Sukses

15 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Sayang Dilewatkan, Pesonanya Menakjubkan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Jawa Barat ada beragam, mulai dari pegunungan, air terjun, perkebunan, dan pantai yang memiliki daya tarik tersendiri. Tempat wisata di Jawa Barat bukan hanya di kota atau kabupaten Bandung saja.

Padahal, banyak sekali wilayah di Jawa Barat yang menyimpan hidden gem menarik. Ada Pangandaran, Sukabumi, Garut, Bogor, hingga Cianjur. Semua tempat wisata di Jawa Barat memberikan pengalaman traveling yang menyenangkan dan sayang untuk dilewatkan.

Bagi kamu yang merencanakan liburan ke Jawa Barat, tempat wisata di Jawa Barat ini mempunyai pemandangan yang indah, dan bisa jadi pertimbangan untuk rekreasi. Selain itu, juga lokasinya yang mudah untuk dijangkau.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata di Jawa Barat yang sayang untuk dilewatkan, yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/3/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bawa Jarat yang Sayang untuk Dilewatkan

1. Green Canyon, Pangandaran

Green Canyon atau Cukang Taneuh merupakan sebuah ngarai yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Ngarai ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun yang menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan. Dengan pesona alamnya tersebut, Green Canyon di Pangandaran ini disebut mirip dengan Havasu Canyon, Amerika

2. Kebun Raya Cibodas, Cianjur

Kebun Raya Cibodas berada di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur. Kebun Raya ini terkenal dengan pohon sakuranya yang jadi daya tarik tersendiri. Bunga yang identik dengan warna pink ini sudah ditanam sejak 1971 guna memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas. Kurang lebih ada 435 pohon bunga Sakura yang dapat ditemukan di taman yang dikelilingi oleh panorama Gunung Gede-Pangrango. Bunga sakura bisa dinikmati pada sekitar Januari-Februari dan Juli-Agustus. Taman sakura yang ada di Kebun Raya Cibodas tersebut seperti yang ada di Ueno Park, Jepang. Meski jumlahnya tak banyak, tetap saja terlihat indah dan menawan.

3. Curug Cikaso, Sukabumi

Tempat wisata di Jawa Barat yang lainnya adalah Curug Cikaso yang berada si Sukabumi. Geopark Ciletuh punya curug cantik dan megah bernama Cikaso. Air jernih yang mengalir dari tiga curug yang meluncur ke kolam hijau kebiru-biruan yang suasananya memberikan ketenangan. Air terjun atau Curug Cikaso ini memiliki tinggi sekitar 80 meter dengan lebar sekitar 100 meter, aliran air yang mengalir di antara celah-celah bebatuan sungai menambah pesona tempat ini. Di sini wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam kawasan hutan tropis dengan tebing-tebing menjulang yang memanjakan mata. Selain itu, kamu juga bisa melewati sungai dengan naik perahu. Banyak orang yang menyebutnya mirip dengan Sungai Amazon, Amerika.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bawa Jarat yang Sayang untuk Dilewatkan

4. Kawah Putih Ciwidey, Bandung

Untuk bisa menjangkau destinasi tempat wisata di Jawa Barat ini, kamu perlu menempuh perjalanan dengan kendaraan sekitar 2 jam dari pusat kota Bandung. Namun, perjalanan panjang ini takkan terasa melelahkan setelah kamu berkesempatan menyaksikan langsung indahnya pemandangan di tempat ini. Sesuai dengan namanya, di Kawah Putih Ciwidey kamu bisa menikmati panorama kawah serba putih yang dikelilingi pegunungan kapur yang menambah eksotis bentang alam di kawasan wisata Jawa Barat ini. Tak hanya itu, tempat wisata di Jawa Barat ini dikenal mirip Rotorua Lake, Selandia Baru, karena airnya yang bewarna putih kehijaun. Kawah ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

5. Telaga Biru Cicerem, Kabupaten Kuningan

Telaga Biru Cicerem terletak di Kabupaten Kuningan. Wisatawan bisa menikmati pemandangan danau jernih dengan ratusan ikan warna-warni di dalamnya. Uniknya, tempat wisata di Jawa Barat  ini dikelola secara mandiri oleh Bumdes Desa Kaduela. Talaga Biru Cicerem selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah tiap akhir pekan atau tanggal merah. Setiba di Telaga Biru Cicerem, kamu akan disambut dengan nuansa sejuk dari rimbunnya pepohonan yang masih alami serta keindahan danau dengan air berwarna biru yang menjadi ciri khas dari tempat ini. Kejernihan air yang ada di Telaga Biru Cicerem membuat ikan-ikan yang berenang di dalam danu terlihat dengan jelas. Oleh karena itu, banyak yang menyebut jika air di telaga ini sebening kaca.

6. Sunrise Point Cukul, Kabupaten Bandung

Tempat wisata di Jawa Barat yang berikutnya adalah Sunrise Point Cakul yang berada di kabupaten Bandung. Sunrise Cukul Point menjadi primadona wisata yang baru di kawasan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Di sini, jadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan terbitnya sang fajar di antara hamparan perkebunan teh yang hijau dan menyejukkan di kaki Gunung Wayang. Tak heran, para anak motor sering sunday morning ride (sunmori) ke bukit Cukul untuk melihat hamparan kebun teh yang menyegarkan mata. Bukit Sunrise Cukul Point ini cocok sekali dijadikan sebagai tempat untuk berburu berswafoto yang 'Instagenic'.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bawa Jarat yang Sayang untuk Dilewatkan

7. Kawah Gunung Tangkuban Perahu, Bandung

Tempat wisata di Jawa Barat yang lainnya adalah Kawah Gunung Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban Perahu sangat terkenal dengan legenda Sangkuriang. Di sini kamu bisa menyaksikan keindahan kawah vulkanik dari Gunung Tangkuban Perahu. Terdapat tiga kawah di kawasan ini yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas.

8. Pantai Pangumbahan, Kabupaten Sukabumi

Tempat wisata di Jawa Barat yang lainnya adalah Pantai Pangumbahan di Sukabumi. Ada tiga hal yang menarik bila kita berbicara soal Pantai Pangumbahan di Sukabumi, yakni pasir silika, penyu hijau dan garis pantai yang masih alami. Pantai Pangumbahan ini terletak di Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Bebatuan tertua di Jawa Barat yang berada di sekitar garis Pantai Pangumbahan, menghasilkan kuarsa atau pasir silika yang biasa digunakan sebagai penyaring alami saluran air. Menariknya, pasir silika yang terlihat putih dan bersih ini akan memancarkan kemilau saat dipayungi sinar matahari. Pantai Pangumbahan ini juga merupakan habitat penyu hijau. Di sini penyu hijau berlalu lalang dan bertelur.

9. Kompleks Wisata Cipanas, Garut

Kompleks Wisata Cipanas merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat favorit warga Garut. Di sini kamu bisa menikmati sensasi menenangkan berendam di pemandian air hangat. Pemandian ini bersumber langsung dari Gunung Guntur.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bawa Jarat yang Sayang untuk Dilewatkan

10. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu, Bogor

Penangkaran Rusa Cariu Bogor bisa jadi tujuan menarik tempat wisata di Jawa Barat. Di sini pengunjung tidak hanya bisa melihat puluhan rusa tetapi juga bisa berinteraksi langsung. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu​ adalah taman penangkaran hewan rusa yang dikelola oleh Perhutani.

11. Taman Safari Indonesia, Bogor

Taman Safari merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang sayang untuk dilewatkan dan menjadi kebanggaan Indonesia. Di sini pengunjung bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus yang sudah disediakan pengelola Taman Safari. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan semua jenis binatang dengan memberi makan hewan-hewan tersebut. Taman Safari berada di di Jl. Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

12. Taman Hutan Raya Djuanda, Bandung

Taman Hutan Raya Djuanda merupakan kawasan konservasi yang ada di Bandung. Tahura Djuanda terletak di sebelah utara Kota Bandung berjarak kurang lebih 7 km dari pusat kota. Di sini terdapat vegetasi tanaman pinus, kaliandra, dan bambu.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bawa Jarat yang Sayang untuk Dilewatkan

13. Cagar Alam Pangandaran

Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran merupakan kawasan konservasi wisata alam yang dikelola oleh Perum Perhutani. Di sini terdapat berbagai macam flora dan fauna yang hidup bebas dan dilindungi dan dijaga kelestariannya. Cagar alam Pangandaran ini terletak di semenanjung pantai Pangandaran. Selain flora dan fauna, wisatawan juga dapat menapaki jejak sejarah dengan mengunjungi berbagai peninggalan serta cagar budaya seperti situs agama Hindu, Kerajaan Galuh dan goa-goa peninggalan zaman penjajahan Jepang.

14. Pasir Langlang, Purwakarta

Tempat wisata di Jawa Barat yang lainnya adalah Pasir Langlang di Purwakarta. Pasir Langlang adalah kompleks hutan pinus yang ada di Desa Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes. Jadi tidak heran apabila udara di lokasi wisata alam Purwakarta ini sangat sejuk.

15. Terasering Panyaweuyan, Kabupaten Majalengka

Tempat wisata di Jawa Barat yang lainnya adalah Terasering Panyaweuyan di Majalengka. Obyek wisata tak melulu soal air terjun, pantai atau pegunungan. Dengan sentuhan kreativitas, terasering pun bisa disulap menjadi destinasi liburan yang bisa masuk ke catatan berlibur wisatawan di akhir pekan. Kereativitas itu lahir di Terasering Panyaweuyan yang terletak di Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Obyek wisata ini menyajikan pemandangan terasering hijau dari atas ketinggian 2.000 mdpl. Wisatawan bisa merasakan atmosfer pegunungan, dengan pepohonan rindang dan tanaman hijau. Suguhan pemandangan berupa lanskap Majalengka dan Gunung Ciremai yang asri juga bikin wisatawan betah berlama-lama di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.