Sukses

15 Wisata Jogjakarta Kota yang Selalu Hits, Wajib Dikunjungi

Rekomendasi wisata Jogjakarta di kawasan kota.

Liputan6.com, Jakarta Ingin menikmati waktu libur dengan mengunjungi Jogjakarta? Pilihan yang tepat, karena ada lebih dari sepuluh tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits dan lokasinya benar-benar mudah dijangkau karena berada di pusat kota.

Di mana saja tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits itu? Paling utama dan istimewa dari wisata Jogjakarta kota adalah Malioboro, Keraton Jogjakarta, Benteng Vredeberg, Tugu Jogja, Taman Sari, hingga Alun-Alun Utara dan Selatan.

Pengunjung yang memutuskan berkunjung ke tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits tidak akan menyesal. Tempat-tempat wisata ini memang ikonnya kota Jogja, suasana khas Jogja benar-benar bisa dirasakan dengan mengunjungi wisata Jogjakarta kota yang selalu hits.

Berikut Liputan6.com ulas tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits, Jumat (1/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Jogjakarta Kota yang Selalu Hits

1. Malioboro

Malioboro adalah wisata Jogjakarta kota yang selalu hits dan wajib banget dikunjungi. Bukan tanpa alasan kalau Malioboro sering menjadi setting film maupun FTV. Tempat ini memang benar-benar terasa Jogjanya.

Pengunjung bisa menelusuri sepanjang jalan Malioboro yang padat dengan menemukan berbagai jenis oleh-oleh, karya seniman lokal, dan jajanan enak.

Wisata Jogjakarta kota yang selalu hits seperti Malioboro ini bisa dijangkau dengan jalan kaki beberapa menit dari stasiun. Kawasan ini sudah dipercantik dengan bangku-bangku panjang, lampu jalan, dan spot foto yang ciamik.

Menikmati suasana wisata Jogjakarta kota yang selalu hits di Malioboro tidak dipungut biaya. Suasananya kini semakin syahdu karena awal tahun 2022 pedagang sudah dipindah di lokasi khusus dekat Malioboro, bukan lagi di jalan Malioboro. Tertarik berkunjung?

2. Titik Kilometer 0 Jogja

Titik 0 kilometer merupakan wisata Jogjakarta kota yang selalu hits dan wajib banget dikunjungi. Gambaran wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini berada di perempatan jalan. Di sini pengunjung bisa menyaksikan aksi damai, pertunjukan seni, sampai tempat untuk memajang karya seni.

Titik 0 kilometer yang menjadi wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini merupakan ujung dari jalan Malioboro. Baik di siang hari ataupun malam hari, banyak orang berlalu lalang di wisata Jogjakarta kota yang selalu hits. Berada di lokasi wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini tidak dipungut biaya sama sekali.

3. Tugu Jogja

Tugu Jogja merupakan wisata Jogjakarta kota yang selalu hits. Tidak dipungut biaya apapun bagi pengunjung, tetapi di wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini harus berhati-hati dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

Itulah syarat mutlak yang harus dipenuhi bagi siapa pun yang ingin berfoto dengan Tugu Jogja sebagai wisata Jogjakarta kota yang selalu hits dan cukup ikonik ini. Di wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini pengunjung bisa menemukan banyak lokasi tongkrongan seperti kafe dan angkringan.

4. Taman Sari

Taman sari adalah wisata Jogjakarta kota yang selalu hits dan wajib banget dikunjungi. Berlibur ke Jojakarta belum lengkap tanpa menikmati keindahan arsitektur Kesultanan Jojakarta.

Salah satu situs paling tepat untuk menikmati seni arsitektur adalah di Taman Sari. Di tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits seperti taman sari, dikenal sebagai tempat pemandian putri-putri keraton.

Kondisi bangunan di wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini masih sangat terjaga. Tak heran apabila di wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini sering digunakan untuk sesi pemotretan profesional atau pre-wedding.

Tarif masuknya murah, hanya Rp3000 saja tetapi belum termasuk biaya apabila pengunjung membawa kamera profesional.

5. Alun-Alun Kidul

Wisata Jojakarta murah meriah dan mudah dijangkau ada alun-alun kidul. Alun-alun Kidul adalah wisata Jogjakarta kota yang selalu hits, khusus menampilkan halaman belakang Keraton Kesultanan Jojakarta. Di tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini ada pohon beringin kembar yang legendaris.

Wisatawan yang penarasan mencoba tradisi masangin, melewati kedua pohon raksasa itu dengan mata tertutup bisa banget dicoba. Di tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits seperti alun-alun Kidul merupakan pusat kegiatan warga di hari libur.

6. Trans Studio Mini

Trans Studio Mini termasuk wisata Jogjakarta kota yang selalu hits. Tidak hanya tempat belanja dan makan-makan, di wisata Jogjakarta kota yang selalu hits juga ada Trans Studio Mini dan bioskop CGV.

Biaya masuk ke tempat ini gratis. Tetapi pengunjung akan dikenakan biaya untuk deposit card dengan saldo minimal Rp50.000,00 untuk menikmati wahana Trans Studio Mini. Lokasi wisata Jogjakarta kota yang selalu hits Trans Studio Mini ada di dekat Bandara Adi Sucipto.

7. Taman Pelangi Monjali

Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali alias Monjali adalah wisata Jogjakarta kota yang selalu hits dan wajib banget dikunjungi. Monumen yang menjadi wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini berada di Jalan Lingkar Utara Jojakarta itu tampil semarak dengan aneka bentuk lampion dan lampu warna-warni. Tarif masuk ke tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini adalah Rp10.000,00 (weekdays), Rp15.000,00 (weekend).

3 dari 3 halaman

Wisata Jogjakarta Kota yang Selalu Hits

8. Jalan Prawirotaman

Jalan Prawirotaman merupakan wisata Jogjakarta kota yang selalu hits dan wajib banget dikunjungi. Tempat wisata ini dikenal sebagai kampung turis dan kampung bule. Di tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini banyak turis asing terlihat.

Berjalan di sepanjang jalan wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini bakal bikin teringat Legian atau Jalan Jaksa. Di kanan kiri Jalan Prawirotaman pengunjung bisa menemukan aneka jenis kafe bernuansa tradisional maupun modern yang asyik buat nongkrong di malam hari.

9. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan wisata Jogjakarta kota yang selalu hits dan cocok bagi yang suka belanja. Pasar Beringharjo paling terkenal untuk kulakan atau belanja batik.

Tak hanya itu, di tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini juga tersedia berbagai macam kaos oblong, totebag, dress batik, pouch, seprai, sandal batik, jamu, sampai suvenir pernikahan.

Harga produk yang dijual di tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini murah-murah, apalagi kalau pembeli jeli menawar. Tetapi tetap waspada dengan dompet, ya. Jangan sampai kecolongan gara-gara kelewat fokus belanja.

10. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg adalah wisata Jogjakarta kota yang selalu hits dan wajib banget dikunjungi. Lokasinya berada di sebelah selatan Pasar Beringharjo.

Ini benteng bekas penjara bagi para pejuang tanah air yang kini dialihfungsikan sebagai museum. Bangunan peninggalan zaman kolonial ini bisa jadi objek wisata Jogja bernuansa sejarah sekaligus spot foto keren. Tarif masuknya hanya Rp3000.

11. Taman Pintar (Tampin)

Taman pintar adalah wisata Jogjakarta kota yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Di sisi timur Benteng Verdeburg ada Tampin yang menawarkan wisata edukasi dalam bentuk permainan.

Ada Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, Gedung Paud, Theater 3D, dan Kampung Kerajinan di mana anak-anak bisa bermain sambil belajar.

Pengunjung tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini pun bisa melakukan aktivitas kerajinan gerabah, lukis kaos, roket air, dan membatik yang bisa diikuti dengan membayar Rp13.000 sampai Rp50.000. Biasanya tempat wisata Jogja ini ramai dikunjungi keluarga di hari Minggu.

11. Taman Pintar (Tampin)

Taman pintar adalah wisata Jogjakarta kota yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Di sisi timur Benteng Verdeburg ada Tampin yang menawarkan wisata edukasi dalam bentuk permainan.

Ada Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, Gedung Paud, Theater 3D, dan Kampung Kerajinan di mana anak-anak bisa bermain sambil belajar.

Pengunjung tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini pun bisa melakukan aktivitas kerajinan gerabah, lukis kaos, roket air, dan membatik yang bisa diikuti dengan membayar Rp13.000 sampai Rp50.000. Biasanya tempat wisata Jogja ini ramai dikunjungi keluarga di hari Minggu.

12. Shopping Center Jojakarta

Kalau objek wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini dikenal sebagai surga bagi para pembaca. Di wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini, pengunjung bisa menemukan buku dari beragam genre dengan harga yang sangat ramah di kantong. Bonus disampuli juga.

13. Taman Budaya Jojakarta

Taman Budaya merupakan wisata Jogjakarta kota yang selalu hits dan wajib banget dikunjungi. Di tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini pengunjung bisa menikmati aneka pertunjukan seni dan budaya. Mulai dari ketoprak hingga teater bernuansa surealis. Biaya masuk ke tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini gratis.

14. Keraton Jogjakarta

Main ke kompleks Keraton Jojakarta, yuk! Keraton Jogjakarta merupakan wisata Jogjakarta kota yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Wisatawan bisa menemukan turis lokal maupun asing. Bangunan di dalam keraton sebagai tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini memang masih dipelihara dengan baik. Ada sejumlah diorama yang menunjukkan detai kebuayaan Jojakarta di masa lalu.

15. Alun-Alun Selatan

Alun-alun Selatan merupakan tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits dan wajib dikunjungi selain alun-alun Kidul. Suasana di tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini mirip banget dengan alun-alun Kidul meskipun lokasinya tidak dekat dengan kota.

Di tempat wisata Jogjakarta kota yang selalu hits ini menjadi pusat kegiatan warga di hari libur. Semakin malam pengunjungnya semakin ramai. Di sini pengunjung bisa menikmati jajan di lesehan atau mencoba becak dan odong-odong hias yang dihias dengan lampu warna-warni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.