Sukses

Apa Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika? Pahami Makna dan Tujuannya

Makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan.

Liputan6.com, Jakarta Apa arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika, pertanyaan tersebut kerap kali kepada banyak orang karena itu tertulis dalam lambang Indonesia Garuda Pancasila. Semboyan negara ini menggambarkan kondisi Indonesia yang memiliki Keragaman budaya, tetapi tetap satu juga.

Makna apa arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan. Makna tersebut terlihat dari Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia sehingga sangat wajar jika memiliki banyak suku, agama, ras, dan antar golongan.

Dengan negara perbedaan tersebut justru menjadikan Indonesia sebagai yang begitu indah. Keragaan yang terjalin bisa membuat tali persaudaraan di antara sesama semakin erat. Untuk itu, apa arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika perlu dipegang erat sebagai jati diri warga Indonesia.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai apa arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika dan tujuan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makna dan Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Memahami apa arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika ada pada lambang Burung Garuda. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan apa arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika dari kata Bhinneka Tunggal Ika adalah dari kata (frasa) dalam Kakawin Sutasoma (syair bahasa Jawa Kuno).

Kakawin Sutasoma merupakan karangan Mpu Tantular yang dituliskan menggunakan bahasa Jawa kuno dengan aksara Bali. Kakawin Sutasoma dikarang pada abad ke-14. Dijelaskan, kutipan “Bhinneka Tunggal Ika” terdapat dalam petikan pupuh 139 bait 5 pada Kakawin Sutasoma.

“'Bhinna ika tunggal ika, tan hana dharma mangrwa', yang berarti berbeda-beda itu, satu itu, tak ada pengabdian yang mendua,” kutipan istilah Bhinneka Tunggal Ika dalam kitab Kakawin Sutasoma melansir dalam jurnal Persepsi Bhinneka Tunggal Ika oleh Citra Hepatica Muslimah dan Triwahyuningsih.

Apa arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah berasal dari kata Bhinneka dengan arti “beranekaragam.” Kata tunggal berarti “satu” dan ika berarti “itu”. Jika mengacu pada arti yang berbeda secara harfiahnya, apa arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah “beranekaragam itu satu” atau tetapi satu juga.

3 dari 3 halaman

Tujuan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Berikut ini terdapat beberapa tujuan dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yaitu:

1. Pendorong Lahirnya Nasionalisme Indonesia

Arti penting Bhinneka Tunggal Ika adalah pendorong lahirnya nasionalisme Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi satu juga. Artinya, bangsa dan negara Indonesia terdiri atas beraneka ragam suku bangsa yang memiliki kebudayaan dan adat-istiadat yang bermacam-macam serta beraneka ragam kepulauan wilayah negara Indonesia. Namun, keseluruhannya merupakan suatu kesatuan, yaitu bangsa dan negara Indonesia. Bukanlah perbedaan yang bertentangan, tapi satu kesatuan yang bertentangan dengan negara dan makna persatuan dan negara Indonesia.

2. Penyemangat Membangun Indonesia Lebih Maju

Arti penting Bhinneka Tunggal Ika adalah menjadi penyemangat membangun Indonesia lebih maju. Bhinneka Tuggal Ika merupakan semboyan negara Indonesia sebagai dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia.

a. Hidup saling menghargai antar masyarakat yang satu dengan yang lainnya tanpa memandang suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, warna kulit, dan lain-lain.

b. Menumbuhkan kesadaran sikap untuk menjaga Bhinneka tunggal Ika agar Keragaman bangsa tidak mengarah pada perhatian atau sikap hanya mementingkan diri sendiri atau daerahnya sendiri tanpa peduli kepentingan bersama.

c. Menjaga persatuan bangsa dan negara Indonesia.

d. Meneruskan pejuangan para pendahulu menjadi tetap tanpa objek republik Indonesia wilayah kesatuan.

e. Sikap negatif, seperti sukuisme, saparatisme, fanatisme agama secara sempit, rasisme, bahkan nasionalisme sempit atau chauvinisme.

f. Peningkatan identitas dan kebangaan sebagai bangsa Indonesia.

g. Peningkatan nilai kegotongroyongan dan solidaritas.

3. Benteng Persatuan Bangsa dan Negara Indonesia di Era Globalisasi

Arti penting Bhinneka Tunggal Ika adalah bagian dari benteng persatuan bangsa dan negara Indonesia di era globalisasi. Saat ini banyak kalangan menilai bangsa Indonesia mengalami persatuan dan kesatuan. Penyebabnya adalah sosial. Lalu ekonomi, belum stabil kondisi politik pemerintahan, dan dampak buruk dari globalisasi yang membawa budaya-kebudayaan baru menjadikan komposisi budaya masyarakat jadi lebih kompleks atau rumit. Ini menyebabkan terjadinya penyimpangan kebudayaan di masyarakat.

4. Meminimalkan Suatu Konflik

keberadaan Bhinneka Tunggal Ika yang besar adalah tujuan persatuan dalam keanekaragaman, menurut semboyan ini tujuannya adalah agar mencegah terjadinya konflik dalam kehidupan pribadi dan masyarakat luas atau kelompok. Dengan konsultasi atau saran, Indonesia mencegah perseteruan yang memicu diskusi tentang kelompok yang tidak terlihat atau tidak bekerja dengan mereka. Tetapi itu harus signifikan dan adil dalam suatu kelompok.

5. Wujudkan Tujuan Negara

Tulisan Bhinneka Tunggal Ika ditulis pada pita yang di atasnya ada burung Garuda. Garuda adalah simbol destinasi di tanah air. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika tersebut menjadikan peran yang sangat penting dalam upaya untuk mencapai tujuan suatu negara dalam bentuk Pancasila. Maka salah satunya semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah bahwa ia harus berlaku untuk seluruh rakyat Indonesia sehingga negara ini dapat memenuhi tujuan yang dinantikan dan yang dicatat dalam Pancasila.

6. Wujudkan Masyarakat Madani

Masyarakat madani adalah masyarakat yang memiliki peradaban bersama. Rakyat budaya dan tentram adalah ciri khas masyarakat madani. Menjadi masyarakat madani adalah salah satu cita-cita dan tujuan pada Bhinneka Tunggal Ika yang memungkinkan orang Indonesia untuk melakukan kontak tanpa memandang ras, suku, atau perbedaan yang lain.

7. Membuat Kedamaian

Seseorang yang sudah memiliki pendapat yang berbeda sering harus mengalami penemuan, bukan hanya pada individu, tetapi bisa terjadi pada sebagian kelompok. Dalam hal ini, Bhinneka Tunggal Ika membantu dalam memciptakan manusia sangat penting yaitu sebagian argumen tidak dapat dikonfirmasi. Jika Indonesia mempertahankan pentingnya makna bagi keberadaan moto tersebut, Bagsa indonesia agar bisa tentram. Dan tidak ada niat dan pertikaian antara satu sama lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.