Sukses

7 Potret Sholat Tarawih di Masjid Hagia Sophia, Pertama Setelah 88 Tahun

Selama Ramadhan 2022, Masjid Hagia Sophia akan melaksanakan berbagai kegiatan.

Liputan6.com, Jakarta Setelah 88 tahun berlalu, pada Ramadhan 2022 ini, Masjid Hagia Sophia kembali mengadakan tarawih untuk pertama kalinya. Tak sampai disitu saja, beberapa acara juga akan digelar di Masjid Hagia Sophia selama Ramadhan 2022.

Bagi umat muslim, Masjid Hagia Sophia menjadi salah satu masjid yang sangat bersejarah. Sebelumnya, bangunan yang berada di Istanbul, Turki ini dikenal pula sebagai sebuah gereja di masa pemerintahan Kaisar romawi Timur Yustinianus I serta menjadi Gereja Kebijaksanaan Suci ketiga.

Namun, gereja tersebut diubah menjadi sebuah masjid pada 1453 M di bawah kepemimpinan Sultan Mehmed II. Namun, bangunan yang telah diubah menjadi masjid ini kemudian ditutup dan dijadikan sebagai museum sejak 1935. Akan tetapi, pada 2020 lalu bangunan tersebut kembali diubah menjadi masjid oleh pemerintah Turki.

Momen gelaran sholat tarawih pertama sejak 88 tahun terakhir di Masjid yang berada di Istanbul, Turki ini berhasil mencuri perhatian banyak netizen. Tak sedikit netizen yang merasa terkesan dengan gelaran sholat tarawih di Masjid Hagia Sophia ini.

Penasaran seperti apa? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret sholat tarawih pertama di Masjid Hagia Sophia setelah 88 tahun, Minggu (3/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Ini dia penampakkan Masjid Hagia Sophia yang kembali digunakan untuk sholat tarawih.

3 dari 8 halaman

2. Ratusan umat Muslim pun terlihat menghadiri sholat tarawih di masjid yang cukup ikonik ini.

4 dari 8 halaman

3. Momen saat umat muslim bisa kembali menggunakan Masjid Hagia Sophia untuk kegiatan Ramadhan pun menarik perhatian banyak netizen.

5 dari 8 halaman

4. Bahkan, unggahan foto mengenai sholat tarawih pertama setelah 88 tahun di Hagia Sophia juga viral di media sosial.

6 dari 8 halaman

5. Hagia Sophia sendiri kembali difungsikan sebagai masjid pada 2020 lalu,

7 dari 8 halaman

6. Penggubahan fungsi bangunan dari museum menjadi masjid ini pun sempat menjadi sorotan.

8 dari 8 halaman

7. Ramadhan 1443 Hijriyah pun menjadi momen berharga bagi banyak umat muslim yang bisa ikut sholat tarawih di bangunan ikonik ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.