Sukses

Speechless Artinya Tak Dapat Berbicara Apa-Apa, Pahami Makna dan Penerapannya

Kata speechless artinya terdiam, bungkam, tidak dapat berbicara apa-apa, dan terkelu.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak istilah dalam Bahasa Inggris yang popular, termasuk kata speechless. Kata ini sering kali kita temui baik di media sosial ataupun percapakan sehari-hari.

Kata speechless sendiri digunakan untuk menggambarkan ekspresi seseorang yang tiba-tiba tergagap, sebelumnya, atau tidak tahu harus berbicara apa saat melihat sesuatu yang spesial.

Secara umum, kata speechless sendiri dimaknai kehilangan sebagai kata-kata. Sebenarnya ada banyak penerapan kata speechless dalam kehiduapn sehari-hari yang perlu kamu ketahui.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai makna kata speechless dan penerapannya dalam kehidupan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Kata Speechless

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata speechless artinya terdiam, bungkam, tidak dapat berbicara apa-apa, dan terkelu. Intinya, kata speechless artinya ketidakmampuan untuk mengekspresikan dalam kata-kata. Sebenarnya, speechless berasal dari bahasa Inggris yang artinya terbungkam atau tidak dapat bicara.

Secara umum, speechless artinya sebuah istilah untuk menunjukkan ekspresi, mimik wajah, dan gestur tubuh yang terdiam karena kehilangan kata-kata akibat hal, bisa disebabkan oleh rasa, terlalu kagum akan sesuatu (mengagumi), takut, lupa dan seolah tidak ada kata yang pas untuk diucapkan.

Salah satu situasi yang membuat seseorang mengalami speechless adalah ketika mendapat pernyataan cinta dari orang yang kita sayangi atau cintai dengan cara yang sangat romantis. Selain itu, kata speechless bisa terjadi ketika kita menemui sesuai yang membuat kita sangat kagum, dan tidak disangka-sangka, sehingga membuat kita terdiam memilikirkan hal tersebut.

Dengan demikian, kata speechless artinya situasi tidak ada kata yang pas untuk merasakan hal yang jarang dirasakan secara tiba-tiba sehingga kata pun tidak dapat dirangkai akibat suatu hal yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata.

3 dari 4 halaman

Penerapan Kata Speechless

Berikut ini terdapat beberapa penerapan kata speechless dalam kalimat, yaitu:

1. Dia membanting pintu, dan membuat kami terdiam (Dia membanting pintu, sehingga membuat kita terkejut)

2. Kata-katanya mad us speechless (Kata-kata yang membuat kita tidak bisa berkata-kata).

3. Ceritamu membuatku terdiam (Ceritamu membuatku terdiam)

4. Komentarnya tentang pendidikan membuatku terdiam (Komentarnya tentang pendidikan membuatku terdiam)

5. Hanya dalam empat tahun saya melihat siswa terdiam (Hanya dalam empat tahun saya melihat para siswa terdiam)

6. Saya ingat memberi tahu orang-orang ketika saya pindah ke sini bahwa saya tidak memiliki mobil dan mereka hanya seperti, horrified, speechless, aghast (Saya ingat memberi tahu orang-orang ketika saya pindah ke sini bahwa saya tidak memiliki mobil dan mereka seperti , ngeri, tidak bisa berkata-kata, kaget)

4 dari 4 halaman

Istilah Gaul Bahasa Inggris Lainnya

1. CMIIW. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I'm Wrong, yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti 'koreksi jika saya salah'.

2. IDK. IDK adalah singkatan dari I Don't Know, artinya aku tidak tahu.

3. High-key dan Low-key. Low-key artinya dengan tenang atau rahasia. Kamu mungkin sering mendengar kalimat, "Keep it low-key" (Jaga ini sebagai rahasia). Sementara itu, high key kebalikannya. "Saya sangat ingin berada di sana sekarang," (Aku sangat ingin berada di sana sekarang).

4. Sederhana. Simpel artinya sesorang yang melakukan terlalu banyak usaha untuk orang yang mereka sukai. Atau jika disederhanakan, tergila-gila.

5. KR. singkatan dari I Know, Right? artinya aku tahu, kan?

6. IMO. singkatan dari In My Opinion, artinya menurutku.

7. IYKWIM. singkatan dari If You Know What I Mean, artinya kalau kamu tahu maksudku.

8. TGIF: singkatan dari Thanks God it's Friday, artinya semangat menuju akhir pekan.

9. YMMD: Anda membuat hari saya. Artinya kamu telah membuat hariku menjadi lebih baik.

10. Hantu. Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali.

11. Untuk diketahui. FYI Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahukan tambahan informasi.

12. BTW. Btw merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW memiliki kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama artinya dengan istilah 'ngomong-ngomong'.

13. COD. COD Adalah singkatan gaul yang banyak digunakan di kalangan anak muda zaman sekarang. Kata ini memiliki kepanjangan Cash on Delivery, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah 'bayar di tempat'.

14. secepatnya. ASAP adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan oleh anak muda yang berarti As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk membantu teman untuk melakukan sesuatu yang mungkin.

15. GWS. GWS singkatan dari kalimat bahasa inggris Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh.

16. Hypebeast. Hypebeast digunakan untuk menggambarkan seseorang yang terlalu peduli pada hal-hal yang populer. Hal populer yang dimaksud biasanya berupa barang-barang mahal yang dikenakan.

17. BRB: Be Right Back. BRB singkat ini biasanya digunakan untuk informasi yang ingin kita tinggalkan untuk percakapan sementara waktu.

18. LMAO: singkatan dari Laughing My Ass Off, artinya tertawa ngakak.

19. OOT: Keluar dari Topik. Singkatan ini merupakan peringatan dan tanggapan yang dilontarkan ketika sesuatu di luar dari kategori dan topik yang sudah ditetapkan.

20. OOTD: Pakaian Hari Ini. Kata ini biasa digunakan dalam keterangan media sosial untuk mengunggah foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

21. OTW: On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

22. PAP: Posting Gambar. Digunakan untuk meminta seseorang mengirim foto terkininya.

23. ROTFL: singkatan dari Rolling On The Floor Laughing, artinya tertawa sampai terguling-guling.

24. SYS: singkatan dari See You Soon, artinya sampai ketemu lagi.

25. WTH : What the Hell / What the Heck artinya apa apaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.