai download dan instal di Playstore.

2. Apabila sudah punya aplikasi PicsArt, langsung login.

3. Setelah berhasil membuka aplikasi PicsArt, cara membuat pamflet di HP dengan aplikasi PicsArt langsung klik tombol Lanjut yang ada di bagian kanan atas.

4. Selanjutnya cara membuat pamflet di HP dengan aplikasi PicsArt akan muncul tampilan beberapa contoh template di PicsArt. Kalian bisa salah satu untuk mulai membuat pamflet.

5. Setelah memilih template, cara membuat pamflet di HP dengan aplikasi PicsArt bisa mengeditnya sehingga menjadi pamflet sesuai keinginan kalian.

6. Jika cara membuat pamflet di HP dengan aplikasi PicsArt selesai, simpan hasil desain kalian dengan mengekspor atau mengunduh file kalian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.