Sukses

Istiqomah Adalah Sikap yang Berpendirian Kuat, Ketahui Keutamaan dan Contohnya

Istiqomah adalah sikap yang berpendirian kuat atau teguh pendirian dan selalu konsisten dalam mengerjakan sesuatu.

Liputan6.com, Jakarta Istilah istiqomah sendiri sering dikaitkan dengan suatu aktivitas, khususnya dalam hal ibadah. Secara terminologi, istiqomah adalah sikap yang berpendirian kuat atau teguh pendirian dan selalu konsisten dalam mengerjakan sesuatu.

Pengertian istiqomah adalah berasal dari Bahasa Arab yang artinya lurus. Istiqomah adalah suatu usaha untuk menjaga perbuatan baiknya, seperti ibadah, secara konsisten dan tidak berubah. Rasulullah SAW juga menyinggung tentang istiqomah ini dalam salah satu hadistnya:

"Dari Sufyan bin Abdullâh ats-Tsaqafi, ia berkata: Aku berkata, “Wahai Rasûlullâh, katakan kepadaku di dalam Islam satu perkataan yang aku tidak akan bertanya kepada seorangpun setelah Anda!” Beliau menjawab: “Katakanlah, ‘aku beriman’, lalu istiqomahlah”. (HR. Muslim, Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah).

Untuk lebih rinci, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai arti istiqomah beserta keutamaan dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Istiqomah

Arti Istiqomah adalah sebuah istilah dalam bahasa Arab yang bermakna “konsisten dan teguh” dalam melakukan kegiatan atau ibadah. Sikap istiqomah sangat dianjurkan untuk dimiliki oleh umat Islam untuk menjaga konsistensi ibadahnya. Ibadah seorang yang istiqomah tidak akan goyah oleh sebab apapun.

Menurut Dr. H. Imam Kanafi, M.Ag., istiqomah adalah sikap teguh seseorang dalam mempertahankan keislaman dan keimanan meskipun harus menghadapi berbagai macam tantangan dan godaan.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, istiqomah adalah sikap teguh pendirian dan selalu konsekuen. Secara spesifik, pengertian istiqomah adalah sebuah komitmen dan konsisten dalam tauhid, ibadah, dan akhlak.

Sementara itu, menurut Ibnu Hajar dalam Fathul Baari Syarh Shohih Bukhori, pengertian Istiqomah adalah kiasan dari kata tamasssuk yang berarti berpegang teguh pada perintah Allah SWT. Baik perintah untuk mengerjakan dan perintah untuk meninggalkan.

Istiqomah bukan hanya terkait dengan motivasi, tekad atau keinginan untuk mencapai suatu tujuan. Tetapi suatu kemampuan yang melibatkan pengedalian cara berpikir dalam pola hidup sehari-hari. Sikap istiqomah adalah faktor terpenting dalam bentuk komitmen diri untuk mengubah kebiasaan dan gaya hidup yang tidak teratur.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Sikap Istiqomah

Karena memiliki peran penting bagi keimanan seseorang, istiqomah memiliki beberapa keutamaan bagi yang menjalankannya. Berikut keutamaan istiqomah adalah:

1. Menyelesaikan masalah dengan jalan terbaik

Ketika seorang Muslim mendapatkan beban hidup atau ujian yang berat, ia akan mendapatkan pertolongan Allah SWT. Caranya dengan beristiqomah dan mendekatkan diri melalui ibadah kepada-Nya.

2. Kemuliaan

Kemuliaan merupakan derajat yang paling tinggi yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya yang memiliki sifat istiqomah. Karena kedekatan dengan Allah SWT dapat mengantarkan umat Islam pada perasaan tidak takut dan tidak pernah bersedih terhadap apa yang menimpa dirinya.

3. Istiqomah merupakan jalan menuju surga

Hal ini tertuang dalam surat Al-Ahqaf ayat 13-14, yang berbunyi:

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” (Surat Al-Ahqaf ayat 13-14)

4. Mendapat pertolongan dari malaikat

Seseorang yang selalu istiqomah dalam menjalankan ibadahnya akan diberi pertolongan oleh para malaikat. Sebagaimana firman Allah SWT berikut:

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu".” (Surat Fussilat ayat 30)

5. Amalan yang dicintai Allah

Istiqomah juga sering diartikan sebagai sebuah amalan yang konsisten. Meskipun ia kecil tetapi bila dilakukan dengan konsisten maka itu akan lebih baik, dibandingkan amalan yang banyak tapi jarang-jarang untuk dilakukan. Amalan seperti ini dicintai oleh Allah SWT sebagaimana pada hadis Nabi SAW:

“Berbuat sesuatu yang tepat dan benarlah kalian dan amal yang paling dicintai Allah adalah amalan yang terus menerus meskipun sedikit.” (HR Bukhari)

4 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Istiqomah dalam Kehidupan Sehari-hari

Adapun contoh perilaku istiqomah dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

1. Selalu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya dalam bentuk apapun.

2. Melaksanakan salat tepat pada waktunya.

3. Belajar terus menerus hingga paham.

4. Selalu menaati aturan, baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat.

5. Selalu menjalankan kewajibannya dengan rasa senang dan nyaman dan tidak merasa dipaksa atau dibebani.

6. Selalu yakin bahwa Allah SWT itu Esa, meski ujiannya yang kita lewati berat.

7. Selalu taat dan mematuhi semua perintah Allah, menjauhi semua yang dilarang.

8. Selalu konsisten dalam menjalani semua ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT, bahkan dalam keadaan sulit sekali pun.

9. Selalu tulus ketika membantu orang lain, bahkan jika orang itu telah menyakiti kita. Jadi setelah membantu, jangan mengharapkan imbalan apa pun selain balasan dari Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.