Sukses

5 Artis yang Idap Penyakit Afasia, Terbaru Bruce Willis Sampai Pensiun Jadi Artis

Liputan6.com, Jakarta Penyakit Afasia mendadak jadi perbincangan usai diidap oleh aktor Hollywood, Bruce Willis. Penyakit Afasia memang ajrang didngar oleh masyarakat. Penyakit ini merupakan gangguan yang disebabkan oleh kerusakan pada area otak yang memproduksi dan memproses bahasa. 

Bagi orang yang mengidap gangguan ini bsia berakibat mengalami kesulitan berbicara, membaca, menulis dan memahami bahasa, sehingga tidak bisa berkomunikasi dengan baik. Secara umum pengidap akan kesulitan untuk menemukan kata yang tepat dan menyusunnya menjadi kalimat yang bermakna.

Kondisi afasia dapat terjadi karena tumor otak, infeksi, demensia, penyakit degeneratif, cedera kepala, stroke, atau gangguan neurologis lainnya. Penyakit inilah yang baru saja diidap oleh aktor kenamaan Bruce Willis. Ia bahkan memutuskan untuk pensiun setelah divonis mengidap Afasia. 

Sebelum Bruce Willis, beberapa artis juga pernah umumkan mengidap penyakit ini. Berikut Liputan6.com rangkum 5 artis yang idap penyakit Afasia dari berbagai sumber, Jumat (1/4/2022).

2 dari 6 halaman

1. Pihak keluarga umumkan Bruce Willis pensiun dari dunia hiburan akibat penyakit afasia yang dideritanya pada Kamis (31/3/2022).

3 dari 6 halaman

2. Emilia Clarke sempat alami Afasia yang berakibat stroke dan penumpukan darah di lapisan otaknya. Setelah menjalankan operasi otak, sang aktris tidak mengingat namanya dan sulit berbicara pada 2011.

4 dari 6 halaman

3. Randy Travis sempat alami gagal jantung akibat stroke pada 2013. Dirinya sempat tak bisa bicara dan jalani terapi selama 3 bulan hanya untuk mengucap 'A'.

5 dari 6 halaman

4. Pada 2011, Sharon Stone dilarikan ke rumah sakit karena stroke yang menyebabkan perdarahan otak besar. Ia menghabiskan 2 tahun berikutnya untuk bisa berjalan dan berbicara lagi.

6 dari 6 halaman

5. Tukul Arwana menjadi salah satu artis Tanah Air yang menderita pendarahan otak. Ia jalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta Pusat. Meski sudah diperbolehkan pulang, ia masih terus jalani pemulihan.