Sukses

Arti Barakallah Fii Umrik wa Hayatik dan Keutamaan Mengucapkannya

Ungkapan barakallah fii umrik wa hayatik ditujukan untuk mendoakan berkah pada umur dan hidup seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Apa arti barakallah fii umrik wa hayatik? Memahami arti barakallah fii umrik wa hayatik adalah bagian dari ucapan selamat ulang tahun.

Jika dikupas satu persatu sesuai kata dasar bahasa Arabnya, arti barakallah fii umrik wa hayatik adalah “Semoga Allah SWT Memberikan Keberkahan pada Umur dan Kehidupanmu.”

Tujuan utama mengucapkan arti barakallah fii umrik wa hayatik, yakni mendoakan agar orang lain diberi keberkahan pada hari kelahiran dan selama hidupnya.

Itulah arti barakallah fii umrik wa hayatik yang bisa dipahami. Bagaimana keutamaan mengucapkan sesuai arti barakallah fii umrik wa hayatik kepada orang yang berulang tahun?

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang arti barakallah fii umrik wa hayatik, hukum mengucapkan, dan keutamaan mengucapkannya, Rabu (6/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Barakallah Fii Umrik wa Hayatik

Pertama, memahami arti barakallah fii umrik wa hayatik dari istilah “barakallah” yang berasal dari kata dasar bahasa Arab “baaraka” yang memiliki arti berkah, kemanfaatan, dan kebaikan. Lalu kata dasar bahasa Arab “Allaah” yang artinya Allah SWT.

Kedua, memahami arti barakallah fii umrik wa hayatik dari kedua kata berbahasa Arab tersebut yang digabung menjadi barakallah, maka arti barakallah fii umrik wa hayatik dari istilah barakallah adalah “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah” atau “Semoga Allah Memberkahi.”

Ketiga, memahami arti barakallah fii umrik wa hayatik berdasarkan kata bahasa Arab “fii” yang memiliki makna kepada, pada, pada yang, tentang, dan masih banyak lagi. Apabila keduanya digabung menjadi barakallah fii, maka artinya “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada” atau “Semoga Allah Memberkahi kepada.”

Keempat, memahami kata bahasa Arab “umrik” dari arti barakallah fii umrik wa hayatik yang memiliki makna umur atau usia atau kelahiran. Apabila ketiga istilah itu digabung, maka arti barakallah fii umrik wa hayatik dari barakallah fii umrik adalah “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Umurmu” atau “Semoga Allah Memberkahi kepada Umurmu.”

Kelima, memahami arti barakallah fii umrik wa hayatik dari bagian akhir “wa hayatik” yang artinya “dan Hidup.” Apabila kelima istilah tersebut digabung, maka arti barakallah fii umrik wa hayatik adalah “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Umur dan Hidupmu” atau “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah pada Usia dan Kehidupanmu.”

Itulah arti barakallah fii umrik wa hayatik, yakni:

1. “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Umur dan Hidupmu.”

2. “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Usia dan Kehidupanmu.”

3. “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Kelahiran dan Hidupmu.”

4. “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Umur dan Kehiudpanmu.”

Memahami arti barakallah fii umrik wa hayatik adalah umumnya digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun hingga kelahiran seseorang. Tujuan utama mengucapkan arti barakallah fii umrik wa hayatik, yakni mendoakan agar orang lain diberi keberkahan pada hari kelahiran dan selama hidupnya.

3 dari 4 halaman

Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun

Memberi ucapan selamat milad atau selamat ulang tahun dalam Islam adalah mubah atau diperbolehkan. Apa arti hukum mubah? Mubah adalah perbuatan yang condong dianjurkan tetapi tidak ada jaminan pahala.

Hal ini merujuk pada kitab berjudul Al-Iqna' fi Halli Alfazhi Abi Syuja oleh Asy Syarbini. Selama ini, para ulama berselisih pendapat tentang hukum memberi ucapan milad. Akan tetapi, pendapatnya tahniah (ucapan selamat) itu mubah.

“Tidak sunnah dan tidak pula bid’ah,” dijelaskan.

Dimubahkannya hukum memberi ucapan milad adalah dengan catatan tidak ada perbuatan munkar seperti menyalakan lilin, campur baur antara laki-laki dan perempuan, permainan musik, memasang gambar, patung, dan lainnya.

Selain “barakallah fi umrik,” arti milad kerap pula disandingkan dengan “yaumul milad” yang artinya juga selamat ulang tahun, ini serapan dari bahasa Arab. Orang yang mengucapnya, belum tentu mereka sosok Islami.

Jawaban yang pas ketika mendapat ucapan selamat milad adalah “Jazakallahu khairan” yang artinya “Semoga Allah membalas dengan kebaikanmu.” Ucapan selamat milad adalah semata wujud terima kasih dengan doa.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Mengucapkan Barakallah

Ada banyak sekali keutamaan dari mengucapkan “barakallah” kepada orang lain. Ini penjelasannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Ucapan Ulang Tahun

Jika mendapati seseorang sedang ulang tahun, kamu bisa mengucapkan kalimat "Baarakallah fii umrik" yang artinya semoga umurmu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

2. Ucapan Pernikahan

Dalam riwayat Imam Ahmad, Rasulullah mengucapkan kalimat “baarakallah" untuk mendoakan pengantin dengan ucapan:

"Baarakallahu Laka wa baaraka alayka wa jama'a baynakuma fii khoir"

Artinya “Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu, semoga Allah juga menganugerahkan barakah atasmu, dan semoga Dia menghimpun kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

3. Mendoakan Orang yang Melahirkan

Ucapan "Baarakallah" juga bisa digunakan untuk mendoakan teman atau kerabat yang baru saja melahirkan. Kita bisa mengucapkan:

“Barokallahu laka fil mawhuubi laka wa syakarta al waahib, wa balagho asyuddahu, wa ruziqta birrohu”

Semoga Allah memberkahimu dan anak yang diberikan kepadamu. Semoga engkau pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta engkau dikaruniai kebaikannya.

Lalu jika diberi ucapan tersebut, hendaknya membalas dengan jawaban “Barokallahu laka wa baroka ‘alaika wa jazakallahu khoiron wa rozaqokallahu mitslahu aw ajzalallahu tsawabak”

Semoga Allah juga memberkahimu dan melimpahkan kebahagiaan untukmu. Semoga Allah membalasmu dengan sebaik-baik balasan, mengaruniakan kepadamu sepertinya dan melipatgandakan pahalamu.

4. Ketika Bertemu Sahabat atau Kerabat

Dalam sebuah riwayat hadis, para sahabat Nabi juga saling mengucapkan "barakallah" . Seperti yang dilakukan Abdurrahman bin Auf untuk Said bin Rabi’ al Anshari.

"Baarakallahu Laka Fii Ahlika wa Maalika"

Artinya: Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu pada keluarga dan hartamu (HR. Bukhari)

5. Mendoakan Kesuksesan Orang Lain

Pengucapan Barakallah juga bisa digunakan untuk mendoakan kesuksesan orang lain.  Pada intinya, pengucapan Barakallah ini bisa digunakan agar kita bisa mendoakan keberkahan bagi orang yang kita temui. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.