Sukses

Contoh Daftar Pustaka Lengkap dari Buku, Jurnal, Skripsi, dan Internet

Contoh daftar pustaka juga berdeda-beda berdasarkan sumbernya seperti buku, jurnal, skripsi dan internet.

Liputan6.com, Jakarta Contoh daftar pustaka yang baik dan benar dapat menjadi referensi seseorang menulis daftar pustaka untuk karya ilmiahnya. Daftar pustaka adalah rangkaian daftar yang berisi berbagai referensi atau sumber baik itu buku, jurnal, makalah, internet, dan lain sebagainya.

Daftar pustaka penting untuk dicantumkan sebagai sumber pada setiap karya ilmiah, makalah, maupun laporan. Tujuan dari penulisan daftar pustaka adalah agar terhindar dari plagiat, bentuk apresiasi penulis akan karya orang lain, membangun ide, dan membantu para pembaca untuk mengetahui topik terkait.

Contoh daftar pustaka juga berdeda-beda berdasarkan sumbernya seperti buku, jurnal, skripsi dan internet. Dengan adanya contoh daftar pustaka yang baik dan benar dapat memudahkan untuk menyusunnya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai contoh daftar pustaka dari buku, jurnal, skripsi, dan internet yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Definisi Daftar Pustaka

Secara umum, daftar pustaka adalah referensi atau sumber baik dari sebuah buku, artikel, halaman web, atau item yang diterbitkan lainnya. Daftar pustaka adalah daftar semua sumber yang digunakan dalam proses penelitian. Daftar pustaka memberikan informasi yang diperlukan bagi pembaca untuk mengidentifikasi dan mengambil setiap karya yang dikutip dalam teks.

Tujuan utama dari daftar pustaka adalah untuk memeriksa publikasi asli untuk memastikan informasi akurat dan lengkap. Secara umum, daftar pustaka harus mencakup nama-nama penulis, judul karya, nama dan lokasi penerbit, tahun terbit, dan halaman sumber. Daftar pustaka dapat muncul di akhir buku, laporan, presentasi online, atau makalah penelitian. Dalam penelitian formal, semua sumber yang digunakan, baik yang dikutip langsung maupun sinopsis, harus dicantumkan dalam daftar pustaka.

Perlu diketahui bahwa daftar pustaka memiliki dua gaya penulisan yaitu APA style dan MLA style. APA Stlye adalah gaya dan format penulisan untuk dokumen akademik seperti artikel ilmiah ilmiah dan buku. Ini biasanya digunakan untuk mengutip sumber dalam bidang ilmu perilaku dan sosial. Sedangkan MLA style atau Modern Languange Association dibuat sederhana dan mudah dibandingkan dengan gaya penulisan daftar pustaka lainnya. Gaya MLA biasanya digunakan dalam kutipan dan daftar pustaka pada seni, bahasa, sastra, bidang agama, pancasila, kewarganegaraan, ilmu sosial dasar, ilmu dasar, dan ilmu dasar.

3 dari 4 halaman

Contoh Daftar Pustaka yang Baik dan Benar

1. Contoh daftar pustaka dari sumber buku

Tidak-unsur yang diperlukan yaitu nama penulis, tahun penerbitan, judul buku, tempat penerbitan, dan nama penerbitan. Setiap tidak wajib menyertakan tanda titik (.) untuk pembatas.

a. Nama Penulis Nama ditulis lebih awal yang kemudian diikuti tanda koma (,), lalu nama tengah. Jika nama penulis terdiri dari dua orang atau lebih, maka yang ditulis terbalik hanya nama pertama saja. Sementara untuk penulis berikutnya ditulis secara lengkap.

b. Tahun terbit buku ditulis setelah nama penulis. Jangan lupa untuk melihat edisi beton.

c. Judul buku yang ditulis secara lengkap menggunakan tulisan miring atau miring.

d. Tempat dan nama penerbit yang ditulis di bagian akhir yang diawali dengan tempat penerbit kemudian nama penerbit yang dipisahkan oleh tanda titik dua (:)

Contoh daftar pustaka dari sumber buku: Ajidarma, Seno Gumira. 2003, Negeri Senja. Jakarta: Gramedia

2. Contoh daftar pustaka dari sumber skripsi

Tidak-unsur yang diperlukan untuk membuat daftar pustaka dari sumber skripsi tidak jauh berbeda dengan daftar pustaka dari buku. Perbedaannya hanya dengan penambahan jurusan, arsitektur nama perguruan tinggi, dan lokasi perguruan tinggi

Unsur-unsur penulisan daftar pustaka skripsi juga berlaku untuk tesis, makalah, dan disertasi. Begini format penulisannya.

a. Nama Penulis

b. Tahun Penerbitan

c. Judul Skripsi, Makalah, Tesis, atau Disertasi yang mana judul harus ditulis miring

d. Nama Fakultas

e. Nama Jurusan

f.. Nama Perguruan Tinggi

g. Lokasi Perguruan Tinggi

Contoh daftar pustaka dari sumber skripsi: Anifah, 2010. Perlindungan Hukum Terhadap Anak Sebagai korban Pelecehan Seksual. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

4 dari 4 halaman

Contoh Daftar Pustaka yang Baik dan Benar

3. Contoh daftar pustaka dari sumber jurnal

Penulisan daftar pustaka dari sumber jurnal biasanya ditulis menggunakan dua bentuk, yakni gaya American Psychological Association (APA) yang biasanya digunakan untuk bidang filsafat, antropologi, linguistik, akuntansi, geografi, ekonomi, hukum, politik, pendidikan dan sosiologi. Begini susunannya :

a. Nama pengarang

b. Tahun Terbit

c. Judul Artikel harus ditulis miring

d. Nama Jurnal

e. Volume atau edisi

f. halaman

g. DOI (Pengidentifikasi Objek Digital)

h. URL situs jurnal

Contoh daftar pustaka dari sumber jurnal: Andreff, W. (2000). Model keuangan olahraga profesional Eropa yang berkembang. Jurnal Ekonomi Olahraga, 1(3), 257–276. https://doi.org/10.1177/152700250000100304

Sedangkan, Gaya Modern Language Association (MLA) biasanya digunakan untuk bidang seni, sastra, Bahasa, agama, kewarganegaraan, Pancasila, ilmu sosial dasar, ilmu budaya dasar, dan ilmu alam dasar. Berikut ini susunannya.

a. Nama Pengarang

b. Judul Artikel (penambahan tanda petik)

c. Nama Jurnal

d. Volume/Edisi

e. Nomor Terbitan

f. Bulan dan Tahun Publish

g. halaman

h. doi: DOI

Contoh daftar pustaka dari sumber jurnal: Andreff, Wladimir. “Model Keuangan Olahraga Profesional Eropa yang Berkembang.” Jurnal Ekonomi Olahraga, vol. 1, tidak. 3, September 2000, hlm. 257–76, doi:10.1177/152700250000100304.

4. Contoh daftar pustaka dari sumber internet

Tidak-unsur yang diperlukan untuk membuat daftar pustaka dari sumber internet tidak jauh berbeda dengan daftar pustaka dari buku. Perbedaannya hanya ada penambahan link, tanggal, serta jam saat mengakses sumber. Berikut ini susunannya.

a. Nama penulis artikel

b. Tahun artikel terbit

c. Judul artikel dengan cetak miring

d. Tautan artikel

e. Tanggal dan jam saat akses sumber artikel

Contoh daftar pustaka dari sumber internet: Slat, B. (2019, April 10). Paus kemungkinan terkena dampak patch sampah Great Pacific. Pembersihan Laut. https://www.theoceancleanup.com/updates/whales-likely-impacted-by-great-pacific-garbage-patch/ 22 Oktober 2020, 16:30.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.