Sukses

Ilmuwan China Temukan Robot Lendir Unik, Penampakannya Mirip Film Venom

Penemuan robot lendir berkemampuan unik.

Liputan6.com, Jakarta Robot diciptakan tak lain untuk membantu pekerjaan manusia. Umumnya robot punya bentuk fisik yang kuat dan kokoh. Namun apa jadinya jika sebuah robot ketahanannya seperti lendir. Temuan menakjubkan nan aneh inilah yang tengah jadi perbincangan di dunia sains.  

Melansir dari The Guardian, robot ini dijuluki dengan Magnetic Slime Robot. Uniknya, robot yang punya bentuk sangat mirip dengan lendir hitam ini punya kemampuan yang luar biasa. Robot mampu menyelinap di tempat sempit dan berubah bentuk bak mirip simbiosis karakter film Venom. 

“Lendir memiliki sifat viskoelastis yang berarti bahwa kadang-kadang berperilaku seperti padat, kadang-kadang berperilaku seperti cairan,” terang Prof Li Zhang dari Chinese University of Hong Kong, salah satu pencipta robot slime. 

Slime mengandung partikel magnetik sehingga dapat dimanipulasi untuk bergerak, berputar, atau membentuk bentuk. Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkum penemuan unik ini melansir dari The Guardian dan New Science, Selasa (5/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mirip Simbiosis Film Venom

Robot lendir magnet ciptaan ilmuwan China ini punya bentuk aneh seperti namanya. Layaknya lendir yang bisa merayap sendiri, robot ini mirip dengan film fiksi sains berjudul Venom. Lebih tepatnya mirip dengan simbiosis venom yang berwarna hitam dan mampu merayap dengan sendirinya.

Ilmuwan menjelaskan cara kerja robot lendir ini melalui video. Tampak robot lendir ini mampu merayap melalui celah kecil sekalipun. Bahkan kemampuan uniknya mampu menyambungkan dua buah kabel tembaga yang putus dengan mudahnya. 

3 dari 4 halaman

Tekstur Lunak dan Padat

Professor Zhang menyebutkan robot lendir punya keunikan lain. Robot mampu bertransformasi dari bentuk padat hingga bentuk lendir. Bahkan jika dibelah, robot ini mampu menyatu kembali seperti semula.

Ketika Anda menyentuhnya dengan sangat cepat, ia berperilaku seperti benda padat. Ketika Anda menyentuhnya dengan lembut dan perlahan, itu akan menjadi seperti cairan,” kata Zhang.

4 dari 4 halaman

Bakal Jadi Robot Medis

Kemampuan robot lendir menyusup ke dalam celah sempit membuat para ilmuwan membayangkan lendir dapat berguna dalam sistem pencernaan. Misalnya dalam mengurangi bahaya dari baterai kecil yang tertelan.

Dalam video yang beredar juga menunjukkan bagaimana robot lendir merayap pada lambung buatan. Robot mampu menjangkau baterai kecil yang tertelan hingga ke dalam lambung. 

 Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut agar material robot lendir aman digunakan di dunia kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.