Sukses

Doa Qunut Arab dan Latin Subuh, Lengkap dengan Artinya

Bacaan doa qunut subuh yang dihukumi sunah.

Liputan6.com, Jakarta Doa qunut Arab dan latin Subuh adalah berasal dari kata qunut yang artinya pujian. Secara syara’, qunut adalah zikir yang mencakup pujian dan doa. Mazhab Syafii dan mazhab Maliki menghukumi bacaan doa qunut subuh adalah sunah.

Sementara Imam An-Nawawi menghukumi bacaan doa qunut Arab dan latin Subuh adalah sunah muakkad atau sangat dianjurkan. Ada dua macam bacaan doa qunut subuh, yakni yang sendiri dan berjemaah.

Meski demikian, doa qunut Arab dan latin Subuh masih tergolong sunah ab'adl. Itu artinya, ketika qunut subuh tidak dilakukan, ia tidak sampai membatalkan sholat, tetapi dianjurkan menggantinya dengan sujud sahwi.

Sujud sahwi adalah tindakan atau sujud yang bisa dilakukan karena adanya penambahan, atau pengurangan, maupun keragu-raguan dalam hal penambahan atau pengurangan jumlah rakaat salat wajib. 

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam dikutip dari berbagai sumber tentang bacaan doa qunut Arab dan latin Subuh sendiri dan berjemaah lengkap Arab, latin, dan artinya, Selasa (5/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Doa Qunut Arab dan Latin Subuh Sendiri

Membaca bacaan doa qunut subuh sendiri adalah sunah. Ulama yang menganjurkan membaca bacaan doa qunut subuh Arab dan latin sendiri adalah dari mazhab Syafii dan mazhab Maliki. Sementara menurut Imam An-Nawawi, bacaan doa qunut Arab dan latin subuh adalah dihukumi sunah muakkad atau sangat dianjurkan dan baik.

Doa qunut Arab dan latin Subuh sendiri ini berbeda lafadnya dengan untuk berjamaah. Untuk itu, umat Muslim harus mengetahui dan menghapalkan bacaan doa qunut Arab dan latin Subuh sendiri. 

Itulah mengapa tanpa meski tidak membaca bacaan doa qunut Arab dan latin subuh, sholat Subuh yang dijalankan tetap sah. Begini bacaan doa qunut Arab dan latin subuh sendiri.

Bacaan Doa Qunut Subuh Sendiri Bahasa Arab:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan Doa Qunut Subuh Sendiri Latin:

 

"Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a'thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa 'alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya'izzu man 'aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta'aalait. Fa lakal-hamdu 'alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa 'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam."

 

Arti Bacaan Doa Qunut Subuh Sendiri:

 

"Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya."

 

3 dari 4 halaman

2. Doa Qunut Arab dan Latin Subuh Berjamaah

Memahami membaca bacaan doa qunut Arab dan latin Subuh tidak hanya bisa dilakukan saat sholat sendiri, tetapi saat sholat berjemaah juga. Bacaan doa qunut Arab dan latin Subuh berjemaah dibaca ketika memasuki rakaat kedua.

Bagi jamaah yang sedang mengerjakan sholat Subuh dan imam membacakan doa qunut Arab dan latin Subuh, jamaah cukup membalasnya dengan amin yang dilafadkan secara pelan. 

Tepatnya doa qunut Arab dan latin Subuh berjemaah dibaca saat masih berada di posisi berdiri setelah membaca bacaan I’tidal. Dalam kitab Al-Hawi oleh Al-Mawardi, ada dua pendapat tentang cara membaca doa qunut subuh berjemahaan.

  1. Bagi imam sebaiknya membaca doa qunut dengan pelan atau merendahkan suaranya. Argumentasi yang disuguhkan sebagai dasar pendapat ini adalah karena qunut merupakan doa sedangkan posisi doa itu sendiri adalah israr (merendahkan suara).
  2. Sebaiknya imam meninggikan suaranya ketika membaca doa qunut sebagaimana ketika membaca sami’allahu liman hamidah, tetapi peninggian tersebut di bawah peninggian suara ketika membaca ayat Al-Qur`an. Kata lainnya, peninggian tersebut didasarkan kepada qiyas atau analogi.

Lalu bagaimana bacaan doa qunut subuh berjemaah itu? Imam akan mengubah bacaan "ihdini" yang berarti (berilah aku petunjuk) menjadi "ihdina" artinya (berilah kami petunjuk). Begini bacaan doa qunut subuh sendiri melansir dari NU Online.

Bacaan Doa Qunut Subuh Berjemaah Bahasa Arab:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan Doa Qunut Subuh Berjemaah Latin:

 

"Allaahummahdinaa fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a'thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa 'alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya'izzu man 'aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta'aalait. Fa lakal-hamdu 'alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa 'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam."

 

Arti Bacaan Doa Qunut Subuh Berjemaah:

 

"Ya Allah, berilah kami petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan."

 

4 dari 4 halaman

3. Doa Qunut Arab dan Latin Tambahan atau Nazilah

Diriwayatkan dalam Bukhari dan Ahmad, dari Abu Hurairah RA mengatakan bahwa "Rasulullah SAW kalau hendak mendoakan untuk kebaikan seseorang atau doa atas kejahatan seseorang, maka beliau doa qunut setelah ruku." (HR. Bukhari dan Ahmad)

Bacaan Doa Qunut Tambahan atau Nazilah Bahasa Arab:

 

اَللَّهُمَّ اهْدِنِى فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِى فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِى فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِى فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِى شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ

اَللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلاَءَ وَالْبَلاَءَ وَالْوَباَءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

 

Bacaan Doa Qunut Tambahan atau Nazilah Latin:

 

"Allahummahdiini fiiman hadait. Wa'aafini fiiman 'afait. Watawallanii fiiman tawallait. Wabaarik lii fiima a'thait. Waqinii syarrama qadlait. Fainnaka taqdhi walaa yuqdho 'alaik. Wainnahu laa yadzillu man waalait. Tabaarakta rabbana wata'aalait. Wastaghfiruka wa atuubu ilaik.

Allahummadfa' 'annal ghalaa'a wal balaa'a wabaa'a wal fahsyaa'a wal munkara was suyuufal mukhtalifata wasy syadaa'ida wal mihana maadhahara minhaa wa maabaathana min balaadinaa haadhaaa khaassatan wa min buldaanil muslimiina aammatan. Innaka 'alaa kulli syai'in qadiir. Wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi washahbihi wa shallam."

 

Arti Bacaan Doa Qunut Tambahan atau Nazilah:

 

"Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk. Dan berilah aku keselamatan di antara orang-orang yang telah Engkau beri keselamatan, uruslah diriku di antara orang-orang yang telah Engkau urus, berkahilah untukku apa yang telah Engkau berikan kepadaku, lindungilah aku dari keburukan apa yang telah Engkau tetapkan, sesungguhnya Engkau Yang memutuskan dan tidak diputuskan kepadaku, sesungguhnya tidak akan hina orang yang telah Engkau jaga dan Engkau tolong. Engkau Maha Suci dan Maha Tinggi. Aku mohon ampun kepada Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau.

Ya Allah Tuhan kami. Hindarkanlah kami dari malapetaka, bala dan bencana, kekejian dan kemunkaran, sengketa yang beraneka, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan tersembunyi dalam negara kami khususnya, dan dalam negara kaum muslimin umumnya. Sesungguhnya Engkau Ya Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya."

 

Doa qunut Arab dan latin tambahan atau nazilah adalah bacaan doa qunut yang dibaca pada saat terkena musibah. Mazhab imam Syafi’i menyatakan bahwa qunut Nazilah sunnah dibaca setiap salat lima waktu, baik sendiri maupun berjamaah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.